eprintid: 646 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/06/46 datestamp: 2023-05-22 09:09:22 lastmod: 2023-05-22 09:09:22 status_changed: 2023-05-22 09:09:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AGUNG, FAIZ AMARTA creators_name: Abrar, Aidil creators_name: Abdillah, Nuryasin creators_id: NIM.1522201045 creators_id: NIDN 1013027202 creators_id: NIDN 1031106601 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Abrar, Aidil contributors_name: Abdillah, Nuryasin contributors_id: NIDN 1013027202 contributors_id: NIDN 1031106601 title: ANALISIS STRUKTUR ATAS PADA PENAMBAHAN PANJANG DERMAGA C PT.PELINDO I CABANG DUMAI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_civ full_text_status: restricted keywords: Dermaga, analisis struktur atas dermaga abstract: Dermaga adalah salah satu bangunan pelabuhan yang digunakan untuk menambat dan merapatkan kapal yang melakukan bongkar muat barang dan menaik turunkan penumpang. Dimensi dermaga didasarkan pada jenis dan ukuran kapal yang merapat dan menambat pada dermaga tersebut. Jenis dan jumlah kapal adalah salah satu faktor penentu dimensi dermaga yang akan dibangun, terutama untuk dermaga yang akan disinggahi oleh kapal-kapal asing yang berukuran besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban-beban yang bekerja dan menghitung kekuatan struktur atas dermaga serta menentukan dimensi struktur elemen dermaga yang meliputi plat dan balok. Dalam analisis struktur dermaga ini mengacu pada SNI 03-2847-2002 Tata Cara Perencanaan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung.Dari hasil penganalisaan ini didapat bahwa lebar yang direncanakan adalah 200 m x 25 m, tebal plat dermaga adala 35 cm. Dimensi balok crane adalah 120 cm x 180 cm, balok memanjang dan melintang dermaga 120 cm x 150 cm. Perhitungan energi bersandar kapal 20.000 DWT sebesar 38,6276 Ton.m yang ditahan oleh sebuah fender dengan posisi vertical. Energi yang diserap fender yaitu 38,6276 Ton.m. Gaya tarik kapal maksimum yang diakibatkan oleh gaya angin tegak lurus pada saat kapal kosong yaitu sebesar 934,27 kN atau 95.269 ton date: 2021-11-07 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Badan Standarisasi Nasional. 2016. SNI 1725-2016 Pembebanan Untuk Jembatan. Jakarta Badan Standarisasi Nasional. 2002. SNI 03-2847-2002 Tata cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung. Jakarta Hanif. M. (2016), Perencanaan Struktur Dermaga General Cargo Pelabuhan Awerange, Kab. Barru Sulawesi Selatan Kapasitas 15.000 DWT. Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Kramadibrata, S. (2002) Perencanaan Pelabuhan. Penerbit Institut Teknologi Bandung, Bandund Maulana. A. (2016). Desain Struktur Dermaga Peti Kemas Kapasitas 15.000 DWT Di Pelabuhan Murhum Baubau, Sulawesi Tenggara , Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Peraturan perencanaan Teknik Jembatan Bridge Management System (BMS). 1992. Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Bina Marga. Standard Design Criteria for Port in Indonesia, 1984. Maritime Development Programme Directorate General of Sea Communications. Jakarta. Technical Standards For Port and Harbour Facilities in Japan. 1980. Japan. Bureau of Ports and Harbours, Ministry of Transport. Triatmodjo. B. (2009). Perencanaan Pelabuhan. Dosen Teknik Sipil dan Ilmu Lingkungan Univeristas Gadja Mada , Yogyakarta Yanuarista. T. (2012). Analisis Struktur Atas Pada Penambahan Panjang Dermaga B PT. Pelindo I Cabang Dumai. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, Dumai. citation: AGUNG, FAIZ AMARTA and Abrar, Aidil and Abdillah, Nuryasin (2021) ANALISIS STRUKTUR ATAS PADA PENAMBAHAN PANJANG DERMAGA C PT.PELINDO I CABANG DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/646/2/2.%20BAB%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/646/1/7.%20DAFTAR%20PUSTAKA.docx