eprintid: 764 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/07/64 datestamp: 2024-02-06 10:35:46 lastmod: 2024-02-06 10:35:46 status_changed: 2024-02-06 10:35:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ASNIAH, MEGA creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Sellyana, Ari creators_id: NIM 1955201076 creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN 1022028103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Sellyana, Ari contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN 1022028103 title: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VB SDN 002 BASILAM BARU DUMAI ispublished: pub subjects: ZA4450 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Media pembelajaran, Matematika, Multimedia abstract: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek termasuk dalam dunia pendidikan. Di era digital seperti sekarang ini, guru dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengenalan teknologi kepada siswa Dalam pembelajaran matematika, terlihat siswa mengalami kesulitan memahami konsep-konsep yang diajarkan oleh guru. Metode pembelajaran yang sering dilakukan guru yaitu dengan cara menerangkan materi di dalam kelas dan hanya menggunakan media papan tulis dan buku LKS, oleh sebab itu perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Pengembangan lebih lanjut dalam pengenalan konsep matematika pada siswa kelas V perlu ditingkatkan menjadi lebih menarik dan efektif. Studi pustaka dilakukan dengan mencari referensi serta mempelajari buku – buku dan literatur (situs internet) lainnya Penulis melakukan wawancara kepada wali kelas 5B ibuk Aisah, S.Pd. Dengan cara mengajukan tanya jawab seputar pembelajaran Matematika sehingga memperoleh catatan – catatan dokumentasi atau agenda lainnya. Penelitian mengamati secara langsung pelaksanaan dalam mengajarkan yang diteliti untuk memperoleh dan dan informasi yang berhubungan dengan objek yang diteliti. hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan adanya media pembelajaran interaktif ini, dapat membantu siswa dalam memahami materi matematika, dan memudahkan guru dalam menyajikan materi yang menarik kepada siswa. Media pembelajaran interaktif ini dapat membantu guru dalam memberikan metode pembelajaran kepada siswa, agar siswa lebih mudah memahami bentuk bentuk bangun ruang dan pengumpulan penyajian data. date: 2023-09-18 date_type: completed pages: 7 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Andi. (2014). Adobe Audition CS6. Arina, D., Mujiwati, E. S., Kurnia, I., & Artikel, I. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEBELAJARAN. 1(76), 168–175. A.S, Rosa (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objeek. Informatika Bandung Budiman,E. (2015). Belajar Dasar Algoritma & Pemograman. Pemula Komputindo. Danny, G., Yuliati, T., & Pratiwi, M. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Jutekinf (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 10(1), 1–5. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.352 Enterprise, J. (2017). Trik Cepat Menguasai Adobe After Effects. Jakarta Enterprise, J. (2017). Panduan Adobe Animate. Elex Media Komputindo Febriansyah, M. F., & Sumaryana, Y. (2021). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle ( MDLC ). 2, 61–68. Hardiansyah, A., & Mauliana, P. (2021). Aplikasi Game Edukasi Mengenal Pahlawan Indonesia Berbasis Android Pada SDN Ciburuy. E-Prosiding Teknik Informatika, 2(2), 45–52. Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866 Madcoms. (2020). Adobe Photoshop CS6 Untuk Pemula. Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29261 Suryanti, A., Nurrahman, F., Studi, P., Dasar, P., Ganesha, U. P., Studi, P., & Informatika, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENERGI ALTERNATIF BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha STMIK STIKOM Indonesia. 11. Tarigan, R. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Sepren, 2(2), 17–22. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508 Toha, A. F. M., & Khasanah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(2), 145–156. https://doi.org/10.31599/jki.v20i2.120 Yunita, R., Arimadona, S., Informasi, S., Komputer, T., Tinggi, S., Payakumbuh, T., & Biologi, P. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF KELAS 3. 5(1), 6–13. citation: ASNIAH, MEGA and Yuliati, Tri and Sellyana, Ari (2023) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VB SDN 002 BASILAM BARU DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/764/1/BAB%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/764/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx