eprintid: 784 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/07/84 datestamp: 2024-05-21 12:32:04 lastmod: 2024-05-21 12:32:04 status_changed: 2024-05-21 12:32:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUSAIYID, ABU DZAR creators_name: Desyanti, Desyanti creators_name: Sari, Febrina creators_id: NIM. 1955201021 creators_id: NIDN 1020078801 creators_id: NIDN 1014029101 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Desyanti, Desyanti contributors_name: Sari, Febrina contributors_id: NIDN 1020078801 contributors_id: NIDN 1014029101 title: MENGUKUR TINGKAT LITERASI & NUMERASI SISWA SDN 007 BAGAN BESAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Menentukan, Literasi dan Numerasi, SISWA, SPK, SMART abstract: Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin cepat secara langsung berdampak pada manusia termasuk di dunia pendidikan. Dunia pendidikan saat ini ikut mengambil bagian dalam pertumbuhan teknologi, informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitasnya terutama pendidikan di Indonesia. Dalam proses pendidikan di Indoneisa ada 2 hal penting yang perlu diperhatikan yaitu tingkat literasi dan numerasi. Dalam proses pembelajaran di kelas terutama di SDN 007 Bagan Besar masih banyak siswa yang terlihat kebingungan bahkan hanya mengangguk paham ketika diberikan penjelasan tetapi tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Karena ada beberapa kesulitan tersebut pihak sekolah ingin menentukan tingkat kemampuan dari masing-masing siswa agar bisa diberikan treatment tertentu dan dalam penilaiannya harus dilakukan berdasarkan indeks dari KEMENDIKBUDRISTEK dengan cara menjawab pertanyaan sesuai kriteria yang ada. Ternyata dalam penerapannya masih terdapat ambigu karena tidak tersedianya media untuk menentukan tingkat literasi dan numerasi yang sesuai sehingga menyulitkan pihak sekolah terutama guru untuk menentukan kemampuan dari masing-masing siswa. Model metode pembuatan atau pengembangan sistem yang digunakan adalah model waterfall dan perancangan sistem dengan UML. Pembuatan dan pengkodingan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan basis data adalah MySQL. Hasil penelitian ini bahwa sistem memudahkan pihak Sekolah dalam menentukan tingkat literasi dan numerasi dari masing-masing siswa dalam proses pembelajaran disekolah. Sistem ini dapat memberikan beberapa kelebihan dibandingkan dengan sistem yang sedang berjalan saat ini, seperti pada saat menentukan kategori dari masing-masing siswa lebih cepat dan efektif. date: 2023-09-20 date_type: completed pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Agustini & Kurniawan. (2019). Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(3), 154–159. Alessandro Del Sole. (2016). Visual Studio Code Succinctly. Syncfusion Inc. Alya Fayza, A., Mulyadi Nugraha, D., & Artikel, I. (2021). PENGARUH LITERASI TERHADAP PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN PKN. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony Andriyawan, I., Asmarajati, D., & Suwondo, A. (2023). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN INSTRUMEN INVESTASI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART). 2(1). https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/biner A.S & Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. (Penerbit Informatika, 2018). Diana. (2020). Metode & Aplikasi SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN. DEEPUBLISH. Enterprise jubilee, & agung gregorius. (2018). HTML, PHP, dan MySQL untuk Pemula (Vol. 200). Elex Media Komputindo. Fhuza, A., Akbar, R., Tasmara, S., & Simpa, Z. Y. (2022). Penerapan Metode SMART Dalam Menentukan Metode Pembelajaran Terbaik Pada Tingkat SMA. https://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). PENGARUH NEW NORMAL DITENGAH PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGELOLAHAN SEKOLAH DAN PESERTA DIDIK. 4(2). Ifrida, F., Huda, M., Joko Prayitno, H., & Purnomo, E. (n.d.). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di… Vol (3) (1) (2023) 1-12 e-Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94 Kurnia, H., Fitriyani Khusna Widayanti, dan, Perintis Kemerdekaan, J., Yogyakarta, K., Menengah Pertama Muhammadiyah, S., Jl Purbayan, Y., & Kotagede, K. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER KEPANDUAN HIZBUL WATHON TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. In AoEJ: Academy of Education Journal (Vol. 10, Nomor 2). Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993 Saputra, A. & Ismail, T (2022). TEKNIK PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI PADA SMK NEGERI 1 AIR KUMBANG MENGGUNAKAN METODE SMART. Sarosa, S. Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. (Indeks Jakarra Permata Puri Media, 2017). Setia buana, I. . (2014). Jago Pemograman PHP untuk pemula dan orang awam. Dunia Komputer. Simamora, B. (2022). SKALA LIKERT, BIAS PENGGUNAAN DAN JALAN KELUARNYA. citation: MUSAIYID, ABU DZAR and Desyanti, Desyanti and Sari, Febrina (2023) MENGUKUR TINGKAT LITERASI & NUMERASI SISWA SDN 007 BAGAN BESAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/784/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/784/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx