eprintid: 575 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/75 datestamp: 2022-10-05 13:36:37 lastmod: 2023-03-20 09:52:31 status_changed: 2022-10-05 13:36:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IRVANI, ANDRE creators_name: Arif, Muhammad creators_name: Rahmi, Hanifatul creators_id: NIM 1726201012 creators_id: NIDN1005127601 creators_id: NIDN 1027088901 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Arif, Muhammad contributors_name: Rahmi, Hanifatul contributors_id: NIDN 1005127601 contributors_id: NIDN 1027088901 title: KEPUASAN PENGGUNA WIKA SOLAR WATER HEATER MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX PADA CV VANIA JAYA PLUMBING ispublished: pub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: CSI, IPA, Wika Solar Water Heater abstract: Wika Solar Water Heater merupakan pemanas air yang memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber energi yang aman dan ramah lingkungan. Produk wika solar water heater ditujukan untuk keperluan perumahan/residensial dan komersial seperti Hotel, Apartemen, Rumah Sakit, Industri dan sebagainya. Banyaknya perusahaan lain yang menawarkan produk dalam bisnis water heater saat ini menimbulkan permasalahan yang harus dihadapi oleh pihak perusahaan. Hal utama dalam permasalahan yang dihadapi seperti kualitas layanan yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada pelanggan. Berdasarkan data tersebut peneliti merasa perlu dilakukannya penelitian untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan, metode yang dapat digunakan diantaranya Importance performance analysis (IPA) dan Customer Statisfaction Index (CSI). Importance performance analysis memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan metode lain. Hasil dari penelitian ini Peneliti memperoleh nilai IPA untuk sumbu x sebesar 3,36 dan nilai untuk sumbu y sebesar 3,38. Sedangkan untuk nilai CSI sebesar 0,672 atau 67,2% yang berarti pada kisaran antara 0,61-0,80. Berdasarkan hasil CSI tersebut, maka kualitas pelayanan pada CV Vania Jaya Plumbing tersebut merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan selama ini. date: 2021-11-22 date_type: published pages: 6 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Armadi, Dion Achmad., Sasongko Hendro dan Wihartika, Doni. 2019. Studi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Jasa Layanan PDAM dengan Metode Importance performance analysis. e-ISSN: 2502-5678 Ayuni, N. W. D., Adiakas, I.M.A dan Sari, I. G. A. M. K. K. 2017. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Kopi Bijik Salak. Bali: Politeknik Negeri Bali. Chandra, T dan Novia D. 2019. Analisis kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan menggunakan metode customer satisfaction index (CSI) dan Importance performance analysis (IPA) pada optic "JAKARTA" Optical Pekanbaru. e-ISSN 2580-3743 Dwi Mulyono Nugroho. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Layanan, dan Harga Produk Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Prabayar Telkomsel. Jurnal OE, 7(2), 58-174. Febrianti, Atika., Indriani, Sri dan Adriantantri, Emmalia. 2021. Pengukuran Kepuasan Penmpang Terhadap Pelayanan Jasa Penyebrangan Laut Dengan MEtode Servic Quality dan Importance performance analysis (Studi Kasus PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Singkil). e- ISSN: 2614-8382. Indrajaya, Drajat. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan T erhadap Tingk at Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance performance analysis dan Customer satisfaction index Pada UKM Gallery. ISSN: 2580- 4308 Komalig, Anastasya L. 2013. Manajemen Hubungan Pelanggan dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Debitor Pada PT. Bank Sulut Cabang Calaca Manado. Jurnal EMBA vol.1 no.4 Desember 2013. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, Diterjemehkan oleh Bob sabran. Jilid 1, Jakarta: Erlangga. Rahmadhani, Fahrizal Eka. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Nethost Menggunakan Metode Importance performance analysis. ISSN: 2355-9357 Rondonuwu, Priscilia D. 2013. Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA vol.1 no.4 Desember 2013. Sampurno, Hasna Rahagi dan Sharif, Osa Omar. 2020. Penerapan Customer satisfaction index (CSI) dan Importance performance analysis (IPA) Pada Kualitas Pelayanan Gojek (Studi Pelanggan di Kota Bandung). ISSN: 2614-0365. Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Supranto, J. 2001. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan. Jakarta: Bineka Cipta. Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi ke tiga, Andi.Yogyakarta Utami, Ruli dan Atmojo, Suryo. 2017. Implementasi Metode Importance Performance Matrix Untuk Evaluasi dan Pengingkatan Pelayanan Perusahaan Jasa Care Cleaners. e-ISSN: 2503-2 citation: IRVANI, ANDRE and Arif, Muhammad and Rahmi, Hanifatul (2021) KEPUASAN PENGGUNA WIKA SOLAR WATER HEATER MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX PADA CV VANIA JAYA PLUMBING. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/575/2/BAB%20I%20PENDAHULUAN.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/575/3/DAFTAR%20PUSTAKA.docx