eprintid: 609 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/06/09 datestamp: 2023-03-14 04:35:57 lastmod: 2023-03-20 09:30:58 status_changed: 2023-03-14 04:35:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: INDAH SARI, DWI SRI creators_name: Nugraha, Nur Budi creators_name: Yuliati, Tri creators_id: NIM 1455201098 Email: dwisriindahsari@gmail.com creators_id: NIDN 1016118705 creators_id: NIDN 1025028403 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nugraha, Nur Budi contributors_name: Yuliati, Tri contributors_id: NIDN 1016118705 contributors_id: NIDN 1025028403 title: GAME PETUALANGAN MELAYU RIAU BERBASIS ANDROID ispublished: pub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Melayu Riau, Game, Android, Edukasi abstract: Melayu Riau merupakan sebuah budaya yang didalamnya terdapat banyak ilmu pengetahuan, terutama di Kota Dumai, perlu di kembangkannya Budaya tersebut. Dalam mengembangkan dan melestarikan Budaya Melayu Riau yang pertama dituntut adalah kemampuan untuk membuat sebuah hal yang efektif dan cenderung mudah dikases untuk semua kalangan dalam melestarikan budaya Melayu Riau dan mendapatkan edukasi. Oleh sebab itu, peneliti akan merancang dan membuat sebuah media edukasi yang menarik dan lebih efektif yaitu Game Petualangan Melayu Riau Berbasis Android. Disini peneliti menggunakan metode Prototype. Prototype memiliki 3 tahap yaitu melakukan analisis, desain sistem, implementasi dan pengujian . Aplikasi game ini diharapkan dapat digunakan sebagai media edukasi yang menarik, mudah dipelajari, dan dapat membantu menemukan edukasi baru dan melestarikan budaya khususnya Melayu Riau date: 2021-06-23 date_type: published pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A.S, Rosa. (2019). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika. Dhiyatmika, I. D. G. W., Putra, I. K. D., & Mandenni, N. M. I. M. (2015). Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatanguntuk Siswa TK. 6, 8. Efendi, Y. (2018). Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. 2, 10. Ekawati, P. L., & Falani, A. Z. (2015). Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android. 7. Hanfri, 2015, ” Game Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa” ISSN : 2088 – 1762 Vol. 5 No. 2, September 2015, STMIK Bina Sarana Global, Jakarta. Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. 3(1), 5. Kbbi.kemdikbud.go.id, 2021, “Petualangan”, Diambil dari: kbbi.kemdikbud.go.id : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/petualangan diakses pada tanggal 13 April 2021 Lembaga Adat Melayu Riau, 2018, “Definisi Melayu Riau”, Diambil dari: lamr.go.id : https://lamr.go.id/entri/membuat diakses pada tanggal 15 September 2021 Pane,B. 2017, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya” ISSN 2301-8364, Vol.12 No.1-2017. Universitas Sam Ratulangi, Manado. Vitianingsih, A.V. 2016, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini” ISSN 2502-3470, Vol.1 No.1. Universitas Dr. Soetomo, Surabaya. Wahyudin, Wahyudi, S. Robbi, M. I. A.(2015).Visualisasi Masjid Agung Rangkasbitung Berbasis 3D dengan Menggunakan Google Sketchup & After Effect : Jurnal Prosisko, Vol 2,No 2. citation: INDAH SARI, DWI SRI and Nugraha, Nur Budi and Yuliati, Tri (2021) GAME PETUALANGAN MELAYU RIAU BERBASIS ANDROID. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/609/1/BAB%20I.doc document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/609/2/DAFTAR%20PUSTAKA.doc