eprintid: 643 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/06/43 datestamp: 2023-05-17 09:04:19 lastmod: 2023-05-17 09:04:19 status_changed: 2023-05-17 09:04:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RENITA, RENITA creators_name: Suhaidi, Mustazzihim creators_name: Desriyati, Welly creators_id: Email: renita020100@gmail.com creators_id: NIDN1009098702 creators_id: NIDN.1029018902 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhaidi, Mustazzihim contributors_name: Desriyati, Welly contributors_id: NIDN 1009098702 contributors_id: NIDN 1029018902 title: PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA BAHAN AJAR KIMIA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 3 DUMAI ispublished: unpub subjects: Z665 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Penerapan, Kimia, Bahan Ajar, Augmented Reality. abstract: Media interaktif yang berkembang pesat saat ini adalah penggunaan teknologi augmented reality. Augmented Reality (AR) adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime (waktu nyata). Saat ini bahan ajar kimia yang diterapkan masih menggunakan buku teks atau buku cetak kimia kelas X yang monoton. Proses pembelajaran yang diterapkan pun lebih diarahkan kepada kemampuan siswa untuk menghafal informasi objek gambar, sehingga otak siswa dipaksa dalam mengingat informasi objek gambar yang terdapat pada buku kimia kelas X. Oleh sebab itu, peneliti akan merancang dan membuat sebuah media interaktif yang menarik dan terlihat realtime yaitu Penerapan Augmented Reality Pada Bahan Ajar Kimia Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Dumai. Dengan adanya media media interaktif ini, diharapkan dapat membantu siswa dalam mengingat informasi objek gambar secara real time dan menarik, serta materi yang diajarkan. Disini peneliti menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Multimedia Development Life Cycle (MDLC) memiliki 6 tahap yaitu Concept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing, dan Distribution. Penerapan Augmented Reality ini dapat digunakan sebagai media interaktif yang menarik dan terlihat realtime, dan dapat membantu siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. date: 2022-11-26 date_type: completed pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Adami, Feby Zulham, and Cahyani Budihartanti. 2016. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android.” Teknik Komputer AMIK BSI 2(1): 122–31. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/viewFile/370/279. Adrianto, S., & Kanza, M. (2019). I n f o r m a t i k a. 11(2), 51–57. Alamin, Mochammad Machlul, Hendrawan Armanto, and Indra Maryati. 2020. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Gerbang Logika Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer.” 4: 503–10. Angin, Johanes Terang Kita Perangin, R John Pieter Simarmata, and Tiarma Simanihuruk. 2022. “Perancangan Animasi 3D Pencegahan Covid 19 Menggunakan Aplikasi Blender.” 10(1): 51–56. Arif, Yunifa M., & Khoiruddin, H. 2022. Membangun Sistem Transaksi Game Multiplayer dengan Unity 3D. Jawa Timur : Penerbit Cerdas Ulet Kreatif. Arief, Ulfah M., Wibawanto, H., & Nastiti, Azzizah L. 2019. Membuat Game Augmented Reality (AR) dengan Unity 3D. Yogyakarta : Penerbit Andi. Armia, A., & Ardian, Z. (2021). Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Gedung Kampus Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal of Informatics and Computer Science, 7(1), 10–16. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jics/article/view/1331 A.S, Rosa. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung. Aulawi, R. M., Winarno, W. W., & Nasiri, A. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Geometri Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. 3(2). Bagus, Ida, and Made Mahendra. 2016. “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY ( AR ) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUPORIA SDK.” 9(1): 1–5. Bau, Cindy Pradita Efendy, Salahudin Olii, and Nikmasari Pakaya. 2022. “PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY CHEMISTRY.” 2(4): 334–41. Dianrizkita, Y., Seruni, H., & Agung, H. (2018). Analisa Perbandingan Metode Marker Based Dan Markless Augmented Reality Pada Bangun Ruang. Jurnal Simantec, 6(3), 121–128. Herlinah & KH, Musliadi. 2019. Pemograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. Jakarta : PT. Gramedia. Iqliya, J. N., & Kustijono, R. (2020). Media Interaktif Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Inovasii Pendidkan Fisika, 9(2), 265–270. Magdalena, Ina et al. 2020. “Analisis Bahan Ajar.” 2(2): 311–26. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara. Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139. Novan, Mamonto dkk. 2018. “Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw Ii Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan.” Jurnal Eksekutif 1(1): 1–11. Novitasari, Fifi, Yulia Djahir, and Siti Fatimah. 2015. “Pengaruh Media Adobe Illustrator Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Srijaya Negara.” Jurnal Profit 2(1): 63. Putri, Yola Dewi, Rina Elvia, and Hermansyah Amir. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” 5(2): 168–74. Rosa, Y. H. E., & Nawawi, E. (2021). ANALISIS BUKU TEKS KIMIA SMA KELAS X BERDASARKAN LITERASI SAINS. 1(1). Saputra, G. E. (2020). Analisa dan Perancangan Markerless Augmented Reality Application Rumah Adat Minangkabau dengan Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(3), 443–454. https://doi.org/10.32409/jikstik.19.3.70 Sukma, L. R. G., Rassyi, S. F., & Fadhilah, J. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Markeless Augmented Reality Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal of the Indonesia …, 19(2), 116–125. http://jurnal-iss.org/index.php/issj/article/view/11 Wiley, John., & Sons. 2019. Visual Studio Code: End-to-End Editing and Debugging Tools for Web Developers. Simultaneously : Canada. citation: RENITA, RENITA and Suhaidi, Mustazzihim and Desriyati, Welly (2022) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA BAHAN AJAR KIMIA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 3 DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/643/1/BAB%20I%20TA.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/643/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx