eprintid: 495 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/04/95 datestamp: 2022-02-21 12:50:19 lastmod: 2022-02-21 12:50:19 status_changed: 2022-02-21 12:50:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AZHIM, M.FAUZAN creators_name: Pratiwi, Merina creators_name: Nugraha, Nur Budi creators_id: NIM. 1455201126 creators_id: NIDN 1020088601 creators_id: NIDN 1016118705 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Pratiwi, Merina contributors_name: Nugraha, Nur Budi contributors_id: NIDN 1020088601 contributors_id: NIDN 1016118705 title: PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Aplikasi, Multimedia, Ekonomi abstract: Pendidikan merupakan kebutuhan dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan manusia belajar, menuntut ilmu, dan menggunakan ilmunya menuju kehidupan yang lebih baik. Proses pembelajaran merupakan kegiatan transfer pengetahuan, pengalaman, dan informasi dari seseorang yang mengajar dalam hal ini guru kepada siswa. Salah satu mata pelajaran yang ada pada kurikulum sekolah yaitu mata pelajaran Ekonomi namun, banyak siswa yang menunjukkan bahwa Ekonomi dipandang sebagai ilmu yang sulit dan tidak menarik untuk dipelajari. Adapun penyebab kesulitan tersebut adalah karakteristik dari materi pelajaran Ekonomi itu sendiri yang sebagian besar konsepnya bersifat abstrak. Hal ini mungkin dikarenakan banyaknya materi yang bersifat abstrak yang harus dipelajari sedangkan waktunya terbatas sehingga membuat siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan guru. Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti merancang sebuah media yang dapat membantu siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian berjudul Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Metode yang digunakan adalah metode interaktif yang mengkombinasikan proses-proses pada model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini dibuat menggunakan menggunakan Adobe Animate CC 2015 dengan menggunakan tampilan desktop. Aplikasi edukatif yang sudah dibagun meliputi halaman materi, halaman soal, halaman kompetensi dasar, halaman profil, suara dan logout yang dikemas semenarik mungkin. date: 2021-12-16 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Al-Bahra Bin Ladjamudin., 2013, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu: Yogyakarta. Apriansyah, A.(2018) pengembangan multimedia interaktif dengan menggunakan adobe flash cs6 pada mata pelajaran ekonomi di sma negeri 6 palembang Azmiyati, U., & Poernomo, N. S. (2019). pengembangan multimedia pembelajaran ekonomi melalui aplikasi autoplay untuk siswa kelas x ma darul qur’an Binanto. Iwan., 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya - Iwan Binanto - Google Buku. In Cv. Andi Offset. Penerbit Andi. https://books.google.com.ph/books?hl=id&lr=&id=UqWLna0oaUYC&oi=fnd&pg=PR3&dq=Multimedia+Digital+-+Dasar+Teori+dan+Pengembangannya&ots=FWZGlRk6OZ&sig=Ib2Ygwnpa0Hpksuu1kikC5-H5_A&redir_esc=y#v=onepage&q=Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya&f Hidayah, S., Wahyuni, S., & Ani, H. M. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran, Fungsi Dan Manfaat Pajak (Studi Kasus Siswa Kelas Xi Ips 1 Man 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 117. Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V11i1.5012 Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467 Lestari, E.A .(2020). pengembangan komik sebagai media pembelajaran ekonomi pada materi manajemen kelas x sma muhammadiyah pekalongan Madcoms, 2013, Adobe Illustrator CS6 untuk Pemula, Yogyakarta: Andi NURISA, K., & ABDUL GHOFUR, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Sma Negeri 1 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2), 38–43. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p38-43 Rosa, A.S., 2011, Shalahuddin, Muhammad., 2011, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Informatika Bandung Suryani., Nunuk, 2018, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sutabri., Tata, 2012, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi. Sunadi, L. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–19. Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. Yuhefizar., 2012. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan CMS Joomla Edisi Revisi, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo Elcom., 2012, Seri Belajar Kilat Adobe Photoshop CS5, Yogyakarta: ANDI. citation: AZHIM, M.FAUZAN and Pratiwi, Merina and Nugraha, Nur Budi (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/495/3/BAB%201-ubah.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/495/2/DAFTAR%20PUSTAKA%20ubah.docx