eprintid: 553 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/53 datestamp: 2022-08-09 08:27:17 lastmod: 2022-08-09 08:27:17 status_changed: 2022-08-09 08:27:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WAHYUNI. R, RENI creators_name: Lisya, Mutia creators_name: Halimatussadiyah, Halimatussadiyah creators_id: NIM 1722201010 creators_id: NIDN. 1005069601 creators_id: NIDN 1006079401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Lisya, Mutia contributors_name: , contributors_id: NIDN 1005069601 title: PENGARUH GERAK U-TURN PADA BUKAAN MEDIAN TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN DAN JALAN SULTAN SYARIF KASIM KOTA DUMAI ispublished: unpub subjects: TA full_text_status: restricted keywords: Antrian, Kapasitas, U-Turn, Waktu Tempuh abstract: Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Untuk mengakomodir pergerakan lalu lintas, pada ruas jalan dimungkinkan memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan u-turn. Kendaraan saat melakukan gerak u-turn pada bukaan median membutuhkan lebih banyak waktu, sehingga berakibat tertundanya pengguna jalan baik yang searah maupun berlawanan arah. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn, panjang antrian saat melakukan u-turn, waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terganggu dan tidak terganggu akibat u-turn dan bagaimana tingkat pelayanan pada ruas Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Sultan Syarif Kasim Kota Dumai. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn di Jalan Jendral Sudirman adalah 31,75 detik dengan panjang antrian saat melakukan u-turn sebesar 20 meter dengan waktu tempuh rata-rata arus terganggu sebesar 22,99 detik dan arus tidak terganggu sebesar 19,86 detik, dengan tingkat pelayanan B dan waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn di Jalan Sultan Syarif Kasim adalah 24,10 detik dengan panjang antrian saat melakukan u-turn sebesar 19 meter dengan waktu tempuh rata-rata arus terganggu sebesar 32,87 detik dan arus tidak terganggu sebesar 20,34 detik, dengan tingkat pelayanan B. date: 2021-09-03 date_type: completed pages: 3 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknim Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Anonim., 2004. Perencanaan Median Jalan, Pd. T-17-2004-B, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Jakarta. Ariwinata., 2015. Pengaruh Ruas Jalan Terhadap Arus Putar Balik Arah. Departemen Pekerjaan Umum., 2005, Pedoman Perencanaan Putar Balik (U-Turn), No:06/BM/2005, Direktorat Jendral Bina Marga: Jakarta Departemen Pekerjaan Umum., 1997, Tata Cara Perencaan Geometrik Antar Kota, Direktorat Jendral Bina Marga: Jakarta Dharmawan, Indra dan Oktarina, Devi, 2013. Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kemacetan Ruas Jalan di Perkotaan (Studi Kasus : Ruas Jalan Teumgku Umar dan Jalan ZA. Pagar Alam Kota Bandar Lampung). Jurnal. Surakarta : Konferensi Nasional Teknik Sipil 7. Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum., 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Dirjen Bina Marga: Bandung Direktorat Bina Marga, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah., 2004, Perencanaan Median Jalan, Pd-T-17-2004-B. Direktorat Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum., 2012, Rekayasa Keselamatan jalan, Dirjen Bina Marga: Jakarta Hobbs, F. D., 1995, Perencanaan dan Teknik lalulintas (Edisi Kedua), Gadjah Mada University Press: Yogyakarta. Lisya, Mutia.,dkk., 2020, Pengembangan Model Keselamatan Penyeberangan Pada Ruas Jalan Tidak Terbagi Di Kota Bandung. Institut Teknologi Bandung: Bandung Maer Juliana., Lefrandt. L.I.R., Timboeleng J.A., 2018. Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Robert Wolter Monginsidi Kota Manado. Universitas Sam Ratulangi: Sulawesi Utara. Purba, Henny dan Dwi, Reffi., 2010. Analisa Pengaruh Kendaraan Memutar Arah Terhadap Tundaan Dan Antrian Kendaraan Pada Jalan Semarang-Kendal Km.8 (Depan Makam Belanda) .Tugas Akhir. Yogyakarta : Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Dipononegoro. Sukirman, S., 1994, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya, Nova: Bandung. Tamin, O. Z., 2003, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Edisi ketiga Penerbit ITB: Bandung. Utari Annisa., 2018. Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota Medan. Universitas Muhammadiyah: Sumatera Utara. Wiranto Riduansyah., 2019. Pengaruh Putar Balik Arah (U-Turn) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Tengku Amir Hamzah Kota Medan. Universitas Muhammadiyah: Sumatera Utara. citation: WAHYUNI. R, RENI and Lisya, Mutia and Halimatussadiyah, Halimatussadiyah (2021) PENGARUH GERAK U-TURN PADA BUKAAN MEDIAN TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN DAN JALAN SULTAN SYARIF KASIM KOTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/553/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/553/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx