TINGKAT BERTH OCCUPANCY RATIO (BOR) PADA JETTY 1 DAN 3 di UNIT MARINE DAN OIL MOVEMENT PT PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT II DUMAI

EKA PERTIWI, NURHAJ and Melliana, Melliana and Yusrizal, Yusrizal (2020) TINGKAT BERTH OCCUPANCY RATIO (BOR) PADA JETTY 1 DAN 3 di UNIT MARINE DAN OIL MOVEMENT PT PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT II DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor kepadatan jetty dan menemukan solusi penyelesaian permasalahan terhadap occupancy yang terjadi di jetty 1 dan 3 di PT Pertamina RU II Dumai. Penelitian ini dilakukan di perusahaan yang bergerak di bidang energi meliputi minyak, gas serta energi baru dan terbarukan. Dalam pengolahan data, penulis menggunakan metode diagram fishbone dan Cause Root Analysis yang terdiri dari flowchart, kuesioner, root cause analysis, dan diagram fishbone. Hasil Pembahasan dan analisis data menunjukkan fakor penyebab tingginya penggunaan jetty 1 dan 5 yang melebihi standar IPT dengan rata rata penggunaan jetty sebesar 75% setiap bulannya selama priode Januari 2019-Desember 2019. Berdasarkan dari table Root Cause Analisys dan diagram fishbone dapat disimpulkan faktor penyebab tingginya tingkat Berth Occupancy Jetty (BOR) adalah kerusakan beberapa kontruksi jetty 2 dan 5 karena memang sudah tidak layak pakai dengan resiko yang sangat besar, slow pumping rate yang dapat memperlama proses bongkar muat yang tidak sesuai dengan kesepakatan sarana dan fasilitas maupun rate pompa, kerusakan pada hose, pompa, dll, produk off spec kapal menunggu, pandu kapal datang terlambat, peralatan penunjang dalam pengoperasian loading/unloading yang kurang, timbulnya masalah pada loading arm saat loading seperti venting loading arm bocor dikarenakan press yang tinggi sehingga harus menurunkan rate, dan tenaga kerja tidak available, pekerjaan tidak dilakukan sesuai dengan IPT yang sudah ditetapkan dan keterbatasan man power.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Berth Occupancy Ratio, Root Cause Analisys, Fishbone
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2021 04:26
Last Modified: 21 Oct 2021 08:18
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item