eprintid: 649 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/06/49 datestamp: 2023-05-25 13:15:58 lastmod: 2023-05-25 13:15:58 status_changed: 2023-05-25 13:15:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DJAILANI, MUHAMMAD creators_name: Abdillah, Nuryasin creators_name: Lisya, Mutia creators_id: NIM. 1622201009 creators_id: NIDN 1031106601 creators_id: NIDN. 1005069601 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Abdillah, Nuryasin contributors_name: Lisya, Mutia contributors_id: NIDN 1031106601 contributors_id: NIDN 1005069601 title: ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN DAN PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RAYA KOTA DUMAI ispublished: unpub subjects: TA full_text_status: restricted keywords: Hambatan samping, Kerusakan jalan, Derajat kejenuhan abstract: Keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan merupakan hal penting yang dapat meningkatkan perindustrian dan perekonomian masyarakat. Namun seiring berjalannya waktu jalan raya akan mengalami penurunan kondisi sesuai dengan bertambahnya umur dari jalan tersebut. Salah satu permasalahan yang turut memperburuk kondisi lalu lintas, adalah masalah hambatan samping pada ruas jalan yang padat arus lalu lintasnya. Tujuan penelitian ini adalah Tingkat Kerusakan Jalan dan Pengaruh Hambatan Samping Terhadap kinerja Ruas Jalan. Pelaksanaan penelitian ini meliputi menilai kondisi perkerasan secara visual dengan metode Pavement Condition Index (PCI) serta Metode Bina Marga. Sedangkan pelaksanaan analisis hambatan samping mengacu kepada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data, diperoleh kesimpulan, kondisi perkerasan yang ada di ruas jalan Cut Nyak Dien – Jalan Dermaga berdasarkan urutan prioritas berdasarkan metode Bina Marga adalah 10,97, urutan prioritas >7 adalah urutan prioritas kelas A. Hasil analisa kerusakan jalan berdasarkan metode PCI menujukkan bahwa nilai kondisi jalan atau nilai PCI jalan Cut nyak dien sampai jalan dermaga, Dumai barat adalah 83,07 yang termasuk dalam klasifikasi kualitas perkerasan dengan tingkat sangat baik (very good). Hambatan samping tertinggi pada hari minggu jam 08.00-09.00 dengan kategori hambatan samping sangat tinggi (VH) yaitu sebesar 2513 kejadian/jam, serta didapat nilai derajat kejenuhan didapat 0,476 yang artinya kinerja jalan masih dapat berjalan dengan lancar sehingga hanya perlu dilakukan tindakan untuk meningkatkan manajemen lalu lintas. date: 2021-09-23 date_type: completed pages: 6 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Direktorat jendral Bina Marga (1997) Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jendral Bina Marga Indonesia: Departemen Pekerjaan Umum. Edo, Y., 2020, Analisa kerusakan jalan menggunakan metode Bina Marga dan Metode Pavement Condition Index (PCI), (studi kasus : jalan sudirman dan jalan soekarno-hatta, Kota Dumai); Tugas akhir; Sarjana teknik sipil Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, Dumai Giyatno, (2016) Analisis Kerusakan Jalan Dengan Metode Pci Kajian Ekonomis Dan Strategi Penanganannya (Studi Kasus Ruas Jalan Ponorogo – Pacitan Km 231+000 Sampai Dengan Km 246+000, Km 0+000 Di Surabaya); Thesis; Pascasarjana teknik sipil Universitas Muhammadiyyah Surakarta Harahap, Y. S., 2019, Analisa tingkat kerusakan jalan sebagai dasar penentuan perbaikan (jalan lintas Sumatra) Kota Tebing Tinggi: Tugas Akhir, Fakultas teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan. Novalia, C. (2015) Analisa dan solusi kemacetan lalu lintas di ruas Jalan kota (studi kasus jalan imam bonjol - jalan sisingamangaraja), Laporan Tugas Akhir,Lampung: Jurussan Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas lampung Bandar lampung Parista, W,. 2015, Analisis kerusakan jaan beton/rigid pavement (studi kasus jalan arifin ahmad) kota Dumai; Tugas Akhir, Sarjana Teknik Sipil Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, Dumai. Pemerintah Republik Indonesia (2006) Peranturan Pemerintah (PP) Nomor 34 tahun 2006 tentang Jalan; Jakarta Ratna.M.S. (2018) Evaluasi Kerusakan Jalan Soekarno Hatta Sta 0+000 – 2+000 Balikpapan Menggunakan Metode Bina Marga; Tugas akhir; Sarjana teknik sipil Politeknik Negeri Balikpapan Ridwan, M. (2015) Analisis hambatan samping terhadap kapasitas dan kinerja ruas jalan studi kasus jalan Prof. M. Yamin; Tugas akhir; Sarja teknik sipil Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. Rondi, Mochamad and , Dr.Sri Sunarjono (2016) Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga Dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penangananya (Studi Kasus:Ruas Jalan Danliris Blulukan-Tohudan Colomadu Karanganyar). Skripsi thesis; Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sari,R.M., 2018, Evaluasi Kerusakan Jalan Soekarno Hatta Sta 0+000 –2+000 Balikpapan Menggunakan Metode Bina Marga; Tugas akhir; Sarjana teknik sipil Politeknik Negeri Balikpapan, Balikpapan Sebayang, S., Syahputra, R. Herianto, D. (2015) Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Nasional (Studi Kasus Jalan Proklamator Raya – Pasar Bandarjaya Plaza), Laporan Tugas Akhir, Lampung: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Lampung. Shahin, M. Y. 1994. Pavement Management for Airport, Roads, and Parking lots. Chapman & Hill, New York. Sudjarwadi,S.,2018, Tugas Akhir Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus Ruas Jalan Kabupaten, Sleman, Yogyakarta); Tugas Akhir, Sarjana Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, DIY Sukirman, S. (1999) Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova citation: DJAILANI, MUHAMMAD and Abdillah, Nuryasin and Lisya, Mutia (2021) ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN DAN PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RAYA KOTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/649/1/bab%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/649/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx