eprintid: 519 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/19 datestamp: 2022-06-07 09:06:19 lastmod: 2022-06-07 09:06:19 status_changed: 2022-06-07 09:06:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: JANNAH, MIFTAHUL creators_name: Sari, Febrina creators_name: Handayani, Tri creators_id: miftahuljannahstt@gmail.com creators_id: NIDN 1014029101 creators_id: NIDN 1007108702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sari, Febrina contributors_name: Handayani, Tri contributors_id: NIDN 1014029101 contributors_id: NIDN 1007108702 title: ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KANTOR PENGADILAN AGAMA KELAS IB DUMAI MENGGUNAKAN ALGORITMA KLASIFIKASI K-NEARST NEIGHBOR ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Analisis, Kepuasan, K-Nearest Neighbor abstract: Pengadilan Agama Kelas IB Dumai dalam menganalisis tingkat kepuasan masyarakat masih dengan menggunakan kotak saran sehingga cara yang konvensional tersebut kurang efektif seiring dengan perkembangan teknologi diperlukan cara lain dalam melakukan analisis tingkat kepuasan masyarakat yang lebih cepat dan akurat dalam memperoleh informasi. Penerapan algoritma K-Nearest Neighbor dalam analisis kepuasan masyarakat, analisis yang didapat menggunakan perhitungan algorimta K-Nearest Neighbor yaitu dengan mencari nilai tetangga terdekat antara data training dan data testing. Penulis juga melakukan pengujian data training secara acak yaitu dengan membagi data training yaitu dengan mempartisi 60%, 70% dan 80% untuk menjadi data training Dari hasil pegujian diatas dapat disimpulan hasil accuracy tertinggi terdapat pada partisi 80% (80:20) dimana dari 103, 83 data digunakan sebagai data training dan 20 digunakan sebagai data testing untuk dilakukan pengujian didapatkan hasil nilai accuracy sebesar 90% dan lajur error sebesar 10%. date: 2021-08-03 date_type: completed pages: 1 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A.S, Rosa., M.Salahuddin, 2016, Rekayasa Perangkat Lunak Terstrukur dan Berorientasi Objek, Informatika Fansyuri, Maulana ; Analisis Algoritma Klasifikasi K-Nearest Neighbor Dalam Menentukan Nilai Akurasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Study Kasus PT. Trigatra Komunikatama); Universitas Padang , ISSN: 2456-1014 Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora Vol. 3 No. 1, Januari 2020 Jayanti, Nur Dwi,. 2016 Kualitas Pelayanan (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles ) Di Legend Premium Coffee Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta Prasetyo, Eko, 2012, Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab, Penerbit Andi Saputro, Irkham Windhi ; Bety Wulan Sari ; Uji Performa Algoritma Naïve Bayes untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa. Univesitas AMKOM Yogyakarta, ISSN : 2460-4259 Vol.06 No.01, 2019 Suwirmayanti, Ni Luh Gede Pivin ; Penerapan Metode K-Nearest Neighbor Untuk Sistem Rekomendasi Pemilihan Mobil ; STMIK STIKOM Bali, ISSN:2356-2579, Vol.16.No.2, 2017 Yustanti, Wili ;Algoritma K-Nearest Neighbour untuk Memprediksi Harga Jual Tanah, Jurnal Matematika, Satitiska, dan Komputasi ISBN:1858-1382 Vol.09 No.01 No.01, 2012 citation: JANNAH, MIFTAHUL and Sari, Febrina and Handayani, Tri (2021) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KANTOR PENGADILAN AGAMA KELAS IB DUMAI MENGGUNAKAN ALGORITMA KLASIFIKASI K-NEARST NEIGHBOR. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/519/1/Pendahuluan.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/519/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx