STRATEGI PENGEMBANGAN UKM ROTI AA BOBO DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN AHP DAN MATRIKS PERUMUSAN STRATEGI

REZA N, FAHMI and Melliana, Melliana and Arif, Muhammad (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN UKM ROTI AA BOBO DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN AHP DAN MATRIKS PERUMUSAN STRATEGI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (22kB)

Abstract

Penelitian yang akan dilakukan oleh penulis adalah penelitian terhadap sebuah UKM dengan merek dagang Roti AA Bobo, yang telah berdiri sejak 14 juli 1995 di Kota Dumai, Provinsi Riau.Namun perkembangan usahanya belumbaik, bahkan terancam tutup.Banyak kendala yang dihadapi UKM Roti AA Bobo seperti promosi produk yang kurang efektif, adopsi teknologi yang lambat, dan keterbatasanmodal sehingga UKM sulit berkembang.Kondisi tersebut sangat memprihatinkan mengingat pangsa pasar yang masih terbuka danlamanya perusahaan telah berdiri, sehinggaperlu dirancang strategi yang tepat demi mengetahui strategi pengembangan UKM Roti AA Bobo di Kota Dumai menggunakan AHP (Analytic Hierarchy Process) dan matriks perumusan strategi. Penelitian pada skripsi ini dimulai dengan wawancara pra penelitian terhadap pimpinan UKM Roti AA Bobo untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal UKM Roti AA Bobo, kemudian hasil identifikasi dijadikan input kuesiner pada tahap input menggunakan comparative judgement, perhitungan hasil kuesioner menggunakan Expert Choice V11 yang bertujuan untuk mendapatkan nilai bobot matriks IFE dan matriks EFE, dari hasil input yang didapatkan kemudian dilakukan analisis matriks IE dan SWOT pada tahap pencocokan. Hasil kuesioner comparative judgement terhadap kriteria SWOT dan alternatif IE yang diolah menggunakan Expert Choice V11 mendapatkan hasil alternatif strategi IE terpilih adalah pengembangan produk yang mendapatkan bobot prioritas tertinggi sebesar 0.635, 2 kriteria SWOT yang mendapatkan bobot tertinggi secara berturut adalah“Memilih alternatif supplier bahan baku kemasan dan membagi pesanan antar supplier bahan baku kemasan” mendapatkan bobot sebesar 0.224, “Menambah variant beraroma pada produk Roti” mendapatkan bobot sebesar 0.214.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, UKM, Matriks Perumusan Strategi, AHP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:14
Last Modified: 21 Oct 2021 08:09
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item