eprintid: 639 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/06/39 datestamp: 2023-05-15 09:58:05 lastmod: 2023-05-15 09:58:05 status_changed: 2023-05-15 09:58:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: CAHYA, YOGI DWI creators_name: Sellyana, Ari creators_name: Satria, Devit creators_id: NIM 1555201052 creators_id: NIDN 1022028103 creators_id: NIDN 1024058902 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sellyana, Ari contributors_name: Satria, Devit contributors_id: NIDN 1022028103 contributors_id: NIDN 1024058902 title: IMPLEMENTASI ALGORITMA PARTITIONING AROUND MEDOIDS (PAM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LAYANAN JASA KURIR PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) DUMAI ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Analisi, Kepuasan, Kurir, PAM abstract: PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Dumai merupakan salah satu perusahaan jasa yang selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan pengukuran tingkat kepuasan terhadap pelayanan bertujuan agar instansi dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja yang telah dilakukan. Pada PT Pos Indonesia (Persero). Maraknya pemberitaan yang beredar dimedia online banyaknya pelanggan yang tidak puas terhadap jasa layanan kurir pengiriman barang sehingga membuat pelangang tidak ingin menggunakan pengiriman barang yang sama dan mencari jasa pengiriman lainyanya sehingga membuat PT Pos Indonesia (Persero) Dumai kehilangan pelanggan. Implementasi algoritma partitioning around medoids (PAM) dalam menganalisis kepuasan pelanggan layanan jasa kurir cluster yang dibentuk sebanyak 4 cluster yaitu sanggat puas, puasa, tidak puasa dan sanggat tidak puas serta serta hasil perhitungan menggunakan algoritma partitioning around medoid dengan pemilihan pusat medoid secara acak didapatkan 2 iterasi serta dapat disimpulkan pada cluster sanggat puas dengan presentase sebesar 29%, cluster puas dengan presentase sebesar 2%, cluster tidak puas dengan presentase sebesar 39% dan pada cluster sanggat tidak puas dengan presentase sebesar 29%. date: 2022-02-12 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A.S, Rosa., M.Salahuddin, 2018, Rekayasa Perangkat Lunak Terstrukur dan Berorientasi Objek, Informatika Ayu, Fitri ; Nia Permatasari ; Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pada Devisi Humas PT. Pegadaian; AMIK Mahaputra Riau. ISSN : 2549-0222 Vol.2.No.2, 2018. Bimantoro, Tito ; Anindya Kharisna wardhani ; Implementasi Algoritma Partitioning Around Medoids Dalam Pengelompokan Restoran. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS) e-ISSN: 2721-4303 Vol. 2, No. 1, Desember 2020, hlm. 33-36 Budimana, Ilham ; Sopyan Saori ; Ramadhan Nurul Anwar ; Fitriani ; Muhammad Yuga : Analisis Pengendalian Mutu Di Bidang Industri Makanan (Studi Kasus: Umkm Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi. Universitas Muhammadiyah Sukabumi, ISSN 2722-9475. Vol.1 No.10 Maret 2021 Februariyanti, Herni ; Dwi Budi Santoso ; Algoritma Partitioning Around Medoids (PAM) Clustering untuk Melihat Gambaran Umum Skripsi Mahasiswa. ISSN : 0854-9524 Volume 21, No.1, Januari 2016 : 25-31 Igem ; Aplikasi Pembelajaran Hardware Komputer Berbasis Android. Universitas Islam Kuantan Singingi, ISSN :2622-5980.Vol. 1, No. 2, Desember 2018, Hal : 177 - 184 Jayanti, Nur Dwi,. 2016 Kualitas Pelayanan (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles ) Di Legend Premium Coffee Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang ISSN: 2580-2291 Vol. 8 No.2 Desember 2021 Orisa, Mira ; Ahmad Faisol : Analisis Algoritma Partitioning AroundMedoiduntuk Penentuan Klasterisasi . Priyatman, Hendro; Fahmi Sajid ; Dannis Haldivany ; Klasterisasi Menggunakan Algoritma K-Means Clustering untuk Memprediksi Waktu Kelulusan Mahasiswa ; Universitas Tanjungpura, ISSN : 2460-0741 Vol.5 No.1, 2019 Ridwan, Muhammad ; Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Aksesoris Perak (Studi Kasus : Nikeisha Silver) ; Universitas Jambi, ISSN :2302-4682,Vol.01 No.02, 2012 Setyawati, Widya Agustin ; Muhammad Rifa’I ; Cahyo Sasmito “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien” Universitas Tribhuwana Tunggadewi Magelang, e-ISSN : 2620-8857 Vol.10 No.02, 2018 Windarto, Agus Perdana ; Penerapan Data Mining Pada Ekspor Buah-Buahan Menurut Negara Tujuan Menggunakan K-Means Clustering. ; STIKOM Tunas Bangsa. ISSN : 348-357 Vol.16,No.04 . 2017 citation: CAHYA, YOGI DWI and Sellyana, Ari and Satria, Devit (2022) IMPLEMENTASI ALGORITMA PARTITIONING AROUND MEDOIDS (PAM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LAYANAN JASA KURIR PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/639/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/639/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx