eprintid: 87 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/00/87 datestamp: 2020-06-11 03:07:49 lastmod: 2021-10-21 10:03:50 status_changed: 2020-06-11 03:07:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AL ARIF L, IKROM creators_name: Yusrizal, Yusrizal creators_name: Azmi, Azmi creators_id: NIM. 1426201044 creators_id: NIDN1021016401 creators_id: NIDN 1003119002 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yusrizal, Yusrizal contributors_name: Azmi, Azmi contributors_id: NIDN1021016401 contributors_id: NIDN 1003119002 title: PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN USAHA RETAIL DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Strategi pemasaran, retail, SWOT dan AHP abstract: Retail merupakan kegiatan bisnis perdagangan (penjualan barang atau jasa) yang langsung disalurkan kepada konsumen akhir untuk digunakan sebagai kebutuhan pribadi, keluarga atau keperluan rumah tangga. banyak pelaku usaha retail menutup gerai usahanya yang pada intinya produk yang mereka tawarkan makin lama semakin mengalami penurunan. Dari permasalahan di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai perencanaan strategi pemasaran di toko Budi yang merupakan salah satu toko retail yang berada di jalan Jendral Sudirman no. 309 Kota Dumai, dengan menggunakan kombinasi metode SWOT dan AHP. Hasil dari metode SWOT diketahui bahwa posisi toko budi berada pada kuadran II dengan total skor IFE = 1 dan EFE = -0,39, setelah itu disusunlah empat alternatif strategi diantaranya kerjasama promosi, pemasaran online, pelayanan konsumen yang loyal, dan memperbaiki Struktur manajemen, lalu dilanjutkan dengan metode AHP sehingga di dapatlah alternatif prioritas yaitu kerjasama promosi dengan bobot 0,15, pemasaran online dengan bobot 0,49, pelayanan konsumen yang loyal dengan bobot 0,23, dan memperbaiki Struktur manajemen dengan bobot 0,12. Kesimpulan dari penelitian ini adalah membuat pemasaran online melalui media sosial dan website yang memper olah nilai tertinggi dengan bobot 0,49 date: 2018-12-05 date_type: completed pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Bungin, Burhan, 2013, Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainny, Prenada Media Grup Jakarta Delmayuni, A., Hubeis, M., dan Cahyadi, E.R., 2017, Strategi Peningkatan Umkm Pangan Di Palemban, Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, Vol. 11, No. 1, Juli, 2017 Ghozali, Imam, 2009, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, UNDIP Semarang. Hardiyansyah, A., Ikhwana, A., Kurniawati, R., 2015,Analisis Strategi Peemasaran Usaha Mie Basah : Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Teknologi Garut, ISSN: 2302-7320. Vol. 15, No. 1, 2015 Khadijah, T., Siti, I., dan Utama, S.P., 2016, Strategi Pemasaran Teh Hitam Merk “Alam Dempo” Pada CV.Karya Sejahtera Pagar Alam, ISSN: 1412-8837. AGRISEB, Vol. 13, No. 2 Kotler, Philip, dan Garry .A., 2002, Manajemen Pemasaran Diterjemahkan Oleh Hendra Teguh, PT. Prenhallindo Jakarta Lexy, J., Moleong, 2001, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya Bandung Porter, Michael. E., 2008, Strategi Bersaing (Competitive Strategy), Karisma Publishing Group Tanggerang Priyatno, Duwi, 2016, Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS, Gava Media Yogyakarta Purnama, S., Najib, 2014, Strategi Peningkatan Pemasaran Mangga di Pasar Internasional (The Enhamcement Strategies For Indonesian Mango Marketing In Internasional Market), J.Hort, 24(1):85-93,2014 Rangkuti, Freddy, 2009, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Utama Jakarta Saaaty, Thomaas, L., 1993, Metode Penelitian Kualitatif, PT.Remaja Rosdakarya Bandung Setyadin, Gunawan, (2013:160), http://repository.upi.edu, diakses dari laman web tanggal 2 Agustus 2018 Sitinjak, J.R.T., Sugiharto, 2016, Lisrel, Graha Ilmu Yogyakarta Stanton, William, J., 2003, Prinsip Pemasaran (Terjemahan), Erlangga Jakarta Tias, Sampik, Krisning, Dan Chriswahyudi, 2017, Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Matrik IE, SWOT dan AHP Untuk Mendapatkan Alteratif Strategi Prioritas, Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2017, ISSN:2460-8416 Utama, B.C., 2017, Strategi Pengoptimalan Pencapaian Program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera Pada Direktorat Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Jurnal Niara 2017, Vol. 9, No.2 citation: AL ARIF L, IKROM and Yusrizal, Yusrizal and Azmi, Azmi (2018) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN USAHA RETAIL DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/87/1/BAB%20I%20PENDAHULUAN.doc document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/87/2/DAFTAR%20PUSTAKA.doc