eprintid: 756 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/07/56 datestamp: 2024-01-15 11:14:05 lastmod: 2024-01-15 11:14:05 status_changed: 2024-01-15 11:14:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARIADI, ARVAN creators_name: Suhaidi, Mustazzihim creators_name: Sellyana, Ari creators_id: 1955201047 creators_id: NIDN1009098702 creators_id: NIDN 1022028103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhaidi, Mustazzihim contributors_name: Sellyana, Ari contributors_id: NIDN 1009098702 contributors_id: NIDN 1022028103 title: GAME EDUKASI INFINITY INVESTIGATION DENGAN MENGGUNAKAN UNITY ENGINE BERBASIS ANDROID DI KEJAKSAAN NEGERI DUMAI ispublished: pub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Android, investigasi, Edukasi, Game abstract: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong proses pembelajaran untuk lebih aplikatif dan menarik sebagai upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah aplikasi permainan atau game. Game bergenre edukasi dapat digunakan Kejaksaan Negeri Dumai yang berkedudukan di wilayah Kota Dumai menjadi salah satu media dalam mengadakan sosialisasi bertema digital forensik, khususnya pelajar SMA di Kota Dumai. Kurang efektifnya sosialisasi terlihat dari rendahnya minat dan antusias masyarakat akan sosialisasi yang diadakan Kejaksaan Negeri Dumai, khususnya di kalangan pelajar SMA di Kota Dumai. Kurang efektifnya sosialisasi bertema digital forensik yang diadakan Kejaksaan Negeri Dumai berupa pemaparan materi dengan menggunakan media PowerPoint menimbulkan kebosanan bagi siswa SMA dalam mengikuti kegiatan sosialisasi. Oleh karena, itu game edukasi bertema digital forensik dapat membantu Kejaksaan Negeri Dumai melakukan sosialisasi yang menarik dan interaktif dalam mengedukasi pelajar SMA terkait materi digital forensik di Kota Dumai. Dengan media game materi yang dikemas dalam bentuk permainan akan membuat siswa bersemangat dalam mengikuti seminar sosialisasi. Pada penelitian ini game dirancang dibangun menggunakan aplikasi Unity Enggine dan didesain menggunakan storyboard, storyline dan bagan alir Unified Modeling Language (UML). Dari hasil implementasi dapat disimpulkan bahwa dengan game edukasi dapat membantu Kejaksaan Negeri Dumai mengatasi ketidakefektifan sosialisasi bertema digital forensik. date: 2023-08-13 date_type: published pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Ahdan, S., Sucipto, A., & Agus Nurhuda, Y. (2019). Game untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak (Multiple Intelligence) Berbasis Android Game to Stimulate Children’s Multiple Intelligence Based on Android. Armanda, A. F., & Rizqi, M. (2020). Game 3d Perjuangan Rakyat Surabaya Dalam Pertempuran 10 November 1945 Dengan Belanda Menggunakan Unreal Engine. Journal of Animation and Games Studies, 6(2), 87–96. Arianto, A., Pratiwi, F., & Adrianto, S. (2018). SATIN-Sains dan Teknologi Informasi Sistem Pengolahan Data Nilai Siswa Berstandar Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 2 Dumai (Vol. 4, Issue 1). http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id A.S., Rosa & M., S. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Nazaruddin Ahmad (ed.); 1st ed.). Informatika Bandung. Hamadi, M. R., Lumenta, A. S., & Putro, M. D. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam. Jurnal Teknik Informatika, 12(1). Hidayat, S., Prayudi, Y., Informatika, M., Teknologi, F., Universitas, I., & Indonesia, I. (2022). Serious Game : Learning Digital Forensic Acquisition Techniques Serious Game : Pembelajaran Teknik Akuisisi Forensika Digital. 3(6), 1757–1764. Maharani, D., & Hotami, M. (2017). Rendering Video Advertising Dengan Adobe After Effects Dan Photoshop. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 2(2), 105-111. Mikael, S. (2012). Adobe After Effects CS5 (Hernita P (ed.); 1st ed.). Andi Offset. Muktitama, M. Y. (2019). Game Untuk Crime Scene Investigation (Studi Kasus Digital Evidence). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/20153%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/20153/08. naskah publikasi.pdf?sequence=12&isAllowed=y Mustika, N. K. P. W. (2021). Sistem Informasi Edukasi Pencegahan Covid-19 Pada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle Berbasis Android. Jurnal Elektro Luceat, 7(2), 1:7. http://118.97.29.116/index.php/jelekn/article/view/407 Nurdiana, D., & Suryadi, A. (2018). Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc. Jurnal Petik, 3(2), 39. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i2.149 Pradana, A. G. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “ AMUDRA ” Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 77–80. Ramadyanta, A. N., Sanjaya, A., & Widodo, D. W. (2021). Aplikasi Game Visual Novel Sebagai Alternatif Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Media Aplikasi Ren’py. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 111–118. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/914 Ramdhan, S., Tullah, R., & Janah, S. N. (2019). Iklan Animasi Stop Bullying pada SD Negeri Cibadak II Berbasis Multimedia. Jurnal Sisfotek Global, 9(2), 6–13. Rickman, R. (2014). Unity Tutorial Game Engine (Informatika (ed.); 1st ed.). Informatika Bandung. Rickman, R. (2014). Unity Tutorial Game Engine (Informatika (ed.); 1st ed.). Informatika Bandung. Rohmawati, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3907 Septian, D., Fatman, Y., Nur, S., Islam, U., & Bandung, N. (2021). Implementasi Mdlc (Multimedia Development Life Cycle) Dalam Pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab Safinah Sunda. Jurnal Computech & Bisnis, 15(1), 15–24. Siti Nuraini. (2018). Perangkat keras atau hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada didalamnya atau yang beroperasi di dalamnya dan dibedakan dengan perangkat lunak atau software yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam. Siti Nuraini, 1–15. Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.352 Tobing, fenina adline twice, Mustafa, siti maisaroh, & Hamami, M. (2017). Perancangan Sistem Informasi Jadwal Investigasi Expired Date Makanan dan Minuman. Sisfotek Global, 7(2), 7–12. Wahana, K. (2010). Adobe Illustrator CS4 (T. A. Prabawati (ed.); 1st ed.). Andi Offset. Wahana, K. (2013). Adobe Premiere Pro CS6 (Westriningsih (ed.); 1st ed.). Andi Offset. Wahana, K. (2014). Shortcourse Adobe Audition CS6 (Sri Ningsih (ed.); 1st ed.). Andi Offset. citation: ARIADI, ARVAN and Suhaidi, Mustazzihim and Sellyana, Ari (2023) GAME EDUKASI INFINITY INVESTIGATION DENGAN MENGGUNAKAN UNITY ENGINE BERBASIS ANDROID DI KEJAKSAAN NEGERI DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/756/2/BAB%201%20ARVAN.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/756/1/DAFTAR%20PUSTAKA%281%29.docx