TY - THES UR - http://repository.sttdumai.ac.id/753/ N2 - Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana yang merupakan kegiatan ekstrakulikuler wajib yang harus siswa ikuti di sekolah, dan memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian, keterampilan dan akhlak mulia kaum muda. Proses pembelajaran pramuka yang di laksanakan di SMAN 5 Dumai masih menggunakan buku saku yang memiliki tampilan sederharna dengan ukuran yang kecil dan akan berpotensi mengalami kehilangan sehingga membuat siswa/siswi kerepotan untuk harus membeli buku saku lagi. Peneliti merancang dan membuat suatu aplikasi pramuka berbasis android guna memudahkan para siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Peneliti menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam melakukan penelitian. Pengembangan metode MDLC ini di lakukan berdasarkan enam tahap, yaitu pengonsepan (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan pendistribusian (distribution). Media pembelajaran ini menghasilkan materi dalam bentuk video animasi dan dalam pembuatannya menggunakan Adobe Animate dengan bahasa pemograman action script 3.0. Evaluasi pengujian pada aplikasi media pembelajaran pramuka ini di lakukan dengan pengisian kuisioner penelitian yang berisikan 10 pertanyaan dan responden sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil perhitungan pengolahan data pada kuisioner, menghasilkan persentase sebesar 91,7% dan masuk ke dalam kategori sangat baik. Aplikasi ini di harapkan dapat membantu guru pramuka dan para siswa dalam proses kegiatan pembelajaran pramuka. PB - Sekolah Tinggi Teknologi Dumai TI - MEDIA PEMBELAJARAN PRAJA MUDA KARANA (PRAMUKA) BERBASIS ANDROID STUDI KASUS : SMAN 5 DUMAI ID - sttdumai753 KW - Android KW - Media Pembelajaran KW - Pramuka M1 - other A1 - RUZANA, YUSRINA A1 - Sellyana, Ari A1 - Handayani, Tri AV - restricted EP - 6 Y1 - 2023/08/06/ ER -