ANALISIS KONFIGURASI PONDASI TIANG PANCANG TERHADAP KEKUATAN STRUKTUR PADA PERENCANAAN JETTY HEAD 3A

SUWIRNA, TRIDEA and Abrar, Aidil and Lisya, Mutia (2021) ANALISIS KONFIGURASI PONDASI TIANG PANCANG TERHADAP KEKUATAN STRUKTUR PADA PERENCANAAN JETTY HEAD 3A. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB)

Abstract

Dermaga adalah suatu bangunan pelabuhan yang di gunakan untuk merapat dan menambatkan kapal yang melakukan bongkar muat barang dan menaik-turunkan penumpang. Skripsi ini membahas mengenai analisis konfigurasi tiang pancang terhadap kekuatan struktur pada perencanaan jetty head 3A. Dalam perencanaan dermaga jetty tidak bisa lepas dari penggunaan tiang pancang sebagai pondasi yang menyangga strukturbagian atas. Perencanaan konfigurasi tiang pancang pada struktur dermaga jetty sangat berpengaruh terhadap penggunaan jumlah tiang pancang dan ukuran dimensi tiang pancang yang di gunakan untuk konstruksi. Konfigurasi tiang pancang adalah susunan tiang pancang berdasarkan jarak tertentu. Perencanaan konfigurasi tiang pancang bertujuan untuk mengurangi penurunan, defleksi tiang pancang dan efisiensi penggunaan jumlah tiang pancang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil perhitungan daya dukung lateral, defleksi, dan mengetahui konfigurasi terbaik dalam hal analisis kekuatan dari beberapa tipe konfigurasi tiang pancang pada dermaga jetty. Untuk permodelan struktur setiap jenis konfigurasi tiang menggunakan program SAP2000 versi 14 dan perhitungan beban lateral maupun defleksi lateral tiang pancang menggunakan metode Broms. Tipe konfigurasi yang di rencanakan ada dua yaitu konfigurasi tipe 1 merupakan konfigurasi tiang pancang dengan diameter 20” thicknes 12,70 mm , sedangkan konfigurasi tipe 2 merupakan tiang pancang dengan diameter 18” thicknes 14,27 mm. Dari analisis kedua tipe konfigurasi didapatkan konfigurasi tiang tipe 2 lebih baik digunakan karena dari hasil analisistersebut ketebalan tiang pancang sangat berpengaruh terhadap kekuatan dari struktur dermaga tersebut, dan juga dengan diameter yang lebih kecil maka lebih efisiensi waktu dalam proses pelaksanaannya

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dermaga Jetty, Tiang Pancang, Konfigurasi Tiang, Gaya lateral.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 08:32
Last Modified: 23 Jun 2022 08:32
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item