eprintid: 594 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/94 datestamp: 2022-11-08 12:18:25 lastmod: 2023-03-20 09:45:41 status_changed: 2022-11-08 12:18:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RAVIE, MUHAMMAD creators_name: Urva, Gellysa creators_name: Handayani, Tri creators_id: NIM 1655201030 creators_id: NIDN 1025069001 creators_id: NIDN 1007108702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Urva, Gellysa contributors_name: Handayani, Tri contributors_id: NIDN 1025069001 contributors_id: NIDN 1007108702 title: SISTEM PAKAR IDENTIFIKASILEARNING DISABILITY SISWA SEKOLAH INKLUSIMENGGUNAKAN METODE SIMPLE MATCHING COEFFICIENT SIMILARITY BERBASIS CASE BASED REASONING ispublished: pub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Case Based Reasoning, Learning Disability, Pendidikan Inklusif, Sistem Pakar, Simple Matching Coefficient Similarity abstract: Ada berbagai faktor mengapa siswa mengalami kesulitan belajar dan salah satunya ialah mengalami learning disability (kesulitan belajar spesifik). Ada salah satu siswa kelas VI yang diduga memiliki learning disability. Siswa ini tidak mampu mengikuti semua pembelajaran dengan baik karena kesulitan membaca yang dialami sejak masuk sekolah. Kita dapat melihat bahwa guru kurang mengetahui apakah siswa mengalami learning disability karena tidak diidentifikasi dengan baik dan kurangnya penanganan yang tepat oleh guru untuk menyelesaikan masalah learning disability yang dialami oleh siswa.Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti memberikan suatu solusi yaitu dengan sistem pakar.Sistem pakar dapat menggantikan seorang yang ahli dibidangnya untuk mengidentifikasi learning disability siswa pada SDN 023 Teluk Binjai. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah learning disability adalah metode Simple Matching Coefficient Similarity (SMCS) berbasis Case Based Reasoning (CBR), yang mana dihitung banyaknya pilihan berdasarkan perbandingan kasus lama dan kasus baru. Berdasarkan hasil perhitungan identifikasi siswa yang dilakukan, maka didapatnilai similaritas tertinggi adalah penyakit Learning Disability jenis Dyslexia dengan nilai 0,6 atau 60%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa teridentifikasi mengalami penyakit Dyslexia. date: 2021-12-12 date_type: published pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A. S., R., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika. Amrizal, V., & Aini, Q. (2013). KECERDASAN BUATAN. Ciputat: Halaman Moeka Publishing. Hartono, J. (2015). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi. Hayadi, B. H. (2018). Sistem Pakar. Yogyakarta: Deepublish. Hendriani, S., Nurcahyo, G. W., & Yunus, Y. (2021). Sistem Pakar dalam Mengidentifikasi Penanda Minat Karakteristik Ekstrakurikuler Berbasis Case Based Reasoning. 3(4), 209–214. https://doi.org/10.37034/jidt.v3i4.154 Indrajani. (2015). Database Design : Case Study All In One. Jakarta: Elex Media Komputindo. Jaya, H., Sabran, Idris, M. M., Djawad, Y. A., Ilham, A., & Ahmar, A. S. (2018). Kecerdasan Buatan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). Makassar: Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar. Lubis, M. S. Y. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. 1–7. Permana, Y., & Romadlon, P. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERUMAHAN MENGUNAKAN METODE SDLC PADA PT. MANDIRI LAND PROSPEROUS BERBASIS MOBILE. 10(2), 153–167. Diambil dari yudi@pelitabangsa.ac.id Pratiwi, H. (2019). BUKU AJAR: SISTEM PAKAR. Kuningan: Goresan Pena. Romadhon, M., & Supena, A. (2021). Penanganan Siswa Learning Disabilities di Sekolah Dasar Inklusi. 5(3), 1471–1478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.941 Suhaidi, M. (2016). Konsep Dasar Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta. Swari, M. H. P., Arianti, R. W., & Muttaqin, F. (2020). CASE-BASED REASONING PEMBERIAN REKOMENDASI PROFESI BERDASARKAN MINAT DAN BAKAT SISWA MENGGUNAKAN SIMPLE MATCHING COEFFICIENT SIMILARITY. 3(1), 35–45. https://doi.org/10.31598 Vratiwi, S., Yunus, Y., & Nurcahyo, G. W. (2020). Identifikasi Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Menggunakan Metode Case Based Reasoning. 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v2i1.14 Yudhayanto, Y., & Purbaya, A. (2014). Toko Online dengan PHP dan MySQL. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. citation: RAVIE, MUHAMMAD and Urva, Gellysa and Handayani, Tri (2021) SISTEM PAKAR IDENTIFIKASILEARNING DISABILITY SISWA SEKOLAH INKLUSIMENGGUNAKAN METODE SIMPLE MATCHING COEFFICIENT SIMILARITY BERBASIS CASE BASED REASONING. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/594/1/bab%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/594/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx