KUALITAS TINGKAT PELAYANAN TERMINAL TIPE A TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI KOTA DUMAI

IBRAHIM, IBRAHIM and S, Juni and Febrina, Wetri (2017) KUALITAS TINGKAT PELAYANAN TERMINAL TIPE A TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI KOTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17kB)

Abstract

Terminal merupakan pelayanan umum yaitu tempat terjadinya perkumpulan kendaraan umum dimana terjadinya tempat menaikan dan menurunkan penumpang atau bongkar muat barang, dan juga sebagai tempat berpindahnya penumpang. Pemegangan terminal Tipe A di kota Dumai tidak di pegang lagi oleh pemerintah daerah, tetapi dipegang langsung oleh Kementrian Perhubungan, hal ini menyebabkan kinerja pelayanan terminal perlu pembenahan lagi, Pembehanan dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terminal Tipe A, dimana terminal harus mengerti apa yang dibutuhan dan diinginan pada penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan yang diterima oleh penumpang terminal Tipe A di kota Dumai, dan untuk mengetahui atribut-atribut kualitas pelayanan manakah yang paling penting dalam menentukan kepuasan penumpang di Terminal Tipe A di kota Dumai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Importance Performance Analysis dengan pembentukan diagram kartesius. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian, dengan 25 atribut dari hasil penyebaran 387 kuesioner. Data tersebut di olah dengan Metode ImportancePerformance Analysis,kemudian di bentuk didalam diagram kertesius.Untuk total tingkat kesesuaian atribut yang di dapat dari total tingkat kesesuaian kinerja dan tingkat harapan di bagi dengan jumlah atribut di dapatkan hasil dengan persentase 71%, dan Untuk atribut tingkat kinerja, skor rata-rata terkecil terdapat pada atribut T7 dimana skor rata-ratanya 1,58, dan skor rata-rata tertinggi terdapat pada atribut E22 dengan skor rata-rata 3.03. Kemudian untuk nilai rata-rata harapan, skor rata-rata terkecil terdapat pada atribut T3 dengan skor rata-rata 3,57, sedangkan skor-rata tertinggi terdapat pada atribut E4 dengan skor rata-rata 3.76. Dalam diagram kartesius terdapat 4 kuadran dimana kuadran A berjumlah 4 Atribut, kuadran B berjumlah 8 atribut, kuadran C berjumlah 3 atribut, dan Kuadran D berjumlah 9 atribut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian kinerja pelayanan Terminal Tipe A sebesar 71% termasuk dalam kategori kurang memuaskan.Berdasarkan diagram kartesius terdapat 12 atribut yang dianggap penting pada pelayanan terminal Tipe A , masing-masing atribut tersebar dalam 2 kuadran yaitu 4 atribut terdapat dalam kuadran A dan 8 atribut terdapat dalam kuadran B.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Importance performance analysis, Analisa, Kepuasan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:40
Last Modified: 26 Oct 2021 11:07
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item