eprintid: 762 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/07/62 datestamp: 2024-01-23 13:18:08 lastmod: 2024-01-23 13:18:08 status_changed: 2024-01-23 13:18:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PRATIWI, ARISTIKA creators_name: Handayani, Tri creators_name: Sellyana, Ari creators_id: NIM 1955201018 creators_id: NIDN 1007108702 creators_id: NIDN 1022028103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Handayani, Tri contributors_name: Sellyana, Ari contributors_id: NIDN 1007108702 contributors_id: NIDN 1022028103 title: ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN STUNTING (Studi Kasus : Puskesmas Bukit Kapur) ispublished: pub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Animasi, Media, MDLC, Stunting abstract: Stunting merupakan suatu keadaan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya dan termasuk kondisi serius yang terjadi saat seseorang tidak mendapatkan asupan bergizi dalam jumlah yang tepat dalam waktu yang lama (kronik). Angka prevalensi di Indonesia tahun 2019 sebesar 27,67%. Prevalensi di atas 20% artinya belum mencapai target WHO (World Health Organization) yang dibawah 20%. Kasus ini semakin sering dan umum terjadi karenanya kurangnya kesadaran akan kebutuhan nutrisi dan kondisi kesehatan anak. Salah satu upaya untuk memperbaiki perilaku masyarakat adalah dengan proses penyuluhan tentang edukasi mengenai pentingnya pencegahan stunting. Peneliti merancang dan membuat suatu Media Interaktif berupa video Animasi sebagai sarana penyampaian kepada masyarakat agar mudah di mengerti. Peneliti menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam melakukan penelitian dengan tahapan seperti Konsep, Pengumpulan Materi, Pembuatan, Pengujian, Distribusi. Penelitian media edukasi ini dibuat dalam bentuk video animasi. Hasil dari pertanyaan kuisioner menunjukkan bahwa dari 20 orang responden yang masing-masing diberikan 10 pertanyaan. Didapatkan hasil nilai Indeks dari perhitungan adalah 85,7% dari total 100%, maka dapat disimpulkan bahwa responden “ SANGAT SETUJU” bahwa Animasi Interaktif ini bisa digunakan Sebagai Media Penyuluhan Stunting. Media Interaktif ini diharapkan dapat digunakan sebagai media edukasi yang menarik, mudah, cepat dimengerti oleh masyarakat. date: 2023-09-20 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Arianto, A., Pratiwi, F., & Adrianto, S. (2018). SATIN-Sains dan Teknologi Informasi Sistem Pengolahan Data Nilai Siswa Berstandar Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 2 Dumai (Vol. 4, Issue 1). http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id Arimaswati, S., Indriyani Nasruddin, N., Aritrina, P., & al Haddad, Y. (2022) Upaya Peningkatan Pengetahuan Masyarakat di Kecamatan Nambo Kota Kendari Penyuluhan Stunting . In Meambo (Vol. 1, Issue 2). https://pengabmas.nchat.id Arpiansah, R., Fernando, Y., & Fakhrurozi, J. (2021). Menggunakan Metode MDLC Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 88. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI A.S Rosa, & M Shalahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung. Enterprise, Jubilee. (2017). Trik Cepat Menguasai Adobe After Effects. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Enterprise, Jubilee. (2019). Adobe Premiere Pro dan CC untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Fitriyani, S. L., Rochmano, F. P., Diaz Cahyani, R., Rizqiya, F.(2022). Gizi, P. S., Kedokteran, F., Kesehatan, D., Jakarta, U. M., Dahlan, J. K. H. A., Cirendeu, K., Ciputat, T., & Selatan, K. T. (n.d.). Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat Penyuluhan Mengenai Cemara (Cegah Anemia Pada Remaja. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat Hasugian, P. S. (2018). “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi.” 3(1), 5. Tekni. (n.d.). Kurniati Tri Paskalia & Sunarti (2020). Stunting dan Pencegahannya (SST. , M. K. Andriyanto, Ed.). Komputer, Wahana. (2014). Adobe Audition CS6. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Komputer, Wahana. (2014). Desain Logo dengan Ilustrator dan Photoshop CS6. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Latifah, A., Fitriani, L., & Pratama, T. N. (n.d.) (2020). Media Pembelajaran Pencegahan Penyakit Stunting Pada Balita Berbasis Android. http://jurnal.sttgarut.ac.id/ Lutfi, Q., & Purnanti, K. D. (2021). Perbedaan Media Edukasi (Booklet dan video) Terhadap Ketrampilan Kader Dalam Indeks Dini Stunting (Vol. 3, Issue 1). http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/JSK/36. Meita Rumbayan, & Brave Angkasa Sugiarso. (2020). Animasi Interaktif Pembelajaran Energi Listrik Turbin Angin. Eknik Elektro Dan Komputer , 9(03), 171–180. citation: PRATIWI, ARISTIKA and Handayani, Tri and Sellyana, Ari (2023) ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN STUNTING (Studi Kasus : Puskesmas Bukit Kapur). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/762/1/5.%20BAB%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/762/2/10.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20-%20KUISIONER.docx