eprintid: 487 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/04/87 datestamp: 2022-02-14 08:59:28 lastmod: 2022-02-14 08:59:28 status_changed: 2022-02-14 08:59:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PUTRI, DWI KURNIA creators_name: Urva, Gellysa creators_name: Nugraha, Nur Budi creators_id: NIM. 1655201061 creators_id: NIDN 1025069001 creators_id: NIDN 1016118705 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Urva, Gellysa contributors_name: Nugraha, Nur Budi contributors_id: NIDN 1025069001 contributors_id: NIDN 1016118705 title: ANALISA TINGKAT AKURASI PENENTUAN JURUSAN SISWA SMAN 3 DUMAI MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted abstract: SMAN 3 Dumai merupakan salah satu sekolah yang memiliki 2 jurusan yaitu Matematika-Sains (MIPA), Ilmu Sosial ( SOS ). Penjurusan yang ada di SMAN 3 dimulai dari kelas sepuluh (X) dimana calon siswa yang akan masuk ke SMA ini akan melakukan pemilihan dan penempatan jurusan dengan cara mengisi angket dan mengikuti tes psikotes yang diberikan oleh guru Bimbingan Konseling (BK). Pertimbangan siswa memilih jurusan ditakutkan hanya ikut-ikutan teman tanpa menyadari kemampuan individu dan tidak mempertimbangkan nilai dari tingkat pendidikan sebelumnya. SMAN 3 Dumai memerlukan klaster beberapa nilai untuk menentukan jurusan siswa, dan memerlukan suatu sistem yang dapat memberikan kemudahan kepada Guru Bimbingan Konseling dalam mengelola data nilai siswa dari tingkat pendidikan sebelumnya dan nilai psikotes siswa tersebut. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian menggunakan metode Fuzzy C-Means untuk mengklaster beberapa nilai siswa. Penggunaan metode Fuzzy C-Means mampu menentukan jurusan siswa tanpa harus mengikuti jurusan pilihan siswa agar penjurusan siswa yang dihasilkan sesuai dengan kemampuan individu siswa tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penentuan jurusan siswa dikatakan akurat apabila jurusan pilihan siswa sesuai dengan jurusan pilihan sistem penjurusan tersebut. date: 2020-09-15 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other citation: PUTRI, DWI KURNIA and Urva, Gellysa and Nugraha, Nur Budi (2020) ANALISA TINGKAT AKURASI PENENTUAN JURUSAN SISWA SMAN 3 DUMAI MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/487/1/BAB%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/487/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx