%K Manajemen, Shift kerja, Stres, Kelelahan. %D 2019 %X Shift kerja merupakan sistem pengaturan waktu kerja yang memungkinkan karyawan berpindah dari satu waktu ke waktu yang lain setelah periode tertentu, yaitu dengan cara bergantian antar kelompok kerja satu dengan kelompok kerja yang lain sehingga memberi peluang untuk memanfaatkan keseluruhan waktu yang tersedia untuk mengoperasikan pekerjaan. Pada saat ini banyak pekerjaan yang memberlakukan sistem shift kerja pagi, siang dan malam, salah satu nya perhotelan. Berdasarkan dari pemasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian menggunakan penyebaran kuesioner dengan pengolahan data menggunakan tabulasi pivot dan analisa menggunakan aplikasi SPSS Statistic 16 pada uji one way ANOVA. Penyebaran yang dilakukan pada pemahaman shift kerja didapat hasil signifikansi 0,836 > 0,05. Pada kuesioner stres kerja didapat hasil signifikansi 0,115 > 0,05. Dan pada kuesioner kelelahan kerja didapat hasil signifikansi 0,170 > 0,05. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada bulan Juli 2018 menunjukan bahwa perbandingan manjeman shift kerja antara departemen Housekeeping, Front Office, Food & Beverage dan Security untuk variabel pemahaman shift kerja departemen Security memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan departemen Housekeeping, Front Office, dan Food & Beverage yaitu 4,34 dibandingkan 3,92, 4,24, 3,82. Sedangkan untuk tingkat stres kerja departemen Housekeeping dan Food & Beverage memiliki rata-rata yang lebih tinggi dari pada departemen Front Office dan Security yaitu 1,63 dibandingkan 1,56 dan 1,55. Dan tingkat kelelahan kerja departemen Housekepping juga memiliki rata�rata yang lebih tinggi dari pada departemen Front Office, Food & Beverage dan Security yaitu 0,38 dibandingkan 0,26, 0,15 dan 0,29. %A NUR AISYAH %A Trisna Mesra %A Fitra Fitra %T PENGUKURAN TINGKAT PEMAHAMAN SHIFT KERJA, STRES KERJA DAN KELELAHAN KERJA KARYAWAN HOTEL WISATA DUMAI %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %L sttdumai550