eprintid: 532 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/32 datestamp: 2022-06-23 08:32:11 lastmod: 2022-06-23 08:32:11 status_changed: 2022-06-23 08:32:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUWIRNA, TRIDEA creators_name: Abrar, Aidil creators_name: Lisya, Mutia creators_id: NIM. 1722201001 creators_id: NIDN 1013027202 creators_id: NIDN. 1005069601 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Abrar, Aidil contributors_name: Lisya, Mutia contributors_id: NIDN 1013027202 contributors_id: NIDN 1005069601 title: ANALISIS KONFIGURASI PONDASI TIANG PANCANG TERHADAP KEKUATAN STRUKTUR PADA PERENCANAAN JETTY HEAD 3A ispublished: unpub subjects: T1 divisions: sch_civ full_text_status: restricted keywords: Dermaga Jetty, Tiang Pancang, Konfigurasi Tiang, Gaya lateral. abstract: Dermaga adalah suatu bangunan pelabuhan yang di gunakan untuk merapat dan menambatkan kapal yang melakukan bongkar muat barang dan menaik-turunkan penumpang. Skripsi ini membahas mengenai analisis konfigurasi tiang pancang terhadap kekuatan struktur pada perencanaan jetty head 3A. Dalam perencanaan dermaga jetty tidak bisa lepas dari penggunaan tiang pancang sebagai pondasi yang menyangga strukturbagian atas. Perencanaan konfigurasi tiang pancang pada struktur dermaga jetty sangat berpengaruh terhadap penggunaan jumlah tiang pancang dan ukuran dimensi tiang pancang yang di gunakan untuk konstruksi. Konfigurasi tiang pancang adalah susunan tiang pancang berdasarkan jarak tertentu. Perencanaan konfigurasi tiang pancang bertujuan untuk mengurangi penurunan, defleksi tiang pancang dan efisiensi penggunaan jumlah tiang pancang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil perhitungan daya dukung lateral, defleksi, dan mengetahui konfigurasi terbaik dalam hal analisis kekuatan dari beberapa tipe konfigurasi tiang pancang pada dermaga jetty. Untuk permodelan struktur setiap jenis konfigurasi tiang menggunakan program SAP2000 versi 14 dan perhitungan beban lateral maupun defleksi lateral tiang pancang menggunakan metode Broms. Tipe konfigurasi yang di rencanakan ada dua yaitu konfigurasi tipe 1 merupakan konfigurasi tiang pancang dengan diameter 20” thicknes 12,70 mm , sedangkan konfigurasi tipe 2 merupakan tiang pancang dengan diameter 18” thicknes 14,27 mm. Dari analisis kedua tipe konfigurasi didapatkan konfigurasi tiang tipe 2 lebih baik digunakan karena dari hasil analisistersebut ketebalan tiang pancang sangat berpengaruh terhadap kekuatan dari struktur dermaga tersebut, dan juga dengan diameter yang lebih kecil maka lebih efisiensi waktu dalam proses pelaksanaannya date: 2021-09-14 date_type: completed pages: 6 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Braja M. Das. 1995.Mekanika Tanah, PenerbitErlangga, Jakarta. Cornelis, dkk. 2016. Analisis Fixed Mooring Dolphin Akibat Beban Lateral, Studi Kasus Fuel Jetty PT. Petro Storindi Energi, Sangatta Kalimantan Timut. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Bandung, 2 (1) : 60-70. Effendi, F. et al. (2017). Studi PenempatanDinding Geser Terhadap Waktu Getar Alami Fundamental Struktur Gedung. Teras Jurnal, 7(No. 2 September), hal. 274-283 Hardiyatmo, H.C. 2011. Analisis dan Perancangan Fondasi II. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Ismeddiyanto dan Sigit Sutikno. 2012. Analisis Struktur Konfigurasi Tiang Dermaga terhadap Gaya Lateral. Jurnal Staff Dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, November 2012. Universitas Riau. Mandala. 2014. Perancangan Pondasi Tiang Pancang Dermaga Packing Plant Banjarmasin-Kalimantan Selatan. Jurnal, Program Studi Teknik SipilUniversitas Diponegoro, Semarang, 3 (1): 270-281. M.J. Tomlinson. 1994. Pile Design and Construction Practice Fourth Edition. United Kingdom. Nota Desain Pembangunan Pengembangan Dermaga III Dikawasan PBBCE Dumai, 2020, Direktorat Teknik, Subdit Perencanaan, PT Pertamina Patra Niaga. Poulos, H.G. dan Davis, E.H.(1980).Pile Foundation Analysis and Design, John Willey, New York,United States of America. Sari. 2016. Perancangan Pondasi Tiang Pancang Dermaga Packing Plant Banjarmasin-Kalimantan Selatan. Jurnal, Program Studi Teknik Sipil danPerencanaan dan Teknologi Industri Universitas Mercu Buana, Jakarta. Setepu, Tika Andani. 2014. Analisis Konfigurasi Pondasi Tiang Pancang Kernell Jetty Pada Pembangunan Jetty Pulau Laut. Jurnal, Program Studi Teknik Sipildan Lingkungan Universitas Sriwijaya, Palembang, 2 (2): 245-253. SNI-1726:2012. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung.Badan Standar Nasional. Tri. 2015. StudiEfektifitas Tiang Pancang Kelompok Miring Pada Perkuatan TanahLunak. Jurnal, Program Studi Teknik Sipil Universitas Hasanuddin, Makassar. Triatmodjo, B. 2010. Perencanaan Pelabuhan. Penerbit Beta Offset, Edisi Pertama, Yogyakarta, Yanti, D. 2017, Perencanaan Struktur Dermaga Tanjung Gudang BelinyuKabupaten Bangka, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil UBB, Bangka Belitung. citation: SUWIRNA, TRIDEA and Abrar, Aidil and Lisya, Mutia (2021) ANALISIS KONFIGURASI PONDASI TIANG PANCANG TERHADAP KEKUATAN STRUKTUR PADA PERENCANAAN JETTY HEAD 3A. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/532/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/532/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx