Sttdumai Repository: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:34:45ZEPrintshttp://repository.sttdumai.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://repository.sttdumai.ac.id/2023-11-21T11:48:44Z2023-11-21T11:48:44Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/749This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/7492023-11-21T11:48:44ZFAKTOR KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP A TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA DUMAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANOSebagai sektor publik, rumah sakit harus memberikan jasa atau layanan terbaik kepada pasien demi terwujudnya kepuasan dan kesetiaan pasien utk tidak beralih kerumah sakit pesaing lainnya.
Hal ini diketahui karna banyak orang yang mengeluh terhadap kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai. Oleh karena itu, perlu diketahui faktor-faktor atau indikator apa yang diperlu disediakan oleh pihak rumah sakit.
Penelitian ini menggunakan gambaran analisis, dengan mengambil data dari hasil pengamatan dan penyebaran kuesioner kepada seluruh pasien rawat inap A RSUD Kota Dumai. Dimana hasil dari Rekapitulasi jawaban responden tersebut dinilai berdasarkan metode kano yang terbagi ke dalam empat kategori kano yaitu One dimensional, Must be, Attractive, Indifferent. Sehingga dapat diketahui atribut-atribut pelayanan apa yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien RSUD Kota Dumai.
Rumah sakit yang berkualitas harus memperhatikan kualitas layanan dan atribut-atribut apa yang diperlukan pasien demi terwujudnya tingkat kepuasan pasien yang tinggi.RIANI TIURMA MARPAUNGNIM 07207078Yusrizal YusrizalNIDN1021016401Melliana MellianaNIDN 10210172012023-07-17T10:42:54Z2023-07-17T10:42:54Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/688This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/6882023-07-17T10:42:54ZSISTEM PENGOLAHAN DATA PELAYANAN INAP TAMU PADA HOTEL MAYANG SURI DUMAIKualitas pelayanan terhadap konsumen merupakan faktor yang terpenting yang memiliki tingkat performansi tinggi terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan yang salah satunya jasa pelayanan hotel.
Hotel Mayang Suri merupakan salah satu hotel yang mengutamakan pelayanan terbaik di kota Dumai dan memprioritaskan kepuasan pelanggan memberikan pelayanannya. Oleh karena itu, semua pihak terutama bagian operasional harus dapat melaksanakan pekerjaan secara terkoordinasi dalam melayani pengunjung. Terutama pada bagian resepsionis mempunyai peranan penting dalam hotel, karena pada bagian resepsionis ini terdapat pengolahan data dalam meregistrasi pengunjung dan menyajikan informasi yang dibutuhkan pengunjung. Hingga saat ini sistem pengolahan data di Hotel Mayang Suri ini masih manual, dimana dalam meregistrasi tamu masih menggunakan buku tamu dan menghitung biaya penginapan masih menggunakan kalkullator, sehinggaa memerlukan waktu yang lama.
Dalam hal ini, dibutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi untuk Basic
6.0 dan Microsoft Acces 2003.DIAN MAYA SARINIM 05802007Harmendra HarmendraNIDN 9910005401Ari SellyanaNIDN 10220281032021-12-22T12:37:14Z2021-12-22T12:37:14Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/434This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/4342021-12-22T12:37:14ZSISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS SMS (SIASMS)
PADA SMA BUDI DHARMA DUMAIMaret 2011, 107 halaman + xv.
Kebutuhan informasi yang semakin cepat mendorong terciptanya teknologi informasi yang tepat dan aktual. Short message service(SMS) merupakan salah satu dari fitur GSM yang dikembangkan dan distandarisasi oleh European Telecommunication Standard Institute(ETSI). SMS merupakan salah satu media yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini, karena SMS memiliki tarif yang cukup murah.
Dalam membuat sistem informasi akademik berbasis Short Message Service ini dibutuhkan tahap analisa dan perancangan sistem yang akan dibangun, baik perancangan sistem secara global maupun perancangan sistem secara terinci. Dalam perancangan ini dibutuhkan desain sistem dan model data seperti penggunaan Context Diagram, Aliran Sistem Informasi (ASI), Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD). Dengan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dan pengolahan database dengan menggunakan Microsoft Acces.
Dengan sistem ini diharapkan mampu memberikan pelayanan jasa informasi akademik siswa kepada wali murid, dan menjadi media pengontrolan wali murid terhadap perkembangan putra-putri mereka disekolah.AGUS SUPRIYANTONIM 07802003Bibit Waluyo JatiNIDN.9910003130Yannuar YannuarNIDN 99100009102021-09-14T11:26:06Z2021-11-03T10:03:56Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/418This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/4182021-09-14T11:26:06ZPENGOPTIMALAN PEMAKAIAN STEAM PADA HEAT EXCHANGER DI
CENTRAL GATERING STATION AREA-5
PT CHEVRON PACIFIC INDONESIAPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode peramalan produksi dan pertimbangan biaya permakaian Steam, yang secara khusus akan sangat mempengaruhi steam yang dipakai, dan akan mempengaruhi tingkat efisiensi Steam consumtion.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dengan mengambil sampel atau contoh dari data pemakaian steam bulan April 2011 yang lalu, dimana dari hasil peramalan dapat menghitung kapasitas pemakaian yang diperlukan, sehingga diketahui bahwa pemakaian steam yang optimal, kapasitasnya bisa disesuaikan dengan jumlah steam yang diperlukan untuk memanaskan fluida, dengan tidak mengurangi kualitas minyak yang dihasilkan.
