eprintid: 86 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/00/86 datestamp: 2020-06-11 02:50:46 lastmod: 2021-10-21 10:47:11 status_changed: 2020-06-11 02:50:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MANURUNG, EVA HERIANTY creators_name: Melliana, Melliana creators_name: Mesra, Trisna creators_id: Email:evaherianty@gmail.com NIM. 1426201241 creators_id: NIDN 1021017201 creators_id: NIDN1012067401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Melliana, Melliana contributors_name: Mesra, Trisna contributors_id: NIDN 1021017201 contributors_id: NIDN1012067401 corp_creators: Dr. Melliana, S.T., M.M, title: PENERAPAN METODE ANTRIAN PADA KAPAL BONGKAR MUAT DI PT PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO) DUMAI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Kapal, Single Channel Single Phase, Sistem Antrian. abstract: PT Pelindo I Cabang Dumai merupakan salah satu pelabuhan terbesar di wilayah Indonesia bagian Barat dan melayani berbagai kegiatan bongkar muat baik lokal maupun internasional. Memiliki fasilitas dermaga dengan peruntukan khusus (general cargo, curah cair, curah kering dan peti kemas) serta dilengkapi dengan sarana pendukung seperti lapangan dan gudang penumpukan serta bebagai jenis peralatan bongkar muat. Proses penyandaran kapal yang akan mempengaruhi antrian kapal yang akan masuk atau keluar dari pelabuhan. Sering kali dalam proses masuknya kapal dari laut (morong) mengalami keterlambatan yang disebabkan oleh kurangnya pelayanan kapal pandu, dan tidak adanya peluang kapal langsung sandar. Untuk itu, dilakukan sistem antrian menggunakan model Single Channel Single Phase yaitu satu antrian satu pelayanan untuk studi kasus sistem antrian dan waktu yang digunakan dalam pelayanan kapal, perhitungan masing-masing waktu antrian yang telah dilakukan maka dapat hasil dari tingkat kedatangan (λ) adalah 0.0770 Kapal/Jam, tingkat pelayanan (μ ) adalah 0.3459 Kapal/Jam. Rata-rata kapal yang antri dalam sistem (Ls) sebesar 28,63 % kapal, Rata-rata kapal yang antri dalam antrian (La) sebesar 6,37% Kapal, Peluang terjadinya jumlah kapal dalam antrian (Pn) adalah 17%, Rata-rata waktu kapal yang menunggu dalam sistem (Ws) adalah 3,7182 Jam, Rata-rata waktu kapal yang menunggu dalam antrian (Wa) adalah 0.8276 Jam dan tingkat Kesibukan server (K) adalah ± sebesar 22%, tingkat pengangguran server (W) adalah ± sebesar 78%. Setelah dilakukan perhitungan dengan model Single Channel Single Phase, hasil yang didapat yaitu dengan melihat tingkat kesibukan tidak terlalu besar maka dengan kapal pandu yang berjumlah 7 kapal bisa dioptimalkan lagi sistem pelayanan kapal dari morong ke pelabuhan (labuh) agar tidak terjadinya antrian yang panjang. date: 2018-12-05 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Asgara dan Hartono, 2014, Analisis Efektifitas Mesin Overhead Crane dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) di PT. BTU, Divisi Boarding Bridge, INASEA, Vol. 15 No.1, April 2014: 62-70. Hariyanto dan Handayani, 2017, Total Productive Maintenance Pada Chiper Area Jurnal Teknik, Volume 13 Nomor 02 – Juli 2015 – ISSN : 1412-1867 Iswardi dan Sayuti, 2016, Analisis Produktivitas Perawatan Mesin dengan Metode TPM (Total Productive Maintenance) Pada Mesin Mixing Section, ISSN : 2337-694, Vol. 4. No. 2. Kholil dan Mulya, 2013, Perhitungan OEE (Overall Equipment Effectivenes) Pada Mesin Trupunch V 5000 I Menuju Total Productive Maintenance (TPM), Jurnal Skripsi – September 2013 Nurfaizah, dkk, 2014, Rancangan Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Di Bagian Press II PT. XYZ. No.01, Vol.01 Pyzdek, T, 2002. The Six Sigma Hand Book Panduan Lengkap Untuk Greenbelts, Blackbelts, dan Manajer Semua Tingkat. Salemba Empat. Jakarta Rinawati dan Dewi, 2014, Analisis Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Menggunakan Overall Equipment Efectiveness (OEE) Dan Six Big Losses Pada Mesin Cavitec di PT. Essentra Surabaya, ISBN: 978-602-1180-04-4 Winarno dan Anggit, 2016, Analisis Performance Maintenance pada Crane Kato 35 Ton dengan Metode Total Productive Maintenance di PT. Shinko Plantech, Jurnal Teknik Volume 5 Nomor 01 2016 citation: MANURUNG, EVA HERIANTY and Melliana, Melliana and Mesra, Trisna (2018) PENERAPAN METODE ANTRIAN PADA KAPAL BONGKAR MUAT DI PT PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO) DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/86/1/BAB%201%20Sidang.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/86/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx