eprintid: 84 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/00/84 datestamp: 2020-06-10 06:59:28 lastmod: 2021-10-21 11:01:18 status_changed: 2020-06-10 06:59:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RAMADHANI, ELFEBRIAN creators_name: S, Juni creators_name: Yusrizal, Yusrizal creators_id: NIM 1326201057 creators_id: NIDN 1002067601 creators_id: NIDN1021016401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: S, Juni contributors_name: Yusrizal, Yusrizal contributors_id: NIDN 1002067601 contributors_id: NIDN1021016401 title: STRATEGI PENGEMBANGAN UKM CAIRAN PEMUTIH REKLIN DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN AHP DAN MATRIKS PERUMUSAN STRATEGI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Strategi, Pengembangan, UKM, Matriks Perumusan Strategi, AHP abstract: Penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis adalah penelitian terhadap sebuah UKM dengan merk dagang Reklin, yang telah berdiri sejak 14 juli 1996 di Kota Dumai, Provinsi Riau. Namun perkembangan usahanya belum baik, bahkan terancam tutup. Banyak kendala yang dihadapi UKM Reklin seperti promosi produk yang kurang efektif, adopsi teknologi yang lambat, dan keterbatasan modal sehingga UKM sulit berkembang. Kondisi tersebut sangat memprihatinkan mengingat pangsa pasar yang masih terbuka dan lamanya perusahaan telah berdiri, sehingga perlu dirancang strategi yang tepat demi pengembangan UKM Reklin di Kota Dumai menggunakan AHP (Analytic Hierarchy Process) dan matriks perumusan strategi. Penelitian pada skripsi ini dimulai dengan wawancara pra penelitian terhadap pimpinan UKM Reklin untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal UKM Reklin, kemudian hasil identifikasi dijadikan input kuesioner pada tahap input menggunakan comparative judgement, perhitungan hasil kuesioner menggunakan Expert Choice V11 yang bertujuan untuk mendapatkan nilai bobot matriks IFE dan matriks EFE, dari hasil input yang didapatkan kemudian dilakukan analisis matriks IE dan SWOT pada tahap pencocokan. Hasil kuesioner comparative judgement terhadap kriteria SWOT dan alternatif IE yang diolah menggunakan Expert Choice V11 mendapatkan hasil alternatif strategi IE terpilih adalah pengembangan produk yang mendapatkan bobot prioritas tertinggi sebesar 46.3 kriteria SWOT yang mendapatkan bobot tertinggi secara berturut adalah “Memilih alternatif supplier bahan baku kemasan dan membagi pesanan antar supplier bahan baku kemasan” mendapatkan bobot sebesar 0.134, “Menambah variant beraroma pada produk Reklin” mendapatkan bobot sebesar 0.103, “Melakukan inovasi terhadap proses pengolahan produk, kemasan produk dan peningkatan kualitas produk agar produk memiliki daya tarik yang tinggi” mendapatkan bobot sebesar 0.098. date: 2018-12-05 date_type: completed pages: 89 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Afni Evalia, Nur., 2015, Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Semut Aren, Universitas Andalas, Jurnal Manajemen dan Agribisnis, Vol. 12 No. 1. Asmarantaka, Aris., dkk., 2013, Analisis Strategi Pengembangan Usaha Bandrek Lampung Pada Unit Usaha THP Herbalist, Universitas Lampung JIIA, VOLUME 1 No. 3, JULI 2013. Banriadi Munir, Jauhar., dkk., 2015, Strategi Pengembangan UKM Tepung Mocaf CV. Karunia Maha Cipta Menggunakan Matriks Perumusan Strategi, ITENAS 2015, ISSN: 2338-5081. David, Fred R., Manajemen Strategi Konsep. Edisi Ke-12. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2009. Dewi Saputri, Eni., 2011, Perancangan Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode SWOT Analysis di perusahaan abon Diamon Ampel Boyolali, http://perpustakaan.uns.ac.id . Ikhsan, Sadik., Aid, Artahnan., 2011, Analisis SWOT Untuk Merumuskan Strategi Pengembangan Komoditas Karet Di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Jurnal Agribisnis Perdesaan Vol. 1. No. 3. Puspita Mediana, Jessica., 2014, Analisis Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Daya Saing PT Fajar Dina Abadi, http://thesis.binus.ac.id . Meilani, Difana., Febrinaldo, Roby., 2016, Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Produk Olahan Coklat, ISSN : 2085-9902. Puspasari, Paramitha., 2012, Analisis Strategi Bisnis Pada PT Kansai Prakarsa Coatings Untuk Menghadapi Persaingan Bisnis di Indonesia, http://thesis.binus.ac.id . Setiawan, Agus., dkk., 2015, Strategi Pengembangan UKM Pengolahan Kulit Sapi di Kabupaten Garut Menggunakan Matriks Perumusan Strategi, ITENAS 2015, ISSN: 2338-5081. Suhartini, 2012. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. Jurnal Matrik Teknik Industri Unversitas Muhammadiyah Gresik Vol. 12 No. 2, ISSN: 1693-5128 Taofik Iswanto, Den Agung., 2015, Strategi Pengembangan UKM Batik Garutan RM Menggunakan Matriks Perumusan Strategi, ITENAS 2015, ISSN: 2338-5081 Tambunan, Tulus, T.H. 2002, Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia Beberapa Isu Penting. Jakarta: Penerbit PT Salemba Empat Winata, Fandi., 2010, Analisis Strategi Bisnis PT ZUG Industry Indonesia. http://thesis.binus.ac.id citation: RAMADHANI, ELFEBRIAN and S, Juni and Yusrizal, Yusrizal (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN UKM CAIRAN PEMUTIH REKLIN DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN AHP DAN MATRIKS PERUMUSAN STRATEGI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/84/1/DAFTAR%20PUSTAKA.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/84/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx