eprintid: 780 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/07/80 datestamp: 2024-05-15 09:56:45 lastmod: 2024-05-15 09:56:45 status_changed: 2024-05-15 09:56:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NADILA, NADILA creators_name: Suhaidi, Mustazzihim creators_name: Sellyana, Ari creators_id: NIM 1855201024 creators_id: NIDN1009098702 creators_id: NIDN 1022028103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhaidi, Mustazzihim contributors_name: Sellyana, Ari contributors_id: NIDN 1009098702 contributors_id: NIDN 1022028103 title: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX ispublished: pub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Animasi, Unity abstract: Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Dan juga media adalah suatu hal yang dipakai untuk merangsang pikiran, kemauan dan perhatian peserta didik untuk mendorong kegiatan belajar. Media juga dapat dijadikan sebagai cara untuk menyalurkan pesan materi kepada peserta didik. Saat ini, di MTSN 1 Dumai, salah satunya pelajaran Bahasa Indonesia masih menggunakan metode pembelajaran dalam bentuk penyampaian materi secara manual atau masih menggunakan buku. Berdasarkan hal itu, penulis berinisiatif untuk membuat sebuah media pembelajaran yang berupa aplikasi dan terdapat video animasi tentunya dan juga kuis menggunakan unity. Berdasarkan hasil yang telah diuji, aplikasi ini cukup disukai para murid karena bias melihat kapanpun ia mau. date: 2023-10-11 date_type: published pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Al-Bahra, 2013, "Analisis dan Desain Sistem informasi". Graha Ilmu, Yogyakarta Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839 Andi, 2018, “Adobe Audition CS 6”, Yogyakarta. A.S, Rosa (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan BerorientasiObjek. Informatika. Bandung. Armanda, A. F., & Rizqi, M. (2020). Game 3d Perjuangan Rakyat Surabaya Dalam Pertempuran 10 November 1945 Dengan Belanda Menggunakan Unreal Engine. Journal of Animation and Games Studies, 6(2), 87–96. https://doi.org/10.24821/jags.v6i2.4072 Chandra, 2006, “Adobe Premier Pro Untuk Orang Awam”, Maxikom Palembang. Juansyah. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Android, 9(2), 27–38. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 2(2), 105-111. Komputer, Wahana. 2013, "Adobe Premier Pro CS6", Semarang Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866 Maryati, 2018, “Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Dengan Menggunakan Komputer Multimedia”, ISSN 1979-9330, Vol.5 No.1-2013, 22. Fakultas Teknik, Teknik Informatika, Universitas Surakarta. Munawar, 2018, "Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan Uml" , Informatika, Bandung. Novitasari, Fifi, Yulia Djahir, and Siti Fatimah. 2018. “Pengaruh Media Adobe Illustrator Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Srijaya Negara.” Jurnal Profit 2(1): 63. Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.113-120 Riskawati, R., Tjandi, Y., & Mappeasse, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Animate Untuk Anak Disleksia di SMPN 2 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Ojs.Unm.Ac.Id, 17(2), 17–20. https://ojs.unm.ac.id/mediaTIK/article/view/21366 Ramadhona EW, Prasetya T, Purnamasari AI, Dikananda AR, Nurdiawan O. Game Edukasi “Nihongo Kurabu” Belajar Bahasa Menggunakan Unity 2d Berbasis Android. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management. 2022;6(1):71. doi:10.51211/imbi.v6i1.1684 Sumarli, C. O., & Kurnianto, A. (2018). Developing Karakter Animasi Berbasis Kudapan Khas Tionghoa. Jurnal Desain, 5(03), 162. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2170 Setiawan, Eko B., & Ramdany, Angga T. “Membangun Aplikasi Android Web Dan Web Service”, Informatika, Bandung. Susetyo, A. M., & Jember, U. M. (2020). Pengembangan media pembelajaran untuk mata kuliah bahasa indonesia berbasis android. 1–9. Tk DI, Hasanah R. MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN UNITY. 2020;1(1):208-217. citation: NADILA, NADILA and Suhaidi, Mustazzihim and Sellyana, Ari (2023) MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/780/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/780/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx