%0 Thesis %9 Other %A AL ARIF L, IKROM %A Yusrizal, Yusrizal %A Azmi, Azmi %B Teknik Industri %D 2018 %F sttdumai:87 %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %K Strategi pemasaran, retail, SWOT dan AHP %P 5 %T PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN USAHA RETAIL DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) %U http://repository.sttdumai.ac.id/87/ %X Retail merupakan kegiatan bisnis perdagangan (penjualan barang atau jasa) yang langsung disalurkan kepada konsumen akhir untuk digunakan sebagai kebutuhan pribadi, keluarga atau keperluan rumah tangga. banyak pelaku usaha retail menutup gerai usahanya yang pada intinya produk yang mereka tawarkan makin lama semakin mengalami penurunan. Dari permasalahan di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai perencanaan strategi pemasaran di toko Budi yang merupakan salah satu toko retail yang berada di jalan Jendral Sudirman no. 309 Kota Dumai, dengan menggunakan kombinasi metode SWOT dan AHP. Hasil dari metode SWOT diketahui bahwa posisi toko budi berada pada kuadran II dengan total skor IFE = 1 dan EFE = -0,39, setelah itu disusunlah empat alternatif strategi diantaranya kerjasama promosi, pemasaran online, pelayanan konsumen yang loyal, dan memperbaiki Struktur manajemen, lalu dilanjutkan dengan metode AHP sehingga di dapatlah alternatif prioritas yaitu kerjasama promosi dengan bobot 0,15, pemasaran online dengan bobot 0,49, pelayanan konsumen yang loyal dengan bobot 0,23, dan memperbaiki Struktur manajemen dengan bobot 0,12. Kesimpulan dari penelitian ini adalah membuat pemasaran online melalui media sosial dan website yang memper olah nilai tertinggi dengan bobot 0,49