eprintid: 514 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/14 datestamp: 2022-05-30 11:15:47 lastmod: 2022-05-30 11:15:47 status_changed: 2022-05-30 11:15:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARIEF, MUHAMMAD creators_name: Suhaidi, Mustazzihim creators_name: Sari, Febrina creators_id: NIM. 1455201140 creators_id: NIDN1009098702 creators_id: NIDN 1014029101 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhaidi, Mustazzihim contributors_name: Sari, Febrina contributors_id: NIDN 1009098702 contributors_id: NIDN 1014029101 title: GAME EDUKASI PINTAR MEMILAH SAMPAH BERBASIS ANDROID ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Game Edukasi, Sampah, Android abstract: Permasalahan sampah saat ini semakin hari semakin tak dapat dihindarkan. Mulai dari berserakannya sampah yang mengganggu pemandangan sampai tersumbatnya aliran sungai dan akhirnya menyebabkan banjir. Edukasi tentang sampah organik dan non organik yang didapatkan di sekolah memang belum begitu gencar. Terbukti masih banyak anak-anak yang sering tidak memperhatikan tipe sampah yang mereka buang dengan label tempat sampahnya. Padahal kalau sampah dibuang sesuai label tempatnya dapat membantu proses daur ulang sampah. Penanaman nilai-nilai kebersihan dan peduli lingkungan kepada anak sejak dini perlu dilakukan agar anak-anak memiliki sifat peduli, berpendirian dan bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan serta untuk mencetak generasi yang tidak membuang sampah sembarangan dan mampu mengolah sampah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat game edukasi anak anak tentang memilah sampah menggunakan metode iterative yang meliputi tahapan analisa, desain, pengkodean dan pengujian. Hasil dari penelitian menghasilkan sebuah game edukasi tentang perbedaan antara sampah organik dan sampah non organik serta dapat memberikan edukasi kepada anak-anak agar dapat membuang sampah di tempat sampah sesuai label tempatnya date: 2021-06-28 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A.S Rosa, 2011. “Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan berorientasi objek”, Informatika Bandung Al-Bahra. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Andi. 2014. Mudah membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D. Yogyakarta : Andi. Ardhi, Ovide Decroly Wisnu, 2013, “Perancangan Game Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Jenis-Jenis Sampah”. Indonesian Journal of Applied Infromatic, Vol. 3 No. 2, pISSN: 2548-3846 eISSN: 2598-5981 Bharathi, M., Hemalatha, S., Aishwarya, V., Meenapriya, C., Hepzibha, L.S.G., (2010). Advancement in Mobile Communication using Android, International Journal of Computer Applications, vol. 1 (7), pp. 95–98 Fitriani. S. 2011. Edukasi Kesehatan. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu. Indrawaty, Youllia, Baktiar, Muhammad Yusuf, 2013, Implementasi Model Skenario PETRI NET Pada Multimedia Interaktif Pembelejaran Kimia, Jurnal Informatika, ISSN: 2087-5266 Ivan. Sibero. (2009). Langkah Mudah Membuat Game 3D. Yogyakarta : Mediakom MADCOMS. 2012. Adobe Photoshop CS6 Untuk Pemula. Yogyakarta : Andi. Putra, Dian Wahyu, 2016, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Anak”. JIMP, Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol. 1 No. 1 Maret 2016, ISSN: 2502-5716 Siahaan, Thomson. 2013. Analisa Sistem Pengelolaan Sampah dan Perilaku Pedagang di Pasar Horas Kota Pematangsiantar Tahun 2013. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat USU. Medan. Suryani, Anih Sri, 2014, Peran Bank Sampah dalam Evektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang), Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi DPR RI Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. Tonadi, Felicia, 2017, “Perancangan Aplikasi Game edukatif dan Persuasif Dengan Tema Kebersihan Lingkungan Untuk Anak-anak”. http://journal.unisla.ac.id Teknik informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan, ISSN : 2085-0859 Triyanto, 2018, “Aplikasi Game Android Pengenalan Kebersihan Lingkungan Untuk Anak Usia 6 – 7 Tahun”. Jurnal STT Garut, ISSN : 2302 – 7339 citation: ARIEF, MUHAMMAD and Suhaidi, Mustazzihim and Sari, Febrina (2021) GAME EDUKASI PINTAR MEMILAH SAMPAH BERBASIS ANDROID. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/514/1/Bab%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/514/2/Daftar%20Pustaka.docx