eprintid: 741 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/07/41 datestamp: 2023-11-01 11:10:28 lastmod: 2023-11-01 11:10:28 status_changed: 2023-11-01 11:10:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ZAMI, ZAM creators_name: Suhaidi, Mustazzihim creators_name: Sellyana, Ari creators_id: NIM 1855201016 creators_id: NIDN1009098702 creators_id: NIDN 1022028103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhaidi, Mustazzihim contributors_name: Sellyana, Ari contributors_id: NIDN 1009098702 contributors_id: NIDN 1022028103 title: MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 014 TANJUNG PALAS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY ispublished: pub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Waterfall, Seni Budaya, Media Pembelajaran, Android. abstract: Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya termasuk dalam bidang musik tradisional. Hampir setiap wilayah di Indonesia memiliki musik tradisional sendiri-sendiri yang dapat menjadi ciri khas wilayah tersebut. Saat ini di SMPN 014 Tanjung Palas Dumai pembelajaran Seni Budaya tidak menggunakan media, peserta didik masih terlihat tidak antusias dan kurang bersemangat dalam pembelajaran. Respon dan antusias peserta didik terhadap mata pelajaran Seni Budaya bisa ditingkatkan melalui suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan media video pembelajaran, karena dari setiap pembelajaran hanya ketika pembelajaran dengan media video banyak peserta didik yang memperhatikan dengan antusias. Oleh sebab itu, peneliti akan merancang dan membuat sebuah media pembelajaran yang menarik yaitu Media Pembelajaran Seni Budaya Di SMP Negeri 014 Tanjung Palas Berbasis Android Menggunakan Unity. Dengan adanya media media pemebelajaran ini dapat membantu meningkatkan ketertarikan dan semangat siswa dalam pelajaran Seni Budaya. Disini peneliti menggunakan metode Waterfall yang memiliki 5 tahap yaitu Perancanaan, Analisis, Desain, Pengkodean/Implementasi, dan Pengujian. Penerapan media ini dapat digunakan sebagai media interaktif yang menarik, dan dapat membantu siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. date: 2022-10-28 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Adiqro, A. F. (2018). Aplikasi Pembelajaran Menulis Permulaan Berbasis Android Menggunakan Unity 2D. J-Intech, 6(1), 53–62. Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010 Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8. Arif, Yunifa M., & Khoiruddin, H. 2022. Membangun Sistem Transaksi Game Multiplayer dengan Unity 3D. Jawa Timur : Penerbit Cerdas Ulet Kreatif. A.S, Rosa. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung. Darodjatun, R. M. I., & Wiguna, W. (2020). Pengembangan Edutainment Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity 2D Berbasis Mobile di RA Ash Shoffa. POTENSI (EProsiding Sistem Informasi), 1(1), 70–79. Enterprise, J. 2019. Adobe Premiere Pro dan CC untuk Pemula. Jakarta : Penerbit PT Elex Media Komputindo. Nari, J., Tulenan, V., Sentinuwo, S., Rindengan, Y., & Lantang, O. (2015). Perancangan Studio Musik Bambu Dengan Perspektif Animasi 3D. Jurnal Teknik Informatika, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.35793/jti.4.2.2014.6988 Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524 Rofifah, D. (2020). Pendidikan Seni Budaya. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26. Salamah, K. S., Kadarina, T. M., & Iklima, Z. (2020). Pengenalan Mit Inventor Untuk Siswa/I Di Wilayah Kembangan Utara. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(2), 5. https://doi.org/10.22441/jam.2020.v5.i2.002 Setiawan, D. M., & Wiguna, W. (2020). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Menggunakan Unity Di Tk Ryadlol Hasanah. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), 1(1), 208–217. http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti citation: ZAMI, ZAM and Suhaidi, Mustazzihim and Sellyana, Ari (2022) MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 014 TANJUNG PALAS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/741/1/REVISIBAB1.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/741/2/Daftar%20Pustaka%20Zami.docx