eprintid: 516 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/16 datestamp: 2022-11-01 10:58:01 lastmod: 2023-03-20 09:48:42 status_changed: 2022-11-01 10:58:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HIRWONO, BOWO creators_name: Nugraha, Nur Budi creators_name: Sellyana, Ari creators_id: NIM. 1655201058 creators_id: NIDN 1016118705 creators_id: NIDN 1022028103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nugraha, Nur Budi contributors_name: Sellyana, Ari contributors_id: NIDN 1016118705 contributors_id: NIDN 1022028103 title: PEMANFAATAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA EDUKASI EKSTRAKULIKULER WAJIB BAGI SISWA ispublished: pub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Multimedia, Media Edukasi, Animasi 2D abstract: Pemanfaatan teknologi multimedia yang tepat dapat diterapkan menjadi sebuah media edukasi, salah satunya media edukasi kegiatan ekstrakulikuler bagi siswa, Kegiatan ekstrakulikuler merupakan kegiatan wajib yang harus dijalanin oleh siswa sebagai program perminatan, adapun kegiatan ekstrakuliker wajib yang dibahas adalah ekstrakulikuler olahraga dan drumband. Dalam memilih kegiatan ekstrakulikuler wajib tersebut masih banyak siswa yang belum paham apa itu kegiatan yang akan dipilih, dan sering bosan dengan kurangnya sesuatu hal yang dapat menjadi daya tarik tersendiri dan efesiensi waktu. Sehingga dengan permasalahan tersebut penulis berinisiatif untuk memanfaatkan teknologi multimedia sebagai media edukasi kegiatan ekstrakulikuler wajib, yang nanatinya dapat menjadi wadah edukasi yang lebih menarik dan efektif. Peneliti menggunakan metode waterfall dalam melakukan penelitian. Metode waterfall sering disebut model sequence linear atau alur classic life cycle. Model air terjun menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimualai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Perancangan & pembangunan aplikasi dilakukan dengan proses pembuatan flowchart penelitian, media edukasi ini dibuat dalam bentuk video animasi 2D. Media edukasi ini menghasilkan video yang dibuat untuk dapat digunakan sebagai media penyampaian materi kegiatan ekstrakulikuler yang menarik, mudah dimengerti dan menimbulkan daya tarik bagi siswa date: 2020-10-07 date_type: published pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: [1] A.S, Rosa, 2011, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek”, Informatika, Bandung [2] Al-Bahra, 2013, “Analisis dan Desain Sistem Informasi”, Graha Ilmu, Yogyakarta [3] Kbbi.kemdikbud.go.id https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pe manfaatan diakses pada tanggal 13 februari 2020 [4] Wahana, 2016, “Aplikasi Multimedia Untuk Pembelajaran Hardware Komputer”, ISSN 2407-0491, Vol.1 No.2-2016, 71. STMIK Indonesia citation: HIRWONO, BOWO and Nugraha, Nur Budi and Sellyana, Ari (2020) PEMANFAATAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA EDUKASI EKSTRAKULIKULER WAJIB BAGI SISWA. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/516/1/BAB%20I-dikonversi.doc document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/516/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx