%D 2011 %A DIAN MAYA SARI %A Harmendra Harmendra %A Ari Sellyana %T SISTEM PENGOLAHAN DATA PELAYANAN INAP TAMU PADA HOTEL MAYANG SURI DUMAI %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %L sttdumai688 %X Kualitas pelayanan terhadap konsumen merupakan faktor yang terpenting yang memiliki tingkat performansi tinggi terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan yang salah satunya jasa pelayanan hotel. Hotel Mayang Suri merupakan salah satu hotel yang mengutamakan pelayanan terbaik di kota Dumai dan memprioritaskan kepuasan pelanggan memberikan pelayanannya. Oleh karena itu, semua pihak terutama bagian operasional harus dapat melaksanakan pekerjaan secara terkoordinasi dalam melayani pengunjung. Terutama pada bagian resepsionis mempunyai peranan penting dalam hotel, karena pada bagian resepsionis ini terdapat pengolahan data dalam meregistrasi pengunjung dan menyajikan informasi yang dibutuhkan pengunjung. Hingga saat ini sistem pengolahan data di Hotel Mayang Suri ini masih manual, dimana dalam meregistrasi tamu masih menggunakan buku tamu dan menghitung biaya penginapan masih menggunakan kalkullator, sehinggaa memerlukan waktu yang lama. Dalam hal ini, dibutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi untuk Basic 6.0 dan Microsoft Acces 2003. %K Hotel, Tamu, Microsoft Acces 2003 Microsoft Visual Basic 6.0