ANALISIS TEBAL LAPIS PERKERASAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN DAN ASPHALT INSTITUTE

ZAMZAM, RIFKI and Idham, Muhammad and Budi Dharma, Anton (2011) ANALISIS TEBAL LAPIS PERKERASAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN DAN ASPHALT INSTITUTE. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I 2.doc - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ok bgt.doc - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (28kB)

Abstract

Dalam upaya memenuhi persyaratan sarana transportasi yang lancar, aman dan nyaman, sehingga dapat melayani arus lalu lintas sesuai dengan umur rencana, maka perlu diadakan perencanaan perkerasan yang baik, karena dengan perencanaan perkerasan yang baik diharapkan konstruksi perkerasan jalan mampu memikul beban kendaraan yang melintas dan menyebarkan beban tersebut kelapisan-lapisan di bawahnya dan tanpa menimbulkan kerusakan yang berarti pada konstruksi jalan itu sendiri. Dengan demikian akan memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan selama masa pelayanan jalan/umur rencana. Mengingat hal tersebut di atas sangat penting maka perlu dirancang tebal perkerasan yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini membandingkan tebal lapis perkerasan jalan antara metode Asphalt istitute dengan analisa komponen menghitung umur pelayanan jalan berdasakan faktor perusak jalan serta mengetahui falsafah perencanaan jalan terhadap metode yang digunakan dengan manfaat mengetahui metode analisa yang tepat untuk digunakan dalam menganalisa tebal lapis perkerasan. Untuk perkerasan dengan menggunakan metode asphal institute dengan menggunakan beberapa alternatif pembebanan menunjukan bahwa dengan menggunakan asphal institute tebal perkerasan setebal 24 cm, 26cm untuk umur rencana masing-masing 5 dan 10 tahun. Dengan menggunakan Analisa Komponen menunjukan tebal perkerasan selama umur rencana 5 dan 10 tahun adalah setebal 43 cm dan 47 cm. Dengan beberapa alternatif peningkatan pembebanan sebesar 5%, 10%, 15%, 20% menunjukan bahwa masing-masing umur pelayanan jalan selama 8,13, 6,66, 5,50, 5,08 tahun dari umur rencana selama 10 tahun, sehingga menunjukan terjadinya penurunan umur rencana masing-masing sebesar 1,87, 3,34, 4,5, 4,92 tahun. Dengan menggunakan metoda asphal institute dan analisa komponen menunjukan adanya perbedaan falsafah analisa tebal lapis perkerasan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan, Asphalt Institute, Analisa Komponen, Umur Pelayanan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2021 08:46
Last Modified: 15 Jun 2021 08:46
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item