eprintid: 593 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/93 datestamp: 2022-11-07 09:45:09 lastmod: 2023-03-20 09:46:07 status_changed: 2022-11-07 09:45:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURAINUN, NURAINUN creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Handayani, Tri creators_id: NIM. 1555201093 creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN 1007108702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Handayani, Tri contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN 1007108702 title: APLIKASI PENGENALAN SIKAP BAIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) KHUSUSNYA RAUDHATUL ATHFAL (RA) BERUPA VIDEO ANIMASI ispublished: pub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Video Animasi, Aplikasi abstract: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) khususnya Raudhatul Athfal merupakan jenjang pendidikan yang paling dasar yang diharapkan menjadi fondasi yang kokoh dalam membentuk sikap dan karakter anak. Hal ini tertera dalam kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggung jawab ini harus dipikul bersama tidak hanya penyelenggara program PAUD, namun juga pemerintah, pengelola dan pendidik PAUD, orang tua serta masyarakat. Namun yang terjadi saat ini ialah kurangnya media penyampaian kepada orang tua serta masyarakat terutama bagi para pelaksana layanan program PAUD tentang bagaimana pengenalan sikap baik pada Pendidikan Anak Usia Dini, penyelenggara program PAUD menyampaikan materi tersebut melalui pelatihan maupun pertemuan menggunakan alat bantu seperti buku saku ataupun powerpoint. Hal ini mengakibatkan kurang faham, timbulnya rasa bosan dan kurangnya daya tarik bagi penerima materi. Peneliti merancang dan membuat suatu aplikasi sebagai sarana penyampaian materi pengenalan sikap baik pada Pendidikan Anak Usia Dini bagi penyelenggara program PAUD yang lebih menarik, mudah dan cepat dimengerti oleh masyarakat terutama orang tua pengelola dan pendidik PAUD. Peneliti menggunakan metode waterfall dalam melakukan penelitian. Metode waterfall sering disebut model sequence linear atau alur classic life cycle. Model air terjun menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimualai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Perancangan & pembangunan sistem dilakukan dengan proses pembuatan flowchart penelitian media sosialisasi ini dibuat dalam bentuk video animasi. Aplikasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai media sosialisasi yang menarik, mudah, cepat dimengerti oleh pengelola, pendidik PAUD, orang tua serta masyarakat. date: 2020-01-23 date_type: published pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A.S Rosa., Shalahuddin, Muhammad., 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek”, Informatika Bandung. Andi., 2009, “Mahir Dalam 7 Hari Adobe Flash CS4” Madcoms, Yogyakarta. Andi., 2014, “Analisis Data Penelitian dengan SPSS 22” Wahana Computer, Semarang. Azhar, Basyir, M, Djahir., Alfitri., 2015, “Hubungan Pengetahuan Dan Etika Lingkungan Dengan Sikap Dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan” Universitas Sriwijaya, Vol. 13, April 2015, ISSN:1829-8907. Chandra., 2006, “Adobe Premiere Pro Untuk Orang Awam”, Maxikom Palembang. Harahap, Faida., Fathiyah, Nur, Kartika., Purwanti, Yuni, Isti., Izzaty, Eka, Rita., 2013, “Pengembangan Media Gambar Sebagai Alat Edukasi Antisipasi Diri Anak Terhadap Perilaku Kekerasan”, Universitas Negeri Yogya. Hasyim, L, Sukarno., 2015, “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam”, STAI Miftahul ‘Ula, Kertosono, Nganjuk, Vol 1 No. 2, Juli 2015, ISSN:2540-7767. Indrajani, 2015, “Database Design (Case Study All in One)”, Jakarta. Juansyah, A., 2015, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android” Universitas Komputer Indonesia, Bandung, Vol. 1 No. 1, Agustus 2015, ISSN:2089-9033. Khaeruddin, 2005, “Belajar Otodidak Adobe Photoshop CS Menguasai Tanpa Guru”, Margahayu Permai, Bandung. Mahardika, Satya, Gde, Dewa, I., Darmawiguna, Mahendra, Gede, I., Putra, Made, I., 2016, “Video Animasi 3D Sebagai Media Sosialisasi Proses Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM)”, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali. Maimuna., Sedyati, R, N., 2015, “Penggunaan Media Cd (Compact Disc) Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa” Universitas Jember, No. 2, Mei 2015. Mawan, Rimba, Agni., Indriwati, Indah, Sri., Suhaidi., 2017, “Pengembangan Video Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Bermuatan Nilai Karakter Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Dalam Menanggulangi Penyakit Diare”,Universitas Negeri Malang. Purnama, Bambang, Eka., 2013, “Konsep Dasar Multimedia” Graha Ilmu, Yogyakarta. Rachmat., Fitri., Marini., 2014, “Rancangan Bangun Media PromosiI”, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Amikom, Purwokerto. Sugianto, M., 2012, “Seri Belajar Cepat Adobe After Effects CS5”, Andi Offset, Yogyakarta. Wahana, 2010, “Adobe Audition CS6”, Andi Offset, Yogyakarta. Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa” Universitas Jember, No. 2, Mei 2015. Yoga, 2005, “20 Teknik Mahir Adobe Illustrator”, Gramedia, Jakarta. citation: NURAINUN, NURAINUN and Yuliati, Tri and Handayani, Tri (2020) APLIKASI PENGENALAN SIKAP BAIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) KHUSUSNYA RAUDHATUL ATHFAL (RA) BERUPA VIDEO ANIMASI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/593/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/593/2/DAFTAR%20PUSTAK%20ok.docx