%D 2021 %X Pendidikan merupakan kebutuhan dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan manusia belajar, menuntut ilmu, dan menggunakan ilmunya menuju kehidupan yang lebih baik. Proses pembelajaran merupakan kegiatan transfer pengetahuan, pengalaman, dan informasi dari seseorang yang mengajar dalam hal ini guru kepada siswa. Salah satu mata pelajaran yang ada pada kurikulum sekolah yaitu mata pelajaran Ekonomi namun, banyak siswa yang menunjukkan bahwa Ekonomi dipandang sebagai ilmu yang sulit dan tidak menarik untuk dipelajari. Adapun penyebab kesulitan tersebut adalah karakteristik dari materi pelajaran Ekonomi itu sendiri yang sebagian besar konsepnya bersifat abstrak. Hal ini mungkin dikarenakan banyaknya materi yang bersifat abstrak yang harus dipelajari sedangkan waktunya terbatas sehingga membuat siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan guru. Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti merancang sebuah media yang dapat membantu siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian berjudul Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Metode yang digunakan adalah metode interaktif yang mengkombinasikan proses-proses pada model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini dibuat menggunakan menggunakan Adobe Animate CC 2015 dengan menggunakan tampilan desktop. Aplikasi edukatif yang sudah dibagun meliputi halaman materi, halaman soal, halaman kompetensi dasar, halaman profil, suara dan logout yang dikemas semenarik mungkin. %A M.FAUZAN AZHIM %A Merina Pratiwi %A Nur Budi Nugraha %L sttdumai495 %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %T PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA %K Aplikasi, Multimedia, Ekonomi