<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS STRUKTUR JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE WARREN\r\nDENGAN MUTU BAJA TIDAK SERAGAM DALAM MENAHAN \r\nBEBAN GEMPA DUA ARAH DAN TIGA ARAH\r\n(STUDI KASUS : JEMBATAN SUKADAMAI)"^^ . "Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang dibangun sebagai jalur transportasi dan berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, danau, serta saluran irigasi. Dalamperencanaan struktur syarat yang harus dipenuhi adalah kekakuan, kekuatan, dan daktilitas,struktur jembatan juga perlu memperhitungkan secara tepat total beban yang akan diterima oleh jembatan. Beban jembatan yang sukar diprediksi dan tidak terduga adalah beban gempa.\r\nKota Dumai merupakan salah satu kota terluas yang berada di Indonesia, dimana negara ini merupakan negara dengan tingkat resiko gempa yang cukup tinggi. Dalam menganalisis struktur jembatan akibat beban gempa terlebih dahulu memodelkan struktur jembatan pada software ABAQUS Student Edition dengan data jembatan menggunakan jembatan rangka eksisting di Kota Dumai. Setelah struktur jembatan dimodelkan selanjutnya dilakukan analisis nilai eigen dan dilanjutkandengan perhitungan frekuensi alami untuk mengetahui karakteristik dinamis yang utama pada struktur tersebut, sehingga terlihat bagaimana perilaku dominan struktur jembatan rangka yang dimodelkan. Selanjutnya setelah analisis nilai eigen dilakukan analisis dinamis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah time history analysis (analisis riwayat waktu) dengan menggunakan software ABAQUS Student Edition.\r\nHasil analisis menunjukkan bahwa akibat bertambahnya arah gempa dari dua arah\r\nmenjadi tiga arah mengakibatkan meningkatnya tegangan pada batang dekat tumpuan sendi sebesar 5,9303%. Jembatan dari beban gempa dua arah di tingkatkan menjadi beban gempa tiga arah, mengakibatkan penurunan modulus elastisitas jembatan sebesar 2,998 % dari modulus elastisitas pada kondisi struktur jembatan akibat beban gempa dua arah . Dari besarnya persentase kenaikan tegangan yang tidak begitu besar, dan persentase penurunan modulus elastisitas yang tidak begitu besar sehingga, analisis jembatan dengan menggunakan beban gempa tiga arah tidak begitu berpengaruh besar jika dibandingkan dengan beban gempa dua arah. Sehingga sudah cukup analisis jembatan menggunakan beban gempa dua arah."^^ . "2020-07-23" . . . . "Sekolah Tinggi Teknologi Dumai"^^ . . . "Teknik Sipil, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Sony Adiya"^^ . "Putra"^^ . "Sony Adiya Putra"^^ . . "SYAFRIZAL"^^ . "SYAFRIZAL"^^ . "SYAFRIZAL SYAFRIZAL"^^ . . "Nuryasin"^^ . "Abdillah"^^ . "Nuryasin Abdillah"^^ . . . . . . "ANALISIS STRUKTUR JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE WARREN\r\nDENGAN MUTU BAJA TIDAK SERAGAM DALAM MENAHAN \r\nBEBAN GEMPA DUA ARAH DAN TIGA ARAH\r\n(STUDI KASUS : JEMBATAN SUKADAMAI) (Text)"^^ . . . . "ANALISIS STRUKTUR JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE WARREN\r\nDENGAN MUTU BAJA TIDAK SERAGAM DALAM MENAHAN \r\nBEBAN GEMPA DUA ARAH DAN TIGA ARAH\r\n(STUDI KASUS : JEMBATAN SUKADAMAI) (Text)"^^ . . . . . "HTML Summary of #522 \n\nANALISIS STRUKTUR JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE WARREN \nDENGAN MUTU BAJA TIDAK SERAGAM DALAM MENAHAN \nBEBAN GEMPA DUA ARAH DAN TIGA ARAH \n(STUDI KASUS : JEMBATAN SUKADAMAI)\n\n" . "text/html" . . . "TA Engineering (General). Civil engineering (General)"@en . .