eprintid: 718 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/07/18 datestamp: 2023-08-11 07:45:42 lastmod: 2023-08-11 07:45:42 status_changed: 2023-08-11 07:45:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PRAYUDA, ANDIKA creators_name: Abrar, Aidil creators_name: Srihandayani, Susy creators_id: NIM : 1222201007 creators_id: NIDN 1013027202 creators_id: NIDN 1020047901 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Abrar, Aidil contributors_name: Srihandayani, Susy contributors_id: NIDN 1013027202 contributors_id: NIDN 1020047901 title: PENGARUH PENGUNAAN RUMBLE STRIP PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOSS) TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN ispublished: pub subjects: TA divisions: sch_civ full_text_status: restricted keywords: : Zona selamat sekolah (ZoSS), Kecepatan kendaraan, Volume kendaraan, Rumble strip. abstract: Angka kecelakaan di Indonesia tiap tahun cenderung meningkat, dengan jumlah korban kecelakaan usia anak sekolah yang cukup tinggi. Salah satu alternative untuk menangulangi permasalahan tersebut adalah dengan mengunakan Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Zoss didefinisikan sebagai lokasi di ruas jalan tertentu yang merupakan zona kecepatan berbasis waktu untuk mengatur kecepatan kendaraan di lingkungan sekolah. ZoSS didesain agar kendaraan yang melewati daerah tersebut berkecepatan rendah sehingga memberikan waktu reaksi antisipasi gerakan anak sekolah. Dilakukan perbandingan pada lokasi ZoSS di Kota Dumai yaitu SMAN 2 Dumai, SMAN 1 Dumai. Adapun yang di lakukan yaitu melakukan perbandingan kecepatan diarea ZoSS yang mengunakan rumble strip dan yang tidak menggunakan rumble strip, dari penelitian yang di lakukan bahwa kecepatan kendaraan di area ZoSS yang mengunakan ramble strip kecepatan kendaraannya 39,87 km/jam lokasi berada diSMAN 2 Dumai, Jl Putri tujuh, area ZoSS yang tidak mengunakan rumble strip kecepatan kendaraan yang di peroleh yaitu 41,42 km/jam. Lokasi berada diSMAN 1 Dumai Jl Seokarno Hatta, Dari hasil penelitian didapat kecepatan kendaraan di area ZoSS yang tidak memiliki rumble strip kecepatan lebih tinggi di banding kecepatan di area ZoSS yang mengunakan rumble strip, dari hasil perbandingan rata – rata kecepatan kendaraan masih melebihi standard yang seharusnya ≤ 25 km/jam. Sementara volume kendaraan yang melewati area ZoSS yang dominan yaitu sepeda motor (MC), kendaraan ringan (LV) dan Kendaraan berat (HV) sehingga perlu penambanahan ketebalan rumble strip untuk mengurangi kecepatan agar sesuai dengan standar perencanaan dan upaya untuk memberikan penyadaran terhadap keselamatan dijalan raya kepada masyarakat. date: 2016-11-02 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat. 2006, Uji Coba Penerapan Zona Selamat Sekolah di 11 (Sebelas) Kota di Pulau Jawa, Peraturan No.SK 3236/AJ403/DRJD/2006, Jakarta. Departemen Perhubungan. 1994, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 3 Tahun 1994 Tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan, Jakarta. Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia, 2009. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta. Departemen Perhubungan Republik Indonesia, 1993. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana Jalan Raya dan Lalu Lintas. Jakarta. Departemen Perhubungan Republik Indonesia, 2014. Peraturan Menteri Perhubungan No 13 tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas. Jakarta. Direktorat Jenderal Bina Marga dan Direktorat Jendral Pembinaan Jalan Kota. 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), PT Bina Karya, Jakarta. Direktorat Jenderal Bina Marga dan Direktorat Jendral Pembinaan Jalan Kota. 1990, Petunjuk Perencanaan Marka Jalan, No: 012/S/BNKT/1990, Jakarta. Khisty, C. J dan Lall, B. K. 2005, Dasar-dasar Rekayasa Transportasi, Penerbit Erlangga, Bandung. Wikipedia. 2013. Pelambatan Lalu Lintas, diakses pada tanggal 1 Agustus 2016, http://id.wikipedia.org/wiki/Pelambatan_lalu_lintas Wikibooks. 2013. Pelambatan Lalu Lintas, diakses pada tanggal 1 Agustus 2016, http://id.wikibooks.org/wiki/Manajemen_Lalu_Lintas/Pelambatan_lalu_lint as, citation: PRAYUDA, ANDIKA and Abrar, Aidil and Srihandayani, Susy (2016) PENGARUH PENGUNAAN RUMBLE STRIP PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOSS) TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/718/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/718/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx