eprintid: 508 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/05/08 datestamp: 2022-03-18 11:01:41 lastmod: 2022-03-18 11:01:41 status_changed: 2022-03-18 11:01:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FAZIRA, ERRA creators_name: Sellyana, Ari creators_name: Nugraha, Nur Budi creators_id: NIM 1655201009 creators_id: NIDN 1022028103 creators_id: NIDN 1016118705 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sellyana, Ari contributors_name: Nugraha, Nur Budi contributors_id: NIDN 1022028103 contributors_id: NIDN 1016118705 title: PENERAPAN ATURAN ASOSIASI MENGGUNAKAN FUZZY C-CONVERING PADA PENJUALAN SUKU CADANG KENDARAAN RODA EMPAT DI PT. SENTRAL MOTOR DUMAI ispublished: unpub subjects: ZA4050 full_text_status: restricted keywords: Fuzzy C-Convering, Suku cadang, Data mining, Asosiasi. abstract: PT. Sentral Motor Dumai adalah salah satu bengkel yang menjual berbagai suku cadang roda empat. Setiap penjualan atau barang yang terjual akan dilakukan penginputan secara database . Akan tetapi PT. Sentral Motor Dumai tidak mengetahui pasangan barang suku cadang yang sering dibeli secara bersamaan. Saat stok suku cadang yang jumlahnya tinggal sedikit, supervisor gudang hanya meminta kiriman suku cadang tersebut dari pemasok tanpa mengetahui suku cadang yang lain, yang mana jika suku cadang tersebut dibeli maka suku cadang yang lain juga dibeli. Hal itu dinilai mempersulit saat penyetokan barang karena banyaknya jenis dari suku cadang roda empat. Teknik Data mining telah banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada salah satunya dengan penerapan Fuzzy C-Convering untuk mendapatkan informasi tentang asosiasi antar produk dari suatu database transaksi. Data transaksi penjualan suku cadang roda empat di PT. Sentral Motor Dumai dapat diolah kembali menggunakan aplikasi Data mining sehingga menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang kuat antar itemset penjualan suku cadang sehingga bisa memberi rekomendasi penyetokan barang dan mempermudah dalam penataan atau penempatan barang yang kuat berkaitan saling ketergantungan. date: 2020-12-16 date_type: completed pages: 6 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Aditya, Marisa, F., & Purnomo, D. (2016). Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.31328/jointecs.v1i1.408 Angraini, K. N., & Nhita, F. (2018). Implementasi Algoritma Fuzzy c-Covering untuk Mengetahui Pola Pembelian pada Data Transaksi Swalayan. 5(3), 8198–8205. A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Bandung: Informatika Bandung. Badrul, M. (2016). Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. None, 12(2), 121–129. Dyanthy, L. (2012). Sistem Informasi Persediaan Suku Cadang, Persediaan, MySQL, Microsoft Visual Basi. 5. Enterprise, Jubilee. 2017. Otodidak Pemrograman Database dengan Visual Basic.Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Herawati, S., & Nauli, N. A. (2016). Rancang Bangun Pembelajaran Sbmptn. 2(2), 131–138. Indrajani. (2011). Perancangan Basis Data dalam All in 1, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Kusrini, Emha Taufiq Luthfi. Algoritma data mining. Yogyakarta: Andi Offset, 2009. Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & M.A, F. E. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ). Jurnal Teknik Informatika Vol 9 No. 2, Universitas Islam Negeri Jakarta, 9(2), 120–127. Liu, Y. M. C. (2012). Aplikasi Data Mining Dengan Konsep Fuzzy C- Covering Untuk Analisa Market Basket Pada Pasar Swalayan. 6(2), 2012. Madcoms. (2016). Sukses Membangun Toko Online dengan PHP & MySQL .Yogyakarta: Andi. MF, Mundzir. (2014). PHP Tutorial Book For Beginner. Yogyakarta: Notebook Moh.Sholik, & Salam, A. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas. Techno.COM, 17(2), 158–170. Murniati. (2010). “Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Pada PD. Hikmah Jaya Jakarat Barat”, Skripsi,2010. Skripsi,2010, 9(1), 76–99 Noor, R. U. (2015). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Covering Pada Data Transaksi Penjualan Di Toko Safiira. JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 3(1), 251–260. https://doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2944 Rosyidah, U. A., & Oktavianto, H. (2019). Pencarian Pola Asosiasi Keluhan Pasien Menggunakan Teknik Association Rule Mining. INFORMAL: Informatics Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.19184/isj.v3i1.5541 Sarosa, S. (2017). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi (B. Sarwiji (ed.); 1st ed.). Indeks Jakarra Permata Puri Media. Said, Fairuz El. 2010. Sistem Basis Data-Entity Relatonship(ERD). sistem-basis-data-entityrelationship-diagram-erd/. Diakses tanggal 10 Oktober 2011 Zahedi, Z., & Chandra, C. (2012). Perancangan Program Aplikasi Market Basket Analysis untuk Mendukung Persediaan Barang dengan Metode Fuzzy C-Covering. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 3(1), 241. https://doi.org/10.21512/comtech.v3i1.2410 citation: FAZIRA, ERRA and Sellyana, Ari and Nugraha, Nur Budi (2020) PENERAPAN ATURAN ASOSIASI MENGGUNAKAN FUZZY C-CONVERING PADA PENJUALAN SUKU CADANG KENDARAAN RODA EMPAT DI PT. SENTRAL MOTOR DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/508/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/508/2/DAFTAR%20PUSTAKA%20REFISI%20REAAL.docx