eprintid: 754 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/07/54 datestamp: 2024-01-02 10:58:33 lastmod: 2024-01-02 10:58:33 status_changed: 2024-01-02 10:58:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KIRAWAN, HARI creators_name: Sellyana, Ari creators_name: Suhaidi, Mustazzihim creators_id: NIM 1955201015 creators_id: NIDN 1022028103 creators_id: NIDN1009098702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sellyana, Ari contributors_name: Suhaidi, Mustazzihim contributors_id: NIDN 1022028103 contributors_id: NIDN 1009098702 title: GAME MONOPOLY BAHAYA NARKOBA SEBAGAI MEDIA EDUKASI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : BNN KOTA DUMAI ispublished: pub subjects: Z665 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Game, Monopoly, Android, Edukasi abstract: Komunikasi antar perangkat komputer dan android serta jaringan dapat memberikan manfaat yang besar terutama dalam penyampaian informasi atau pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan dalam penyampaian informasi atau pembelajaran adalah permainan atau game. Informasi tentang bahaya narkoba yang di sajikan oleh BNN Kota Dumai terkadang membuat siswa/siswi kurang menarik dan membuat kurang tertarik. BNN Kota Dumai merupakan Lembaga yang bertugas mencegah dan memberantas penyalahgunaan Narkotika. BNN Kota Dumai dalam melaksanakan penyuluhan mengenai bahaya narkoba masih dalam bentuk kegiatan penyuluhan. Sehingga BNN Kota Dumai perlu adanya sesuatu yang menarik yang bisa dijadikan sebagai sarana pendukung dalam memberikan informasi berbasis multimedia. BNN Kota Dumai dalam melakukan penyuluhan mengenai bahaya narkoba masih menggunakan PowerPoint dimana masih kurang efektif dan membosankan. Secara langsung membuat siswa kurang minat mengikuti penyuluhan akan penyalahgunaan narkoba di Kota Dumai, terkhususnya di kalangan pelajar SMA di Kota Dumai. date: 2023-07-17 date_type: published pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A.S, R., & Shalahuddin, M. (2019). Rekayasa Perangkat Lunak (Edisi Revi). Informatika Bandung. Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Monopoly Learning Media: Education Media in Structure and Function of Plant Tissue Theory. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 6(1), 81–87. https://doi.org/10.36987/jpbn.v6i1.1559 Armanda, A. F., & Rizqi, M. (2020). Game 3d Perjuangan Rakyat Surabaya Dalam Pertempuran 10 November 1945 Dengan Belanda Menggunakan Unreal Engine. Journal of Animation and Games Studies, 6(2), 87–96. https://doi.org/10.24821/jags.v6i2.4072 Botello, C. (2014). Adobe Illustrator CS5 Revealed. CV Andi Offset. Chandra. (2016). Adobe Premiere Pro untuk orang awam. Maxikom. Chusyairi, A., Wibowo, J. S. L., & Winata, A. K. (2020). Game Gandrung Strories Untuk Edukasi Kebudayaan Menggunakan Metode GDLC. Jurnal Aplikasi Sistem Informasi Dan Informatika, 1(1), 67–75. Dhia, M. A. (2020). Pengembangan gim edukasi mengenai narkoba berbasis desktop. : : Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8(1), 8. Galih Pradana, A., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2019, 2(1), 49–53. Mongi, L. S., Lumenta, A. S. M., & Sambul, A. M. (2018). Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20191 Prabawati, T. (2017). Adobe After Effect CC (S. Sullstiyani (ed.)). CV Andi Offset. Putra, T. H., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Media Game Petualangan Geomat Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(1), 53–61. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.5387 Putri, N. E., Marwan, S., & Hariyono, T. (2016). Jurnal Edik Informatika APLIKASI BERBASIS MULTIMEDIA citation: KIRAWAN, HARI and Sellyana, Ari and Suhaidi, Mustazzihim (2023) GAME MONOPOLY BAHAYA NARKOBA SEBAGAI MEDIA EDUKASI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : BNN KOTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/754/1/BAB%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/754/2/DAFTAR%20PUSTAKA%20FIX.docx