%0 Thesis %9 Other %A JOHAN, FADLI %A Abrar, Aidil %A Putra, Syamsul Indra %B Teknik Sipil %D 2015 %F sttdumai:708 %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %K jembatan baja, pelat lantai, I girder, pelat pengaku, abutment, sayap abutment %P 4 %T Perawatan beton, kuat tekan beton. %U http://repository.sttdumai.ac.id/708/ %X Jembatan adalah penghubung rute lalu lintasan transportasi yang terputus baik oleh sungai, danau, rawa, selat, jalan raya, jelan kereta api dan perlintasan lainnya. Dari segi perekonomian jembatan dapat mengurangi biaya transportasi dan dari segi efisiensi waktu dengan adanya jembatan dapat mempersigkat waktu tempuh pada perjalanaan darat yang saling terpisah. Pada perencanaan struktur jembatan di Desa Darul Aman Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis ini mengacu pada beberapa peraturan seperti PPJR-1987 untuk menghitung pembebanan pelat lantai, gelagar dan abutment. Untuk menghitung struktur yang terdapat pada jembatan mengacu pada SKSNI T-15-2005, BMS 1991 dan PBI-1971 Dari hasil perhitungan dan analisi pada perencanaan jembatan di Desa Darul Aman di dapat hasil pelat lantai dan gelagar sebagai elemen struktur atas. Mutu beton yang digunakan fc’ = 20,75 Mpa. Mutu baja gelagar fy = 290 Mpa dan mutu baja tulangan fy = 240 Mpa. Abutment dan sayap abutment sebagai elemen struktur bawah. Mutu beton yang digunakan fc’ = 24,90 Mpa dan mutu baja tulangan fy = 240 Mpa. Beban yang dianalisis meliputi beban hidup dan beban mati.