TY - UNPB ID - sttdumai92 EP - 3 A1 - PERKASA ALAM, MUHAMMAD A1 - Fitra, Fitra A1 - Rahmi, Hanifatul AV - restricted N2 - PT PLN (Persero) Rayon Dumai Kota merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang energi listrik. Pelayanan teknik pada PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) (Persero) Rayon Dumai Kota memiliki 6 indikator jenis gangguan yang dalam penyelesaiannya harus sesuai dengan standar waktu yang telah ditentukan dalam SLA (Service Level Agreement). Akan tetapi selama 5 bulan berturut-turut terhitung dari Januari-Mei 2017 pelayanan gangguan MCB tidak pernah sesuai dengan standar waktu yang telah ditentukan manajemen PLN. Sehingga berakibat pada buruknya pelayanan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penilitian untuk menentukan model simulasi antrian yang optimal untuk memperbaiki waktu pelayanan dengan Software Arena. Hasil analisis skenario perbaikan memperlihatkan bahwa skenario 2 dengan menambahkan 1 regu atau server menghasilkan waktu tunggu yang mendekati target yang diinginkan oleh perusahaan sehingga skenario 2 menjadi usulan untuk perbaikan dalam penelitian ini. Meskipun nilai rata-rata waktu proses tanggal 6 Juni 2017 melebihi target sebesar 49 menit. Namun, waktu rata-rata skenario 2 masih mendekati waktu target yang diinginkan perusahaan. UR - http://repository.sttdumai.ac.id/92/ Y1 - 2018/12/05/ TI - SIMULASI PENCAPAIAN TARGET SLA (SERVICE LEVEL AGREEMENT) PENYELESAIAN GANGGUAN MCB PT PLN (PERSERO) RAYON DUMAI KOTA M1 - other PB - Sekolah Tinggi Teknologi Dumai KW - Pelayanan Teknik KW - Antrian KW - Gangguan MCB KW - Software Arena ER -