eprintid: 494 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/04/94 datestamp: 2022-02-21 11:25:47 lastmod: 2022-02-21 11:25:47 status_changed: 2022-02-21 11:25:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ADHITYA, OKKY creators_name: Pratiwi, Merina creators_name: Nugraha, Nur Budi creators_id: NIM. 1455201127 creators_id: NIDN 1020088601 creators_id: NIDN 1016118705 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Pratiwi, Merina contributors_name: Nugraha, Nur Budi contributors_id: NIDN 1020088601 contributors_id: NIDN 1016118705 title: PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VIII ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Aplikasi, Multimedia, Ilmu Pengetahuan Alam abstract: Pendidikan merupakan kebutuhan dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan manusia belajar, menuntut ilmu, dan menggunakan ilmunya menuju kehidupan yang lebih baik. Proses pembelajaran merupakan kegiatan transfer pengetahuan, pengalaman, dan informasi dari seseorang yang mengajar dalam hal ini guru kepada siswa. Salah satu mata pelajaran wajib pada kurikulum sekolah yaitu mata pelajaran IPA namun, banyak siswa yang menunjukkan bahwa IPA dipandang sebagai ilmu yang sulit dan tidak menarik untuk dipelajari. Adapun penyebab kesulitan tersebut adalah karakteristik dari materi pelajaran IPA itu sendiri yang sebagian besar konsepnya bersifat abstrak. Hal ini mungkin dikarenakan banyaknya materi yang bersifat abstrak yang harus dipelajari sedangkan waktunya terbatas sehingga membuat siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan guru. Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti merancang sebuah media yang dapat membantu siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian berjudul Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII. Metode yang digunakan adalah metode interaktif yang mengkombinasikan proses-proses pada model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini dibuat menggunakan menggunakan Adobe Animate CC 2015 dengan menggunakan tampilan desktop. Aplikasi edukatif yang sudah dibagun meliputi halaman materi, halaman soal, halaman kompetensi dasar, halaman profil, suara dan logout yang dikemas semenarik mungkin. date: 2021-12-16 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Al-Bahra Bin Ladjamudin., 2013, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu: Yogyakarta. Arsih, F., & Ahda, Y., 2017, Hasil Uji Validitas Buku Siswa Berbasis Inkuiri pada Pembelajaran IPA untuk Siswa Kelas VIII SMP, Bioeducation Journal, 1(1), 54–59. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bioeducation A.S, Rosa., Shalahuddin, Muhammad., 2011, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Informatika: Bandung. Binanto. Iwan., 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya - Iwan Binanto - Google Buku. In Cv. Andi Offset. Penerbit Andi. https://books.google.com.ph/books?hl=id&lr=&id=UqWLna0oaUYC&oi=fnd&pg=PR3&dq=Multimedia+Digital+-+Dasar+Teori+dan+Pengembangannya&ots=FWZGlRk6OZ&sig=Ib2Ygwnpa0Hpksuu1kikC5-H5_A&redir_esc=y#v=onepage&q=Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya&f. Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A., 2020, Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199 Hutomo, B. A., 2016, Pengaruh Model Active Learning Berbantuan Media Flash, 5(3), 1309–1318. Khairani, Majidah., 2016, Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas IX, Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 95–102. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422 Munir., 2013, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Pranowo, G., 2011, Kreasi Animasi Interaktif dengan ActionScript 3.0 pada Flash CS5. Yogyakarta: Andi Saputro, A. 2018. Panduan Praktis Membuat Mini Games Android Menggunakan Adobe Animate CC. Yogyakarta: Andi. Suryani., Nunuk, 2018, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sutabri., Tata, 2012, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi. Susanto, A, 2016, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia. Wahana, Tip Dan Trik Adobe Photoshop CS6, 2014, Yogyakarta: Andi. Wahyuni, R., 2019, Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Gerak Manusia Pada Pelajaran Ipa Terpadu Di Smp Pondok Pesantren Babusalam. Jurnal Ilmu Komputer, 7(2), 79–91. https://doi.org/10.33060/jik/2018/vol7.iss2.87 Wardani, R. K., & Syofyan, H., 2018. Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154 Yahya, F., Fatoni, A., & Walidain, S. N., 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Tutorial Berbasis Adobe Flash Materi Cahaya Siswa Smp Kelas Viii. 358–365. https://doi.org/10.31227/osf.io/rq2ze Yulianto, E., & Maulani, G. A. F., 2018. Concurrency Pada Mata Kuliah. Petik, 4(September), 149–161. Yuhefizar., 2012. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan CMS Joomla Edisi Revisi, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo. citation: ADHITYA, OKKY and Pratiwi, Merina and Nugraha, Nur Budi (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VIII. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/494/1/BAB%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/494/2/Daftar%20Pustaka-revb.docx