eprintid: 92 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/00/92 datestamp: 2020-06-16 03:06:41 lastmod: 2021-10-21 10:56:07 status_changed: 2020-06-16 03:06:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PERKASA ALAM, MUHAMMAD creators_name: Fitra, Fitra creators_name: Rahmi, Hanifatul creators_id: Email: muhammadperkasaalam@gmail.comNIM. 1326201178 creators_id: NIDN 1010028204 creators_id: NIDN 1027088901 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Fitra, Fitra contributors_name: Rahmi, Hanifatul contributors_id: NIDN 1010028204 contributors_id: NIDN 1027088901 title: SIMULASI PENCAPAIAN TARGET SLA (SERVICE LEVEL AGREEMENT) PENYELESAIAN GANGGUAN MCB PT PLN (PERSERO) RAYON DUMAI KOTA ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Pelayanan Teknik, Antrian, Gangguan MCB, Software Arena abstract: PT PLN (Persero) Rayon Dumai Kota merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang energi listrik. Pelayanan teknik pada PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) (Persero) Rayon Dumai Kota memiliki 6 indikator jenis gangguan yang dalam penyelesaiannya harus sesuai dengan standar waktu yang telah ditentukan dalam SLA (Service Level Agreement). Akan tetapi selama 5 bulan berturut-turut terhitung dari Januari-Mei 2017 pelayanan gangguan MCB tidak pernah sesuai dengan standar waktu yang telah ditentukan manajemen PLN. Sehingga berakibat pada buruknya pelayanan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penilitian untuk menentukan model simulasi antrian yang optimal untuk memperbaiki waktu pelayanan dengan Software Arena. Hasil analisis skenario perbaikan memperlihatkan bahwa skenario 2 dengan menambahkan 1 regu atau server menghasilkan waktu tunggu yang mendekati target yang diinginkan oleh perusahaan sehingga skenario 2 menjadi usulan untuk perbaikan dalam penelitian ini. Meskipun nilai rata-rata waktu proses tanggal 6 Juni 2017 melebihi target sebesar 49 menit. Namun, waktu rata-rata skenario 2 masih mendekati waktu target yang diinginkan perusahaan. date: 2018-12-05 date_type: completed pages: 3 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Anthara (2014), Perhitungan Analisis Sistem Antrian Gerbang Tol Pasteur Bandung di PT Jasa Marga (Persero)Tbk, Fakultas Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Komputer Indonesia. Aulele (2014), Analisis Sistem Antrian Pada Bank Mandiri Cabang Ambon, FMIPA, UNPATTI Poka-Ambon, Vol. 8, No. 1, Hal 45-49 (2014). Dyah (2012), Optimasi Proses Produksi Dengan Menggunnakan Pendekata Simulasi Sistem, Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jurnal PASTI Volume XI No. 1, 1-12. Evan (2015), Optimalisasi Sistem Pelayanan Untuk Mengurangi Antrian Dengan Pendekatan Simulasi Menggunakan Software Pro Model (Studi Kasus Pada Spbu Kadipaten, Majalengka), Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, Volume VII No. 1 / Februari / 2015. Ginting (2013), Analisis Sistem Antrian dan Optimalisasi Layanan Teller (Studi Kasus pada Bank X di Kota Semarang), Fakultas Ekonomika dan Bsinis, Universitas Diponegoro Semarang. Hamukti, dkk (2015), Kajian Tol Buah Batu Menggunakan Metode Antrian Pada Bulan Desemeber 2015, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University. Handayani (2013), Analisis Antrian Pada Mini Market Dengan Menggunakan Teori Antrian Untuk Menentukan Pelayanan Yang Optimal, Universitas Gunadarma Jakarta. Prabowo, dkk (2009), Penentuan jumlah teller yang optimal berdasarkan metode antrian, S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 5, No. 2, September 2009:179–191. Rachman (2016), Simulasi Model Antrian Optimal Loket Pembayaran Parkir, Program Studi Teknik Industri, Universitas Esa Tunggal Jakarta. Rahmadani dan Julasmasari (2010), Simulasi Pelayanan Kasir Swalayan Citra Di Bandar Padang, Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Vol. 9 No. 1, April 2010:19-24 Setyowati, dkk (2017), Analisis Antrian Pada Pelayanan Pendaftaran Dan Optimalisasi di RSUD KRT Sutjonegroro, Department Statistika, AIS Muhammadiyah Semarang. Suparti dan Hermantoro (2014), Optimasi Sistem Antrian Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dengan Pendekatan Simulasi Menggunakan Software Arena, Fakultas Teknik, Universitas Setia Budi, Vol. 2 – No. 2; Mei 2014 Togar (2013), Simulasi Sistem Produksi Crude Palm Oil Pada PT.Perkebunan Nusantara XIII PMS Ngabang Menggunakan Metode Arena dan Pro Model, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura. Ir. Wahyudi Sarimun N., M.T 2011, Buku Saku Pelayanan Teknik, Penerbit Garamond, Depok. Materi Diklat Prajabatan SMK 2011, Pusat Pendidikan dan Pelatihan PT PLN (Persero), Jakarta. Distribusi Tegangan Menengah. http://oneforallindo.blogspot.co.id/2015/09/distribusi - tegangan- menengah.html (diakses tanggal 10 Juli 2017) Gangguan yang Terjadi pada Jaringan Distribusi. https://itsmen.wordpress.com/2012 /04/01/gangguan-yang-terjadi-pada-jaringan-distribusi/ (diakses tanggal 10 Juli 2017) Gangguan Sistem Distribusi. http://noenchandra.blogspot.co.id/2014/04/gangguan-sistem-distribusi.html. (diakses tanggal 10 Juli 2017) MCB sebagai Proteksi dan Pembatas Daya Listrik http://www.instalasilistrikrumah. com/mcb-sebagai-proteksi-dan-pembatas-daya-listrik/ (diakses 31 Juli 2017). Penanganan Gangguan MCB https://yantekbansel.wordpress.com/2012/10/29/ penanganan-gangguan-mcb/ (diakses 31 Juli 2017) Pengertian dan Prinsip Kerja MCB (Miniature Circuit Breaker) citation: PERKASA ALAM, MUHAMMAD and Fitra, Fitra and Rahmi, Hanifatul (2018) SIMULASI PENCAPAIAN TARGET SLA (SERVICE LEVEL AGREEMENT) PENYELESAIAN GANGGUAN MCB PT PLN (PERSERO) RAYON DUMAI KOTA. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/92/1/9.%20BAB%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/92/2/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20TA.docx