eprintid: 548 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/48 datestamp: 2022-07-27 13:13:07 lastmod: 2022-07-27 13:13:07 status_changed: 2022-07-27 13:13:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FEBRIANI, RISMA creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Sellyana, Ari creators_id: rismafebrianis@ymail.com creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN 1022028103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Sellyana, Ari contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN 1022028103 title: “RANCANG BANGUN GAME CINTA INDONESIA TENTANG PAKAIAN, RUMAH ADAT DAN ALAT MUSIK INDONESIA BERBASIS ANDROID”. ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Game, Indonesia, UML, Adobe flash. abstract: Indonesia tergolong negara kepulauan yang memiliki wilayah geografis luas dan kebudayaan yang sangat beragam. Keberagaman budaya tersebut dapat terlihat secara fisik melalui baju dan rumah adat yang dimiliki setiap daerah. Game merupakan salah satu sarana hiburan ataupun pendidikan yang menggunakan perangkat elektronik atau sebuah bentuk dari multimedia interaktif yang digunakan sebagai sarana hiburan. Game dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan sebagai media dalam mengenalkan kebudayaan Indonesia terhadap anak-anak. Untuk itu bagaimana membuat generasi penerus bangsa khususnya anak-anak bisa mengenal kebudayaan Indonesia melalui sebuah game interaktif. Melalui games edukatif tentang pakaian adat, rumah adat dan alat musik tradisional Indonesia ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan tentang keanekaragaman budaya yang ada di 34 propinsi di Indonesia. Aplikasi game yang sudah dibangun dapat digunakan untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia mengenai pakaian adat, rumah adat dan alat musik dari 34 propinsi di Indonesia. Perancangan menggunakan UML (Unifed Modelling Languange) yaitu use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi menggunakan adobe flash CS6. Pengujian yang dilakukan menggunakan pengujian blackbox. date: 2015-07-06 date_type: completed pages: 2 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A.S Rosa, Shalahudin,M 2014 : Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek: Informatika, Bandung. Dianawati, Ajen 2007 : Mengenal Alam Dan Budaya Indonesia : Wahyu Media, Jakarta. Fowler, Martin; 2004: UML Distilled Edisi 3 : Andi, Yogyakarta. Hidayatullah Priyanto, Daswanto Aldi, Nugroho Sulistyo Ponco, 2011 : Membuat Mobile Game Edukatif Flash” : Informatika, Bandung. Komputer, Wahana 2002 ; Pengolahan Image Dengan Adobe Photoshop 7.0 : Salemba Infotek, Jakarta. Komputer, Wahana 2013 ; Membuat Game Interaktif Menggunakan Flash Cs6 : Andi, Yogyakarta. Sholiq, 2006, Permodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek Dengan UML , Graha Ilmu, Yogyakarta. Suyanto, M, 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta. Dewi Mega Silvia, 2012: Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop Dalam Meningkatkan Keterampilan Editing Foto Bagi Anak Tunarungu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu diakses 24 maret 2015 Hardiansyah Dwi Novri, Martin Purnansyah , Yoannita 2014 : Rancang Bangun Game Edukatif Petualangan Rumah Adat Indonesia: STMIK Global Informatika MDP: http://eprints.mdp.ac.id/1516/1/Jurnal%20Rancang% 20bangun%20game%20edukasi%20petualangan%20rumah%20adat%20indonesia.pdf di akses 24 maret 2015 Marzuki Furqon, 2013 : Pembuatan Games Edukatif Tentang Pakaian Adat Dan Alat Musik Tradisional “Nusantara”: STMIK Amikom Yogya: http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_09.12.4024.pdf diakses 24 maret 2015 Sugiyanto, Dzuha Hening Y. 2011 : Game Edukasi “Ragam Budaya” Sebagai Mediapembelajaran Budaya Tentang Pakaian Dan Rumah Adat Di Indonesia : Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan ISBN 979-26-0255-0: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/ article/viewFile/184/228 di akses 24 maret 2015 Widiastuti Nelly Indriani, Irwan Setiawan 2012: Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA): ISSN :2089-9033: http://komputa.if.unikom.ac.id/_s/data/ jurnal/volume-1-2/6-komputa-1-2-game-edukasiwalisongonelly.pdf/pdf/6-komputa-1-2-game-edukasi-walisongo-nelly.pdf diakses 24 maret 2015 citation: FEBRIANI, RISMA and Yuliati, Tri and Sellyana, Ari (2015) “RANCANG BANGUN GAME CINTA INDONESIA TENTANG PAKAIAN, RUMAH ADAT DAN ALAT MUSIK INDONESIA BERBASIS ANDROID”. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/548/1/PENDAHULUAN.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/548/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx