eprintid: 522 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/22 datestamp: 2022-06-09 07:50:57 lastmod: 2022-06-09 07:50:57 status_changed: 2022-06-09 07:50:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SYAFRIZAL, SYAFRIZAL creators_name: Putra, Sony Adiya creators_name: Abdillah, Nuryasin creators_id: NIM. 1522201004 creators_id: NIDN 1016066901 creators_id: NIDN 1031106601 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Putra, Sony Adiya contributors_name: Abdillah, Nuryasin contributors_id: NIDN 1016066901 contributors_id: NIDN 1031106601 title: ANALISIS STRUKTUR JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE WARREN DENGAN MUTU BAJA TIDAK SERAGAM DALAM MENAHAN BEBAN GEMPA DUA ARAH DAN TIGA ARAH (STUDI KASUS : JEMBATAN SUKADAMAI) ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_civ full_text_status: restricted keywords: Jembatan, Jembatan Rangka Tipe Warren, Analisis, Kapasitas Struktur, Beban Gempa, Mode Shape, Time History Analysis, ABAQUS Student Edition. abstract: Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang dibangun sebagai jalur transportasi dan berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, danau, serta saluran irigasi. Dalamperencanaan struktur syarat yang harus dipenuhi adalah kekakuan, kekuatan, dan daktilitas,struktur jembatan juga perlu memperhitungkan secara tepat total beban yang akan diterima oleh jembatan. Beban jembatan yang sukar diprediksi dan tidak terduga adalah beban gempa. Kota Dumai merupakan salah satu kota terluas yang berada di Indonesia, dimana negara ini merupakan negara dengan tingkat resiko gempa yang cukup tinggi. Dalam menganalisis struktur jembatan akibat beban gempa terlebih dahulu memodelkan struktur jembatan pada software ABAQUS Student Edition dengan data jembatan menggunakan jembatan rangka eksisting di Kota Dumai. Setelah struktur jembatan dimodelkan selanjutnya dilakukan analisis nilai eigen dan dilanjutkandengan perhitungan frekuensi alami untuk mengetahui karakteristik dinamis yang utama pada struktur tersebut, sehingga terlihat bagaimana perilaku dominan struktur jembatan rangka yang dimodelkan. Selanjutnya setelah analisis nilai eigen dilakukan analisis dinamis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah time history analysis (analisis riwayat waktu) dengan menggunakan software ABAQUS Student Edition. Hasil analisis menunjukkan bahwa akibat bertambahnya arah gempa dari dua arah menjadi tiga arah mengakibatkan meningkatnya tegangan pada batang dekat tumpuan sendi sebesar 5,9303%. Jembatan dari beban gempa dua arah di tingkatkan menjadi beban gempa tiga arah, mengakibatkan penurunan modulus elastisitas jembatan sebesar 2,998 % dari modulus elastisitas pada kondisi struktur jembatan akibat beban gempa dua arah . Dari besarnya persentase kenaikan tegangan yang tidak begitu besar, dan persentase penurunan modulus elastisitas yang tidak begitu besar sehingga, analisis jembatan dengan menggunakan beban gempa tiga arah tidak begitu berpengaruh besar jika dibandingkan dengan beban gempa dua arah. Sehingga sudah cukup analisis jembatan menggunakan beban gempa dua arah. date: 2020-07-23 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Abaqus Analysis User’s Manual 6.13. Dassault Systems Simulia Corp., Providence. RI. USA. Badan Standardisasi Nasional. (2005). RSNI T-02-2005 Standar Pembebanan untuk Jembatan. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional. Badan Standardisasi Nasional. (2005). RSNI T-03-2005 PerencanaanStruktur Baja untuk Jembatan. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional. Badan Standardisasi Nasional. (2002). SNI 03-1726-2002 Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional. Badan Standardisasi Nasional. (2012). SNI 03-1726-2002 Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional. Badan Standardisasi Nasional. (2002). SNI 03-1729-2002 Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional. Chen, W. & Duan, L. (2000). Bridge Engineering Handbook. Boca Raton: CRC Press, 2000. Setiawan, Agus. (2013). Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD. Jakarta: Erlangga Widodo. (2012). Seismologi Teknik & Rekayasa Kegempaan. Universitas Islam Indonesia Press. https://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/10962/BAB_III diakses pada tanggal 2 Februari 2020 citation: SYAFRIZAL, SYAFRIZAL and Putra, Sony Adiya and Abdillah, Nuryasin (2020) ANALISIS STRUKTUR JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE WARREN DENGAN MUTU BAJA TIDAK SERAGAM DALAM MENAHAN BEBAN GEMPA DUA ARAH DAN TIGA ARAH (STUDI KASUS : JEMBATAN SUKADAMAI). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/522/2/13%20BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/522/1/18%20DAFTAR%20PUSTAKA.docx