eprintid: 592 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/92 datestamp: 2022-11-02 10:19:12 lastmod: 2023-03-20 09:46:32 status_changed: 2022-11-02 10:19:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WAHYUNI, PUTRI creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Sellyana, Ari creators_id: NIM 1655201018 creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN 1022028103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Sellyana, Ari contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN 1022028103 title: GAME PRAMUKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA EDUKASI ispublished: pub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Game, Android, Edukasi, Pendidikan, 2D abstract: Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi perkembangan siswa, terlebih lagi saat ini siswa sangat dituntut untuk berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Maka dari itu untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif untuk perkembangan siswa, serta meningkatkan kualitas pada lembaga pendidikan, yaitu dapat dimulai dengan memberi materi dan pembelajaran serta penyaluran bakat melalui kegiatan yang dapat membentuk karakter pelajar sebagai peserta didik. Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengalami peningkatan sangat pesat. Hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga dewasa telah menggunakan teknologi, salah satu contohnya adalah telepon genggam atau yang biasa disebut dengan handphone / smartphone. Perangkat smartphone yang kini mulai bermunculan dan banyak digunakan ialah smartphone berbasis operating system android. Perkembangan teknologi dan komunikasi ini dapat ditemui hampir di semua bidang, salah satunya bidang pendidikan. Maka dari itu peneliti berinisiatif merancang sebuah penggabungan game dan video animasi 2D untuk media pembelajaran Pramuka pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 14 Dumai, guna mengembangkan kemajuan teknologi dan peranan aktif bagi siswa, yang dapat disimpulkan bahwa dengan adanya bantuan dan pemanfaatan teknologi terkomputerisasi yaitu Game Pramuka Berbasis Android, beberapa masalah dapat terselesaikan dan diatasi dengan baik yaitu dapat menghasilkan dan mengimplementasikan sebuah permainan edukasi sebagai sarana hiburan dan pembelajaran yang efektif. Mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam belajar. date: 2020-11-26 date_type: published pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Agustina, C. (2015). Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 1(1), 1-8. Al-Bahra, 2013, “Analisis dan Desain Sistem Informasi”, Graha Ilmu, Yogyakarta. Andi, 2015, “Membuat Company Profile Dengan Adobe Flash CS 6”, Wahana Komputer, Semarang Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 116-121. A.S, R., dan Shalahuddin, M., 2011, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, INFORMATIKA. Azlan, A. (2016). PEMBELAJARAN SANDI MORSE PRAMUKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Jursima, 4(2), 19-25. Binanto, B. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139 Firmansyah. Z, A., 2015, Panduan Resmi Pramuka, Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan. Hamka, W. A., & Gani, A. (2016). IJIS Indonesian Journal on Information System. 1(2), 78–88. Maharani, D., & Hotami, M. (2017). Rendering Video Advertising Dengan Adobe After Effects Dan Photoshop. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 2(2), 105-111. Maolidah, H., Purnia, D. S., & Karsono, K. (2016). PEMANFAATAN APLIKASI SWISHMAX UNTUK RANCANG BANGUN APLIKASI MATERI SANDI-SANDI DALAM PRAMUKA. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1). Nugroho, P. S., Sofyan, A. F., & Kunci, K. (2011). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Dasar-Dasar Pembuatan Animasi 2d Menggunakan Macromedia Flash Mx 2004. 12(4), 2–5. Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. 1(1), 46–58. Sastrawan, P. V., Arthana, I. K. R., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. 6(1), 114–123. Suryadi, A. (2017). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8-13. Tresnawati, D., & Maulana, I. (2017). Perancangan Dan Pembuatan Game Edukasi Pencegahan Nyamuk Demam Berdarah Berbasis Android. 14(2), 358–367. citation: WAHYUNI, PUTRI and Yuliati, Tri and Sellyana, Ari (2020) GAME PRAMUKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA EDUKASI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/592/1/9.BAB%201%20PUTRI%20MAROLLA.doc document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/592/2/15.DAFTAR%20PUSTAKA%20PUTRI%20MAROLLA.doc