Alat uji yang digunakan adalah perbandingan pemakaian steam pada heat exchanger sebelum dilakukan analisa efisiensi, dengan pemakaian steam setelah dilakukan analisa efisiensi, sehingga akan mempengaruhi biaya pengolahan itu sendiri, selanjutnya dengan membandingkan hipotesis dan uji korelasi untuk melihat apakah terdapat hubungan yang sangat kuat atau tidak antara kedua variabel tersebut.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode peramalan pemakaian dan temperatur yang dibutuhkan, dapat berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat efisiensi biaya pengolahan minyak di CGS Area 5, dan faktor kesesuaian jumlah steam yang dibutuhkan untuk heat exchanger adalah faktor yang paling berpengaruh, sehingga terbukti hipotesis dalam penelitian ini adalah benar dan mempengaruhi biaya pengolahan minyak.TASRIL TASRILNIM. 07207025Yusrizal YusrizalNIDN1021016401Muhammad ArifNIDN10051276012021-09-14T09:42:37Z2021-09-14T09:42:37Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/415This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/4152021-09-14T09:42:37ZSISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENETAPKAN
JUMLAH PINJAMAN DI UEK-SP INSAN KARYA
KELURAHAN BINTANUsaha ekonomi kelurahan simpan pinjam merupakan bentuk lembaga ekonomi keuangan di tingkat kelurahan dimana setiap pelaksanaan kegiatan pencairan sangat di butuhkan sekali dalam mengambil keputusan yang sangat tepat dan akurat sebelumnya pengelola dan pimpinan dalam menentukan dan menetapkan pinjaman membutuhkan waktu yang begitu lama untuk menetapkan jumlah pinjaman bagi calon nasabah maka timbul ide untuk merancang suatu sistem untuk mendukung keputusan dalam menetapkan jumlah pinjaman terhadap calon nasabah yang akan melakukan pinjaman pada lembaga ini.
Dalam membuat sistem pendukung keputusan ini kita memperlukan tahap-tahap dalam melakukan perancangan terhadap sistem pendukung keputusan ini dimana terdapat analisis sistem yang sedang berlangsung pada pelaksanaan kegiatan simpan pinjam tersebut seperti adanya alur sistem informasi yang telah ada. Sistem pendukung keputusan ini meliputi analisa sistem secara umum dan terperinci dengan menggunakan desain sistem serta model data seperti Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relational Diagram, serta membuat rancangan basis data menggunakan MySql, pada pembuatan laporan dengan menggunakan Crystal Report
Dengan sistem ini setiap pimpinan dengan mudah dapat menetapkan berapa seorang calon nasabah layak untuk diberikan pinjaman sehingga dapat mengurangi daftar tunggu yang sedang antrian.YUNENDA PUTRANIM 03802028Bibit Waluyo JatiNIDN.9910003130Ari SellyanaNIDN 10220281032021-09-02T08:45:40Z2021-11-03T09:53:28Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/407This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/4072021-09-02T08:45:40ZSISTEM INFORMASI BURSA KERJA DI DINAS TENAGA KERJA
DAN TRANSMIGRASI KOTA DUMAITeknologi telah berkembang pesat pada era digital ini, seakan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Internet, salah satu perkembangan teknologi jaringan komputer, adalah media yang paling tepat untuk mengetahui dan berbagi informasi. Selain bisa diakses dari komputer biasa atau PC, Internet pun bisa diakses.
Kegiatan Kantor Disnaker Kota Dumai saat ini, mayoritas berjalan offline, dan termasuk informasi lowongan pekerjaan yang masih manual. Dengan menganalisa permasalahan itu, ada keinginan dari penulis untuk membuat suatu sistem informasi online berbasis standar web dengan bahasa pemrograman PHP & basis data MySQL, sehingga dapat diakses melalui komputer dan internet.
Sistem informasi yang diberi nama “Sistem Informasi Bursa Kerja Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Dumai,” diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam akses informasi lowongan pekerjaan kapan saja dan dimana saja dapat diakses melalui internet .DEWI SUCI PERMANISNIM 06802007Khairijal KhairijalNIDN 9910002260Yannuar YannuarNIDN 99100009102021-08-31T07:20:28Z2021-08-31T07:20:28Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/404This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/4042021-08-31T07:20:28ZSISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS SMS (SIASMS)
PADA SMA BUDI DHARMA DUMAIKebutuhan informasi yang semakin cepat mendorong terciptanya teknologi informasi yang tepat dan aktual. Short message service(SMS) merupakan salah satu dari fitur GSM yang dikembangkan dan distandarisasi oleh European Telecommunication Standard Institute(ETSI). SMS merupakan salah satu media yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini, karena SMS memiliki tarif yang cukup murah.
Dalam membuat sistem informasi akademik berbasis Short Message Service ini dibutuhkan tahap analisa dan perancangan sistem yang akan dibangun, baik perancangan sistem secara global maupun perancangan sistem secara terinci. Dalam perancangan ini dibutuhkan desain sistem dan model data seperti penggunaan Context Diagram, Aliran Sistem Informasi (ASI), Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD). Dengan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dan pengolahan database dengan menggunakan Microsoft Acces.
Dengan sistem ini diharapkan mampu memberikan pelayanan jasa informasi akademik siswa kepada wali murid, dan menjadi media pengontrolan wali murid terhadap perkembangan putra-putri mereka disekolah.AGUS SUPRIYANTONIM 07802003Bibit Waluyo JatiNIDN.9910003130Yan NuarNIDN 99100009102021-07-07T12:39:14Z2021-07-07T12:39:14Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/376This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3762021-07-07T12:39:14ZSISTEM INFORMASI GAJI KARYAWAN
DENGAN PERHITUNGAN LEMBUR PADA PT. IVOMAS TUNGGAL DUMAI
BERBASIS CLIENT SERVERDalam observasi dan pengumpulan data pada PT. Ivo Mas Tunggal Dumai, penulis mengangkat satu permasalahan yang dijadikan dasar dalam penulisan Kerja Paraktek ini yaitu Sintem Informasi Penggajian Karyawan PT. Ivo Mas Tunggal Dumai.
Penyajian Laporan-laporan yang berhubungan dengan Penggajian disajikan dalam bentuk sistem Program komputerisasi yang mana diasumsikan lebih jelas dan akurat dibandingkan dengan laporan yang sebelumnya hanya dibuat dengan Exel saja dan diteruskan dengan cara pencatatan secara manual.
Pada tugas Akhir ini akan difokuskan untuk merancang dan mengimplementasikan suatu sistem informasi penggajian karyawan, dengan pertimbangan bahwa dengan sistem informasi yang manual, seringkali ditemui kendala yang sering menghambat kegiatan oprasional pada bagian penggajian. Pada saat analisa sistem akan diteliti lebih lanjut mengenai sistem saat ini untuk mengetahui kelemahan sistem serta kebutuhan sistem. Pada tahap desain sistem, mulai dibangun sistem informasi dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0 yang mampu mengatasi kelemahan-kelemahan sistem sebelumnya
Manfaat terbesar dari pembuatan program tugas akhir ini adalah membantu pihak PT. Ivo Mas Tunggal untuk Penggajian. Dan dalam perancangan aplikasinya digunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0 yang bertujuan agar lebih mudah dimengerti oleh pemakai.WIDYO SUKMANIM 05802038Bibit Waluyo JatiNIDN.9910003130Ari SellyanaNIDN 10220281032021-07-05T10:38:22Z2021-11-03T09:58:44Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/374This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3742021-07-05T10:38:22ZPENAMBAHAN SERAT BAJA (LIMBAH BUBUT)
PADA BETON TERHADAP PENGARUH KUAT TEKAN (K-250)
ADDITION OF STEEL FIBERS (WASTE LATHE) ON THE CONCRETE COMPRESSIVE STRENGTH OF THE INFLUENCE OF (K-250)Beton merupakan bahan yang terdiri dari semen, agregat kasar, agregat halus dan air. Beton dapat juga diberi bahan tambah baik itu dari bahan kimia maupun non kimia yang ditambah pada adukan sebelum, segera, atau selama pengadukan beton. Tujuannya adalah untuk mengubah satu atau lebih sifat-sifat beton, misalnya mempercepat dan memperlambat pengerasan, menambah encer adukan, menambah kuat beton, menambah daktilitas (mengurang sifat getas), mengurangi retak-retak pada pengerasan, dan lain-lain. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari hasil penelitian ini adalah untuk memanfaatkan bahan limbah berupa serat baja menjadi material dalam pembuatan beton dan menjadikannya memiliki daya guna dilingkungan masyarakat serta mengetahui dan meneliti bagaimana perilaku kuat tekan terhadap campuran beton yang diberi bahan tambah berupa serat baja sebesar 3%, 6% dan 10% dari berat semen. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pengadukan campuran beton dengan penambahan serat baja sedikit sulit dibandingkan dengan pengadukan beton biasa. Pada beton penambahan serat baja mengalami penurunan dari beton normal.SAFRI SAFRINIM 0822201050Aidil AbrarNIDN 1013027202Susy SrihandayaniNIDN 10200479012021-07-01T11:05:53Z2021-07-01T11:05:53Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/372This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3722021-07-01T11:05:53ZIDENTIFIKASI KESELAMATAN JALAN RAYA
(Studi Kasus Jalan Sultan Hasanuddin Kota DumaiJalan Sultan Hasanuddin merupakan jalan kolektor yang menghubungkan bagian Timur pusat Kota Dumai. Lokasi kawasan jalan Sultan Hasanuddin yang strategis serta tingginya intensitas kegiatan perdagangan dan jasa menjadikan kawasan ini sebagai salah satu pusat kegiatan ekonomi di Kota Dumai. Perkembangan kawasan Jalan Dumai sebagai salah satu pusat perdagangan dan jasa di Kota Dumai menimbulkan tarikan yang besar dan mengakibatkan peningkatan volume kendaraan di ruas Jalan Sultan Hasanuddin ini. Tingginya volume pergerakan yang melalui jalan ini tidak dapat diimbangi oleh jaringan jalan yang ada sehingga mengakibatkan ketidak seimbangan antara supply dengan demand terhadap transportasi dan pada akhirnya menimbulkan permasalahan transportasi yaitu berupa kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
Setelah mengeidentifikasi keselamatan jalan raya, maka didapat kesimpulan jalan Sultan Hasanuddin belum memenuhi persyaratan yang memadai, dikarenakan tidak sesuai tata letak dan ukuran pengendalian akses jalan atau fasilitas lalu lintas mengakibatkan bertambahnya tingkat kemacetan dan kecelakaan dijalan tersebut
Dari hasil pengolahan data kuisioner perlengkapan jalan dan kecelakaan pada ruas jalan Sutan Hasanuddin Kota Dumai, berdasarkan model Greenshield dalam perhitungan regersi linear tabel annova pada jumlah kuadrat regression = 5633.207 dan Residual = 29516.793 jadi jumlah keseluruhan 35150.000, df (Derajat kebebasan) regression = 2 dan Residual = 72 jadi total derajat kebebasannya = 74, nilai yang didapat pada F = 6,871.NANANG JUANDANIM 05203013Muhammad IdhamSusy SrihandayaniNIDN 10200479012021-07-01T10:35:53Z2021-11-03T09:36:22Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/371This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3712021-07-01T10:35:53ZANALISIS EFISIENSI PENAMPANG DRAINASEJalan Dock Yard di Kecamatan Dumai Barat Kelurahan Simpang Tetap ini sering mengalami banjir saat hujan turun sehingga dapat mengganggu aktifitas masyarakat dan pengguna jalan. Kondisi drainase di jalan Dock Yard ini belum semuanya merupakan bangunan yang permanen. Sebagian hanya hasil galian dengan lebar rata-rata 2 - 3 meter yang setiap saat dapat mengalami pendangkalan akibat lumpur dan sampah. Dengan kondisi drainase seperti ini perlu dilakukan pembuatan saluran yang permanen agar mampu menampung dan mengalirkan air dengan cepat supaya tidak terjadi banjir di daerah tersebut.
Langkah – langkah untuk perhitungan dimensi saluran drainase secara garis besar adalah sebagai berikut :
1. Perhitungan frekuensi curah hujan dengan metode Gumbel
2. Perhitungan debit banjir rencana dilakukan dengan metode Manning
3. Perhitungan dimensi saluran berbentuk persegi dilakukan dengan metode Manning.
Berdasarkan hasil dari perhitungan analisis dan pembahasan pada perhitungan dimensi saluran drainase di jalan Dock Yard ini, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Besar debit rencana yang mengalir pada saluran drainase adalah sebesar 3,87 m3 /detik.
2. Besar dimensi drainase jalan Dock Yard adalah :
a. Tinggi Saluran (H) = 1,73 meter
b. Lebar saluran (b) = 2,3 meter
c. Tinggi jagaan (W) = 0,58 meter
d. Tinggi air (h) = 1,15 meter.SUHARNI SUHARNINIM 0822201049Nuryasin AbdillahNIDN 1031106601Syamsul Indra PutraNIDN 10040766032021-06-30T10:58:48Z2021-11-03T10:07:00Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/369This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3692021-06-30T10:58:48ZANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN PELANGGAN
DI BENING CAR WASH KOTA DUMAIFIFO (First In First Out) atau FCFS (First Come First Served) adalah format disiplin dibidang jasa pelayanan untuk member servis pertama kepelanggan atau costumer yang dating terlebih dulu.
Dari hasil penelitian waktu tunggu maksimal yang dapat diterima oleh pelanggan adalah 60 menit. Analisis sistem antrian cuci mobil pada Bening Car Wash setelah dihitung, diketahui bahwa Kecepatan Kedatangan Rata-rata 0,9875 mobil/jam atau 1 mobil/jam. Sedangkan Kecepatan Pelayanan (µ) 1,028125 mobil/jam atau 1 mobil/jam. Sistem antrian cuci mobil lebih efisien dengan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan jika waktu tunggu pelanggan untuk memperoleh pelayanan lebih singkat.
Antrian pada jasa pelayanan pencucian mobil diketahui dari tingkat kedatangan pelanggan.Sementara waktu yang dibandingkan oleh jasa pelayanan adalah waktu kedatangan yang lebih panjang. Untuk mengatasi dengan cara menambahkan fasilitas pelayanan, untuk jangka pendek berarti bukan perwakilan solusi optimal karena akan terkait dengan penambahan tenaga kerja dan modal yang besar dari medium dan fasilitas pelayanan.EFNI YULIANANIM. 07207053Yusrizal YusrizalNIDN1021016401Lukman Lukman2021-06-30T10:22:30Z2021-06-30T10:22:30Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/368This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3682021-06-30T10:22:30ZSISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BERAS UNTUK KELUARGA MISKIN (RASKIN) DI KOTA DUMAI
BERBASIS WEBTugas akhir dengan judul “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beras untuk Keluarga Miskin (Raskin) di Kota Dumai Berbasis Web“ dibuat dengan tujuan utama yaitu memberikan prioritas dari hasil pendataan sehingga nantinya dapat membantu Pemerintah Kota Dumai dalam menetapkan Penerima Raskin.dan memberikan nilai berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan yang transparan, sehingga masyarakat dapat menerima hasil keputusan. Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk sistem pendukung keputusan.
Dalam Tugas akhir ini dibangun aplikasi yang dapat menentukan Penerima Raskin bagi masyarakat Kota Dumai berdasarkan prioritas dari hasil pendatan dan membuat penilaian kepada calon Penerima Raskin dengan transparan.
Langkah - langkah dalam merancang sistem meliputi analisa sistem secara umum dan terperinci dengan menggunakan alat bantu DFD, ERD, rancangan tampilan dan rancangan basis data menggunakan MySql. Pengembangan aplikasi ini menggunakan pemrograman berbasis web yakni PHP.SEBRI ANINIM 07802065Bibit Waluyo JatiNIDN.9910003130Dion PermataNIDN 10290179012021-06-25T10:41:56Z2021-06-25T10:41:56Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/361This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3612021-06-25T10:41:56ZANALISIS PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN
AIR MINUM KONVENSIONAL KOTA DUMAIInstalasi Pengolahan Air Minum konvensional sampai saat ini merupakan sistem yang paling banyak digunakan, sekitar 80 m3/detik dari kapasitas sistem air bersih yang terpasang 110 m3/detik pada umumnya. Instalasi pengolahan air minum konvensional merupakan instalasi yang menggunakan sistem koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi dan desinfeksi serta melalui proses pembubuhan koagulan pada air baku dengan polutan koloid. Sistem perencanaan Instalasi Pengolahan Air Minum yang akan direncanakan didasarkan khusus untuk air baku dari air sungai dengan kualitas kekeruhan tinggi dan menggunakan beberapa parameter-paramater sebagai dasar pertimbangan perencanaan yang dianjurkan sesuai dengan rencana induk pengembangan kota baik teknis, ekonomis dan lingkungan seperti standar baku mutu kualitas air minum.
Adapun tujuan dari penelitian perencanaan ini menentukan alternatif pengolahan air minum dan merencanakan serta menghitung dimensi unit instalasi pengolahan air minum dengan manfaat menghasilkan perencanaan suatu desain unit dimensi yang sesuai untuk menampung kapasitas produksi yang direncanakan sesuai dengan perhitungan.
Dari hasil analisis dan perhitungan dimensi, perencanaan ini menggunakan metode pemilihan alternatif pengolahan II yang dimulai dari perencanaan unit intake, unit pembubuh koagulan, unit flash mix slow mix, unit sedimentasi, unit filtrasi, unit desinfeksi, dan unit reservoir. Dengan perencanaan hasil produksi 250 l/ detik untuk 10 tahun kedepan sampai tahun 2021 yang mampu mendistribusikan air untuk Kota Dumai. Secara keseluruhan perencanaan pengolahan ini dilengkapi dengan 1 (satu) bak intake dengan 2 (dua) sumuran, terdiri dari 1 (satu) bak pembubuh koagulan, 2 (dua) bak flash mix, 1 (satu) bak slow mix, 2 (dua) bak sedimentasi, 1 (satu) bak filtrasi, 2 (dua) bak desinfeksi dan 1 (satu) bak reservoir sesuai dengan dari hasil analisis perhitungan desain masing-masing unit.MASYARI AKHSANNIM 05203019Susy SrihandayaniNIDN 1020047901Syamsul Indra PutraNIDN 10040766032021-06-25T09:49:29Z2021-06-25T09:49:29Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/360This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3602021-06-25T09:49:29ZANALISIS VOLUME LALU LINTAS DENGAN DATA MATRIK ASAL TUJUAN ( M A T ), ( Studi Kasus : Simpang Empat Jalan Ahmad Yani – Jalan Sultan Hasanuddin dan Simpang Tiga Jalan Diponegoro – Jalan Sultan Hasanuddin kota Dumai)Permasalahan transportasi yang terjadi di kota-kota besar semakin tinggi hal ini juga akan dihadapi Kota Dumai. Sebagai Kota berorientasi menjadi kota industri dan memiliki pelabuhan yang tidak hanya melayani tujuan domestik, Kota Dumai dihadapkan dengan persoalan transportasi, dimana mobilitas orang dan barang mulai tinggi dan di tambah lagi dengan pemasalahan lain yaitu daya beli masyarakat yang meningkat terhadap kendaraan bermotor, pada akhirnya menimbulkan permasalahan disektor transportasi di Kota Dumai khususnya pada simpang tiga Jalan Pangeran Diponegoro – Jalan Sultan Hasanuddin dan Simpang Empat Jalan Ahmad Yani – Jalan Sultan Hasanuddin..
Adapun tujuan penelitian mengetahui besarnya arus lalu lintas pada dua titik persimpangan, yaitu pada persimpangan Empat Jalan Ahmad Yani – Jalan Sultan Hasanuddin dan simpang Tiga Jalan Pangeran Diponegoro – Jalan Sultan Hasanuddin dengan membandingkan 4 metode Analogi dengan 2 batasan yaitu dengan Metode Rata – rata, Fratar, Furness, dan Detroit, sehingga didapat metode yang diharakan untuk menganalisis pertumbuhan volume lalu lintas pada dua titik persimpangan Jalan Sultan Hasanuddin untuk 5 dan 10 tahun pada masa yang akan datang.
Pada analisis Arus Lalu lintas pada dua titik persimpangan yaitu pada simpang Tiga Pangeran Diponegoro - Jalan Sultan Hasanuddin pertumbuhan untuk keseluruhannya dengan mengunakan metode rata – rata sebesar 66.6% dan untuk pertumbuhan lau lintas tertinggi pada simpang tiga adalah pada zona 1 ( satu ) sebesar 78,2% dan metode yang sesuai dengan yang diharapkan yaitu metode Rata –rata. Simpang Empat Ahmad Yani – Jalan Sultan Hasanuddin pertumbuhan untuk keseluruhannya dengan mengunakan metode rata – rata sebesar 59% dan pertumbuhan lalu lintas tertinggi pada simpang empat adalah pada zona 2 ( Dua ) sebesar 69,9%. dan metode yang sesuai dengan yang diharapkan yaitu metode Rata –rataAGUS SUSENONIM 05203002Muhammad IdhamSyamsul Indra PutraNIDN 10040766032021-06-15T08:46:37Z2021-06-15T08:46:37Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/343This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3432021-06-15T08:46:37ZANALISIS TEBAL LAPIS PERKERASAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN DAN ASPHALT INSTITUTEDalam upaya memenuhi persyaratan sarana transportasi yang lancar, aman dan nyaman, sehingga dapat melayani arus lalu lintas sesuai dengan umur rencana, maka perlu diadakan perencanaan perkerasan yang baik, karena dengan perencanaan perkerasan yang baik diharapkan konstruksi perkerasan jalan mampu memikul beban kendaraan yang melintas dan menyebarkan beban tersebut kelapisan-lapisan di bawahnya dan tanpa menimbulkan kerusakan yang berarti pada konstruksi jalan itu sendiri. Dengan demikian akan memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan selama masa pelayanan jalan/umur rencana. Mengingat hal tersebut di atas sangat penting maka perlu dirancang tebal perkerasan yang tepat.
Adapun tujuan dari penelitian ini membandingkan tebal lapis perkerasan jalan antara metode Asphalt istitute dengan analisa komponen menghitung umur pelayanan jalan berdasakan faktor perusak jalan serta mengetahui falsafah perencanaan jalan terhadap metode yang digunakan dengan manfaat mengetahui metode analisa yang tepat untuk digunakan dalam menganalisa tebal lapis perkerasan.
Untuk perkerasan dengan menggunakan metode asphal institute dengan menggunakan beberapa alternatif pembebanan menunjukan bahwa dengan menggunakan asphal institute tebal perkerasan setebal 24 cm, 26cm untuk umur rencana masing-masing 5 dan 10 tahun. Dengan menggunakan Analisa Komponen menunjukan tebal perkerasan selama umur rencana 5 dan 10 tahun adalah setebal 43 cm dan 47 cm. Dengan beberapa alternatif peningkatan pembebanan sebesar 5%, 10%, 15%, 20% menunjukan bahwa masing-masing umur pelayanan jalan selama 8,13, 6,66, 5,50, 5,08 tahun dari umur rencana selama 10 tahun, sehingga menunjukan terjadinya penurunan umur rencana masing-masing sebesar 1,87, 3,34, 4,5, 4,92 tahun. Dengan menggunakan metoda asphal institute dan analisa komponen menunjukan adanya perbedaan falsafah analisa tebal lapis perkerasan.RIFKI ZAMZAMNIM 05203015Muhammad IdhamAnton Budi Dharma2021-05-28T04:14:28Z2021-11-03T09:10:04Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/341This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3412021-05-28T04:14:28ZPERANCANGAN GAUGE HATCH YANG ERGONOMIS PADA TANKI TIMBUN DI PT.CHEVRON PACIFIC INDONESIA DUMAIGauge Hatch yang sesuai untuk operator harus mementingkan tingkat kenyamanan dan kesehatan operator tersebut. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba merancang Gauge Hacth untuk operator pengukuran tanki dari segi ukuran yang ergonomis, yang akan ditampilkan dalan bentuk gambar rancangan. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah pengumpulan data. Data yang dikumpulkan merupakan data antropometri seluruh operator pengukuran tanki yang bertugas sebanyak 12 orang. Data antropometri yang dibutuhkan adalah Tinggi Badan Tegak, Tinggi Mata Berdiri, Tinggi Bahu Berdiri, Tinggi Siku Berdiri, Tinggi Pinggang dan Jangkauan Tangan Kedepan. Langkah selanjutnya adalah pengolahan data antropometri yang meliputi pengujian kenormalan data, pengujian keseragaman data, pengujian kecukupan data, perhitungan persentil, dan gambar hasil rancangan.Hasil penelitian diperoleh rancangan tinggi Gauge Hatch sebesar 86,48 cm dan lebar Gauge Hatch sebesar 52,27 cm.NOFRI DENINIM 07207033Muhammad ArifNIDN1005127601Dody DodyNIDN 10261179032021-04-17T03:03:40Z2021-11-03T08:53:16Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/329This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/3292021-04-17T03:03:40ZFAKTOR FAKTOR PENENTU TINGKAT HUNIAN KAMAR DI HOTEL GRAND ZURI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)Sebagai satu-satunya hotel berbintang 3 di Kota Dumai, Grand Zuri perlu memperhatikan faktor–faktor pemilihan alternatif untuk meningkatkan jumlah hunian kamar. Agar para pelanggan merasa nyaman, dan tidak kalah dari pesaing lainnya.
Penelitian ini menggunakan gambaran analisis, dengan mengambil data dari hasil pengamatan dan penyebaran kuesioner Pimpinan Engineering Department, Marketing Department, Housekeeping Departmentdan Personal Department Hotel Grand Zuri Kota Dumai. Dimana hasil dari Rekapitulasi jawaban responden tersebut dinilai berdasarkan metode Analytical Hierarchy Process yang terbagi ke dalam tiga faktor yaitu faktor sarana, prasarana dan sumber daya manusia sebagi pemilihan alternatif peningkatan tingkat hunian kamar di Hotel Grand Zuri Kota Dumai.CHINTIA ARIESTANIM. 07207048Yusrizal YusrizalNIDN1021016401Muhammad ArifNIDN10051276012020-12-17T04:51:22Z2020-12-17T04:51:22Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/274This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/2742020-12-17T04:51:22ZPENGARUH PROGRAM
OPERATION & MAINTENANCE CERTIFICATION
TERHADAP PENINGKATAN KINERJA OPERATOR
DAN TEKNISI DI PT. CHEVRON PASIFIC INDONESIA DURIPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik
analisis statistik yang secara khusus bertujuan untuk mengetahui apakah program
O&MC mempengaruhi peningkatan kinerja. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode survei, yaitu metode penelitian dengan mengambil
sampel dari suatu populasi dengan menggunakan alat kuesioner untuk
pengumpulan data primer, dimana populasi yang diambil dalam penelitian ini
adalah partisipan dari PT. CPI Duri.
Alat uji yang digunakan adalah uji statistik untuk mengetahui apakah ada
hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen dengan
menggunakan ”SPEARMAN”, selanjutnya membandingkan hipotesis dan uji
koefisien korelasi spearman untuk melihat apakah terdapat hubungan yang sangat
kuat atau tidak antara kedua variabel tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa tanggapan partisipan
terhadap program O&MC dapat dikatakan baik. Hal itu terlihat dari jawaban
responden yang menyatakan sangat setuju sebanyak 7,0%, setuju 57,3%, cukup
setuju 30,5%, tidak setuju 4,7% sedangkan yang menyatakan sangat tidak setuju
yaitu 0,5%. Hal ini menunjukan bahwa partisipan menanggapi dengan positif
terhadap program O&MC.
Pengaruh program O&MC terhadap kinerja berdasarkan perhitungan
didapat nilai sebesar 1,69 %, sedangkan sisanya sebesar 88,31 % dipengaruhi oleh
faktor lain. Perhitungan koefisien korelasi rank spearman (rs) sebesar 0,13. Hal
ini menunjukkan antara program O&MC (variabel X) dan kinerja karyawan
(variabel Y) memiliki hubungan sangat rendah atau lemah sekali karena berada
pada interval korelasi 0,00 < rs < 0,20. Dalam pengujian hipotesis diperoleh bahwa
Zhitung < Ztabel (1,42 < 1,96). Berdasarkan kriteria pengujiannya, maka H0 diterima
(H1 ditolak), dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara
program O&MC dan kinerja karyawan.EDWARD HUTAHAEANNIM: 07207031Melli AnaNIDN 1021017201Trisna MesraNIDN10120674012020-12-16T04:35:43Z2021-11-03T09:26:50Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/273This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/2732020-12-16T04:35:43ZANALISIS PENGARUH STRESS TERHADAP PRESTASI KERJA
PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI DENGAN
MENGGUNAKAN METODE RHO SPEARMAN
Studi Kasus di PT.Chevron Pasific Indonesia DuriPT. Chevron Pasific Indonesia Duri adalah salah satu cabang dari Perusahan Chevron yang ada di dunia dan begerak dalam memproduksi minyak mentah. Semakin tingginya tingkat persaingan dan semakin terbukanya peluang pasar mengindikasikan perusahaan di tuntut untuk selalu meningkatkan produktivitas pada seluruh lini perusahaan. Salah satu faktor penting yang berpengaruh langsung terhadap produktivitas adalah tingkat stress karyawan. Penelitian terhadap faktor, gejala dan hubungan antara stress dan prestasi kerja sangat penting untuk dilakukan, karena berhubungan erat dengan kinerja dan produktivitas karyawan di lapangan. Dari penelitian yang dilakukan dengan Pendekatan Rho Spearman pada PT. Chevron Pasific Indonesia ditemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya stress adalah lingkungan kerja yang kurang baik (20.44%), tuntutan kerja yang berlebihan (18.40%), pengharapan kerja yang tidak sesuai (21.26%), hubungan antara pegawai dan atasan yang kurang baik (17.61%), dan wewenang yang tidak cukup untuk melakukan tanggung jawab (20.44%). Penelitian menunjukkan bahwa penyebab dan ganjalan yang terjadi di lapangan sangat berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan. Hasil perhitungan korelasi Rho Spearman mengindikasikan adanya korelasi negatif sebesar 0,0367. Hasil ini menujukan korelasi yang cukup kuat antara stress dan prestasi kerja yang dicapai karyawan tidak ada, yang perlu diperbaiki adalah hubungan antara pekerja/ karyawan dan atasan yaitu dengan cara melakukan peningkatan, pendekatan dan penghargaan.WIRMAN HADINIM 07207026Melliana MellianaNIDN 1021017201Trisna MesraNIDN10120674012020-12-04T03:05:40Z2021-11-03T10:05:21Zhttp://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/268This item is in the repository with the URL: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/2682020-12-04T03:05:40ZFORECAST VOLUME PENJUALAN MINYAK MENTAH
PADA PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA
DI DUMAITujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil Forecast volume penjualan minyak mentah jenis Duri Crude dan Sumatran Light Crude pada PT. Chevron Pacific Indonesia di Kota Dumai.
Metoda yang digunakan pada penelitian ini adalah metode rata – rata bergerak tidak terbobot, rata – rata bergerak terbobot serta pemulusan eksponensial dengan mengambil sample data penjualan produk minyak mentah pada bulan Januari 2009 sampai dengan bulan Juni tahun 2011 dan merupakan data sekunder yang diambil pada PT. Chevron Pacific Indonesia di Kota Dumai.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model yang cocok untuk melakukan Forecast volume penjualan minyak mentah jenis Duri Crude dan Sumatran Light Crude adalah Model pemulusan Eksponensial dengan nilai konstanta ramalan (α=0,5) untuk Duri Crude dan (α=0,2) untuk Sumatran Light Crude) karena nilai Tracking Signal berada dalam batas – batas pengendalian serta dari perhitungan data Forecast volume penjualan minyak mentah jenis Duri Crude untuk bulan Agustus 2011 sebesar 5.583.191 Bbls, sedangkan untuk minyak mentah jenis Sumatran Light Crude untuk bulan Agustus sebesar 6.000.521 Bbls.
Disarankan berdasarkan hasil Forecast diatas diharapkan perusahaan bisa memperhatikan kebijakan – kebijakan terhadap produk minyak mentah ini agar tetap dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan permintaan pasar .IRWAN RIONINIM.07207009Yusrizal YusrizalNIDN1021016401Melliana MellianaNIDN 1021017201