eprintid: 645 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/06/45 datestamp: 2023-05-17 13:22:15 lastmod: 2023-05-17 13:22:15 status_changed: 2023-05-17 13:22:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUFENTI, VINA creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Handayani, Tri creators_id: NIM 1755201029 creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN 1007108702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Handayani, Tri contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN 1007108702 title: RANCANG BANGUN GAME ADVENTURE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SD NEGERI 004 BANGSAL ACEH ispublished: unpub subjects: Z665 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Game , Game Adventure, Media Pembelajaran, Matematika abstract: Sekolah Dasar Negeri 004 Bangsal Aceh merupakan salah satu sekolah yang berada dikota Dumai. Sekolah Dasar Negeri 004 Bangsal Aceh salah satunya kelas V saat ini masih ada berbagai masalah dalam proses pembelajarannya, diantaranya yaitu siswa kurang menguasai materi yang disampaikan. Keberhasilan belajar ditentukan dan dipengaruhi siswa, dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dikelas. Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran dapat menyebabkan pelajaran menjadi monoton, tidak menarik dan akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Proses pembelajaran monoton akan mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan, bosan dan kemudian mengurangi perhatian terhadap materi yang guru sampaikan.Secara langsung membuat siswa kurang tertarik untuk memperhatikan serta membuat pelajaran yang disampaikan belum jelas.Sehingga perlu adanya sesuatu yang menarik yang bisa dijadikan sebagai sarana pendukung dalam memberikan materi berbasis multimedia. Berdasarkan penelitian tersebut, Penulis melakukan penelitian menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC terdiri beberapa tahap seperti konsep, desain,pengumpulan materi, pembuatan, implementasi, pengujian, dan distribusi. Penelitian ini menghasilkan suatu materi berupa game edukasi dan video animasi pembelajaran bertemakan matematika untuk kelas V dengan menarik sehingga siswa lebih paham dan membantu pengenalan pecahan, kecepatan dan debit, dan skala. Serta membuat sebuah game edukasi tentang game petualangan bertemakan matematika yang mengambil konsep pertanian dan pertenakan serta ditambah video animasi edukasi dengan bahan ajar matematika kelas V. date: 2022-07-21 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Amanda, Desyka Ayu. "Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun." JoEICT (Journal of Education And ICT) 3.2 (2019). A.S Rosa, Shalahuddin, 2018. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung. Majid, Basrul Abdul, Hazrullah Hazrullah, and Yulia Maulida. "THE EFFECT OF MOTIVATIONAL FACTORS ON USAGE OF PIRATED SOFTWARE AMONG LECTURERS." Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 5.2 (2021): 121-128. Nurrita, Teni. "Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa." MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah 3.1 (2018): 171-210. Rahadi, Muhammad Rizky, Kodrat Iman Satoto, and Ike Pertiwi Windasari. "Perancangan game math adventure sebagai media pembelajaran matematika berbasis android." Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer 4.1 (2016): 44-49. Ramadhan, Aditya Fajar, Ade Dwi Putra, and Ade Surahman. "Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (AR)." Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi 2.2 (2021): 24-31. Riskawati, R., Tjandi, Y., & Mappeasse, M. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Animate Untuk Anak Disleksia di SMPN 2 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jurnal MediaTIK, 4(2), 17-20. Rozi, Fahrur, and Ayunda Kristari. "Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tulungagung." JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) 5.1 (2020): 35-44. Ruli, Ahmad Rais. "Implementasi Aplikasi Pendaftaran dan Pembayaran Kontrakan Ahmad Rais Berbasis Desktop VB. Net dan Microsoft Access." Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika 19.1 (2017): 9-19. Samania, Nurul, Nirsal Nirsal, and Riska Yanu Fa'rifah. "Rancang Bangun Aplikasi E-Voting Pemilihan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Informatika (HMTI) Universitas Cokroaminoto Palopo Berbasis Website." d'ComPutarE: Jurnal Ilmiah Information Technology 10.1 (2020): 49-53. Sari, Binar Kurnia. "Rancang Bangun Multi Platform Edugame untuk Sejarah Khulafaurrasyidin." PROtek: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro 3.2 (2016): 46-50. Sastrawan, Putu Virgo, I. Ketut Resika Arthana, and I. Gede Partha Sindu. "Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi." KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) 6.1 (2017): 114-123. Supriyadi, S. "ADOBE Flash Untuk Mendukung Pembelajaran." Jurnal Komunikasi 7.2 (2016). Wulandari, Berlina, et al. "Media Pembelajaran Interaktif Ipa Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia." Krea-TIF 7.1 (2019): 11-19. Wuryandari, Aryati, and Muknirotun Akmaliyah. "Game interaktif mencegah terjadinya pemanasan global untuk anak." Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 7.1 (2016): 311-320. citation: SUFENTI, VINA and Yuliati, Tri and Handayani, Tri (2022) RANCANG BANGUN GAME ADVENTURE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SD NEGERI 004 BANGSAL ACEH. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/645/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/645/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx