PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) DUMAI

YUSNITA, YAYUK and Sari, Febrina and Desyanti, Desyanti (2018) PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23kB)

Abstract

Pelayanan kepada masyarakat merupakan hal yang sangat penting disetiap instansi maupun perusahaan, termasuk di dalamnya adalah pelayanan di kantor SAMSAT. Banyak isu yang beredar dari masyarakat tentang pelayanan SAMSAT Dumai yang kurang baik, sehingga memberikan penilaian negatif terhadap pelayanan SAMSAT. Sedangkan, SAMSAT merasa telah memberikan pelayanannya semaksimal mungkin. Maka, untuk tingkat kepuasan masyarakat tidak dapat dinilai hanya dari isu yang beredar ataupun dari penilaian SAMSAT itu sendiri, tetapi melibatkan masyarakat itu sendiri untuk memberikan penilaian langsung tentang pelayanan SAMSAT. Berdasarkan masalah tersebut, penulis melakukan penelitian menggunakan metode fuzzy tsukamoto untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat berdasarkan lima variabel input (tangibles, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance), yang akan melalui 3 tahap yaitu mencari derajat keanggotaan dari masing-masing variabel input, penggabungan rule (aturan), sampai tahap defuzzifikasi untuk mendapatkan hasil akhir tingkat kepuasan masyarakat. Hasil yang didapatkan dengan metode fuzzy tsukamoto adalah tingkat kepuasan masyarakat SAMSAT berada pada tingkat Cukup Puas (CP) dengan nilai 0.824965454, kemudian kepuasan masyarakat_P = 0.175034546, kepuasan masyarakat_SP = 0, kepuasan masyarakat_TP = 0, kepuasan masyarakat_STP = 0, dan masih terdapat kekurangan yang harus diperbaiki dari segi variabel input yaitu assurance dan responsivness.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: SAMSAT, Kepuasan, Fuzzy Tsukamoto
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:44
Last Modified: 05 Oct 2021 12:47
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item