eprintid: 535 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/35 datestamp: 2022-06-24 13:23:34 lastmod: 2022-06-24 13:23:34 status_changed: 2022-06-24 13:23:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LESTARI, DIAN SUCI creators_name: Fitra, Fitra creators_name: Febrina, Wetri creators_id: NIM.1226201064 creators_id: NIDN 1010028204 creators_id: NIDN1014027801 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Fitra, Fitra contributors_name: Febrina, Wetri contributors_id: NIDN 1010028204 contributors_id: NIDN 1014027801 title: PERANAN MARKETING MIX DI PABRIK KECAP AAA DUMAI ispublished: unpub subjects: T1 divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: product, price, place, promotion, kecap asin pekat AAA. abstract: Persaingan yang semakin kompetitif, mengharuskan perusahaan untuk mampu menerapkan strategi yang dapat mempertahankan dan mengembangkan perusahaannya. Perusahaan dituntut untuk mampu menerapkan strategi pemasaran yang lebih kompetitif yang mampu menganalisis situasi, menentukan sasaran pemasaran yang tepat, seleksi dan analisis target pasar, serta mampu merancang strategi pemasaran yang dapat beradaptasi dengan dinamika bisnis. Begitu pula dengan Pabrik Kecap AAA. Pabrik Kecap AAA merupakan sebuah pabrik yang memproduksi empat macam produk yaitu kecap asin encer, kecap asin pekat, tauco dan cuka. Kecap asin pekat salah satu produk yang permintaannya cukup tinggi. Pada tahun 2016 terjadi penurunan penjualan, dimana produk yang terjual hanya sebagian dibandingkan penjualan tahun 2015. Pada Tugas Akhir ini, peneliti menganalisis permasalahan yang ada dengan menggunakan metode marketing mix yang terdiri dari 4P yaitu product, price, place, promotion. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen kecap asin pekat AAA dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada 100 orang konsumen kecap asin pekat AAA. Dari keempat faktor tersebut, variabel place dan promotion yang mempengaruhi rendahnya pemasaran kecap asin pekat AAA 600 ml yang dibuktikan dengan hasil uji multikolinearitas -0.171 untuk variabel place dan 0.388 untuk variabel promotion. Sedangkan pada variabel product dan price harus dipertahankan dan ditingkatkan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji multikolinearitas untuk variabel product yaitu 3.930 dan price 2.923. Perbaikan peningkatan kinerja pemasaran dapat dilakukan dengan cara memperluas jaringan penjualan, memberikan pelayanan pada saat terjadi transaksi penjualan. Sedangkan untuk faktor promotion bisa melakukan promosi di swalayan ternama dengan cara menyebarkan brosur atau menempelkan pamphlet di tempat makan kemudian berkerja sama dengan cafe yang menggunakan kecap asin. Sedangkan faktor price dan product harus dipertahankan dan ditingkatkan agar menjaga penjualan kecap asin AAA terus meningkat. date: 2016-11-13 date_type: completed pages: 3 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Baso J., 2013, Bauran Pemasaran Jasa Pengaruhnya Terhadap Sikap Orang Tua Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Sam Ratulangi Manado, ISSN: 2303-1174 Budiwati H., 2012, Implementasi Marketing Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Unggulan Keripik Pisang Agung Di Kabupaten Lumajang, WIGA 2012, ISSN: 2088-0944 Djauhari, Rachmansyah Y., 2010, Strategi Meningkatkan Kinerja Asuransi Bumi Putera Semarang, ISSN: 1411-1479 Giatno, 2015, Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Batik di Batik Putra Laweyan: Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah, Surakarta Gustian F. A., 2015, Bauran Pemasaran Susu Sapi Murni D’My Milk Di Kota Dumai: Tugas Akhir, Sekolah Tinggi Teknologi, Dumai. Imbar W. P., Mandey S. L., dan Soegoto A. S., 2014, Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Pada PT Hasjrat Abadi Manado, ISSN: 2303-1174 Karim D., Sepang J. L., Lumanauw B., 2014, Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT Manado Sejati Perkasa Group, Manado, ISSN: 2303-1174 Khatimah H., Mappatoba M., dan Rauf R. A., 2013, Strategi Pengembangan Usaha Abon Ikan Melalui Pendekatan Marketing Mix Pada Industri Raja Bawang Di Kota Palu, ISSN: 2338-3011 Lita R. L., 2010, Pengaruh Implementasi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Keputusan Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata di Kota Padang, ISSN: 2085-0972 Noor, S., 2014, Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang, ISSN: 102-209 Setyawan R., 2015, Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil AMAN-AMIN Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman: Tugas Akhir, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta Tambajong G., 2013, Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT Sarana Niaga Megah Kerta Manado, EMBA 2013, ISSN: 1291-1301 citation: LESTARI, DIAN SUCI and Fitra, Fitra and Febrina, Wetri (2016) PERANAN MARKETING MIX DI PABRIK KECAP AAA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/535/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/535/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx