DAYA DUKUNG TANAH MENGGUNAKAN CEROCOK KAYU MAHANG DAN ANYAMAN BAMBU TERHADAP BEBAN KENDARAAN DARI HASIL CBR (California Bearing Ratio) LAPANGAN

IRAWAN, BAMBANG and Srihandayani, Susy and Abrar, Aidil (2016) DAYA DUKUNG TANAH MENGGUNAKAN CEROCOK KAYU MAHANG DAN ANYAMAN BAMBU TERHADAP BEBAN KENDARAAN DARI HASIL CBR (California Bearing Ratio) LAPANGAN. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
7. BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (32kB)
[img] Text
12.DAFTAR PUSTAKA ok..docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15kB)

Abstract

Tanah merupakan material geologi yang berada pada bagian kerak bumi yang digunakan sebagai media bekerja atau untuk mendirikan bangunan diatasnya. Tanah gambut adalah tanah yang berukuran kurang dari 0,002 mm dan mempunyai partikel-partikel tertentu yang menghasilkan sifat-sifat plastis tanah yang sangat tinggi bila dicampur dengan air ,sehingga dapat mengakibatkan suatu keruntuhan pada bangunan yang didirikan diatas tanah gambut. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk memperbaiki kondisi tanah gambut sebelum dilakukanya pembangunan diatas tanah gambut tersebut. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan cara stabilitas dengan menggunakan cerocok kayu mahang dan anyaman bambu. Penelitian ini dilakukan pada Showroom dan Workshop Toyota Dumai Jalan kelakap tujuh ( 7 ) Kelurahan Ratu Sima Kota Dumai. Beban rencana yang digunakan dalam perhitungan sesuai dengan Teori Boussinesq dan Bina Marga (1983).Perhitungan kapasitas daya dukung tanah dengan menggunakan cerocok kayu mahang dan anyaman bambu berdasarkan hasil uji CBR (California Bearing Ratio) terhadap beban kendaraan yang melintas. Dari hasil perhitungan teganggan tanah dengan menggunakan teori Boussinesq pada tanah dengan perkuatan cerocok kayu mahang dan anyaman bambu dengan nilai CBR 15.37 %, di dapat teganggan tanah sebesar 3,7305, dinyatakan aman dan mampu untuk memikul beban kendaraan yang melintas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Stabilisasi Tanah, tegangan tanah , perkuatan tanah
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2021 09:39
Last Modified: 14 Jul 2021 09:39
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item